JalanJalan

6 Tips Packing Agar Bisa BawaBanyak Barang Saat Liburan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Hore libur telah tiba!!! Akhirnya jadi juga Anda punya kesempatan menghabiskan jalan-jalan ke luar negeri bersama sahabat. Sudah terbayang deh tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi, barang-barang yang ingin Anda beli, dan makanan yang ingin Anda cicipi. Pasti liburan akan sangat menyenangkan. Aduh… tapi, saat hendak packing, kok koper tak muat membawa semua barang yang Anda butuhkan ya? Hmm…bisa jadi ini karena Anda tak melakukan packing dengan benar. Penasaran kan bagaimana caranya mengemas barang bawaan yang baik? Simak tipsnya berikut ini ya!

  1. Membuat daftar barang bawaan

    Langkah pertama dan paling penting adalah membuat “to-bring-list” alias daftar barang bawaan apa saja yang harus Anda bawa saat liburan. Setelah selesai dibuat, teliti kembali daftar tersebut dan coret sampai setengahnya. Misalnya, Anda menuliskan harus membawa 10 pasang baju, maka hanya bawa 5 pasang baju saja. Simpan juga handuk, peralatan mandi, hair dryer dan setrika di rumah Anda. Banyak hotel dan penginapan yang sudah menyediakan barang-barang tersebut. Selain bisa menyisakan ruang yang cukup lega, hal ini juga akan meringankan beban koper Anda.

  2. Menggulung pakaian

    Menggulung pakaian adalah cara yang sangat efektif menambahkan ruang pada koper. Gulung semua yang berbahan kain, termasuk kaus kaki dan pakaian dalam, dan taruh pada koper dengan cara memadatkan di setiap sisinya. Teknik menggulung seperti ini sudah terbukti mampu menghemat ruang.

  3. Mengelompokkan barang dalam kantung khusus

    Biasanya wanita senang mengumpulkan pouch atau kantung-kantung kecil. Nah, ini saatnya untuk memanfaatkan kantung-kantung tersebut. Kelompokkan berbagai barang menurut fungsinya ke dalam pouch yang berbeda. Misal pouch khusus charger, pouch khusus obat-obatan pribadi, alat make up, dan lain sebagainya. Dengan membuat pengelompokkan seperti ini, selain bisa menghemat tempat, juga memudahkan saat Anda hendak mencari suatu barang.

  4. Memisahkan barang untuk ditaruh dalam tas jinjing

    Pastikan untuk memisahkan barang-barang yang akan Anda bawa ke kabin pesawat, seperti smartphone, iPod, tissue, permen, dompet, passport, tiket, dan barang penting lainnya. Cek kembali semua barang-barang. Pastikan jangan ada barang yang seharusnya berada di tas jinjing, malah Anda masukkan ke dalam koper.

  5. Membawa kantung yang bisa dilipat

    Saat ini, banyak sekali terdapat folded bag atau kantung yang bisa dilipat tersedia di pasaran. Pastikan Anda membawa beberapa untuk ditaruh dalam koper Anda. Kantung-kantung ini nantinya bisa berfungsi untuk membawa sebagian oleh-oleh dan pakaian kotor.

  6. Menggunakan jaket yang tebal dan sepatu kets saat perjalanan

    Bila Anda membawa jaket atau baju yang tebal, maka pakaian-pakaian itulah yang harus Anda gunakan pada saat perjalanan. Hal ini dikarenakan agar pakaian tebal tersebut tak memenuhi koper Anda. Hal yang sama juga berlaku untuk alas kaki. Pilih sepatu atau sandal dengan sol yang paling tebal atau berat, agar tak menghabiskan tempat di dalam koper.

    Semoga dengan mengikuti langkah-langkah di atas, barang-barang Anda muat dimasukkan semua. Oh ya, jangan lupa juga untuk mengecek total berat koper Anda. Tak ada yang lebih menjengkelkan dibanding kelebihan bagasi saat check in di bandara. Oleh karena itu, pastikan agar barang yang Anda bawa tak melewati ketentuan bagasi maskapai penerbangan yang Anda gunakan ya. Selamat berlibur ya Ladies!


Write A Comment