Inspirasi

7 Alasan Kenapa Anda WajibJaga Impian Baik-baik

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ingatkah anda sewaktu masih kecil, saat ditanya apa impian anda oleh orang tua atau guru, dengan semangat kita menjawab ingin menjadi ini dan itu. Mulai dari cita-cita menjadi penulis kenamaan seperti Enid Blyton, ingin sekolah di luar negeri, sampai jalan-jalan keliling dunia. Tapi perlahan-lahan setelah beranjak dewasa, semua impian itu seringkali hilang diam-diam. Biasanya karena dianggap sudah tidak relevan, impian berganti dengan target-target yang lebih realistis. Hmm…sebenarnya sepenting apa sih menjaga impian kita tetap hidup?

Impian bersifat personal

Sebuah impian tidak sembarangan muncul begitu saja. Mereka lahir dari pikiran, perasaan, minat, dan harapan terpendam dalam diri Anda. Pasti ada sebabnya mengapa impian Anda adalah jalan-jalan berkeliling dunia, misalnya, atau membuat perusahaan sendiri itu penting bagi Anda. Dan alasan-alasan itu hanya bisa dirasakan oleh Anda pribadi.

Anda adalah satu-satunya orang yang mengerti

Percayalah, tidak akan ada Anda orang lain di dunia ini yang mengerti tentang impian dan mengapa penting bagi Anda mencapai impian tersebut. Tak seorangpun. Termasuk keluarga dan sahabat terdekat. Mereka mungkin akan mendukung impian Anda, tapi hanya Anda satu-satunya orang yang mengerti betapa berharganya impian tersebut.

Banyak orang akan berusaha menghancurkan impian itu

Mungkin poin ini akan membuat Anda kaget. Masa sih? Hmm… coba simak contoh berikut: Anda ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri dengan mencoba mencari beasiswa. Lalu ternyata ada teman Anda yang menyarankan agar mengubur impian itu karena peluang mendapatkan beasiswa sangat kecil. Karena terpengaruh omongannya, maka Anda pun mengurungkan impian untuk bersekolah ke luar negeri.

Terdengar familiar? Ya, karena hal ini sangat sering terjadi. Orang-orang yang seharusnya memberikan dukungan pada impian positif kita malah menjadi orang yang turut menenggelamkan impian kita. Alasannya sederhana: Berusaha bersikap realistis. Mungkin orang-orang ini tidak bermaksud jahat, tapi tetap saja Anda harus waspada, karena efeknya membahayakan. Anda bisa tertular energi negatif dan sikap pesimisnya.

Mewujudkan impian itu bagaikan membayar hutang

Mungkin kalimat di atas terdengar ekstrim. Tapi percayalah, ada kepuasan tersendiri saat berhasil mewujudkan impian. Kepuasan yang sama seperti saat kita berhasil melunasi cicilan mobil atau rumah misalnya.

Penyesalan seumur hidup

Mengubur impian di saat ini hanya akan membawa penyesalan seumur hidup. Anda tak ingin hal itu terjadi kan? Memulai perjalanan sukses pasti tidak mudah. Tetapi, semua perjuangan itu akan terbayar nantinya saat Anda berhasil mewujudkan semua impian Anda.

Menggali potensi diri

Percayakah Anda, bahwa perjalanan mewujudkan impian itu terkadang malah lebih penting dari keberhasilan itu sendiri? Ya, hal ini karena saat Anda berproses sedikit-demi sedikit berusaha meraih impian, Anda akan berhadapan dengan banyak tantangan dan hambatan. Dan seluruh kesulitan tadilah yang justru akan mengasah kualitas dalam diri Anda. Jangan heran bila dalam perjalanan ini, Anda justru akan menemukan kekuatan baru yang tak pernah Anda sangka miliki.

Impian adalah salah satu sumber kebahagiaan

Anda ingat poin pertama dan kedua tadi kan? Impian lahir dari pikiran, perasaan, minat, dan harapan terpendam dalam diri yang hanya dimengerti oleh Anda. Karena itu, mulai dari bermimpi, berjuang, sampai berhasil meraihnya adaah prestasi pribadi yang akan membuat Anda merasa bahagia.

Bermimpi itu gratis. Setiap orang bisa melakukannya. Tapi tak setiap orang mau memperjuangkannya. Jadi, jaga mimpi Anda agar terus hidup ya, sampai impian itu terwujud.

 

Write A Comment