7 Cara Mengatasi Masa Lalu yang Terus Menghantui

Ladies, dalam hidup ini ada banyak hal tidak menyenangkan yang bisa terjadi. Mungkin pengalaman menyakitkan dengan mantan pasangan, hubungan yang buruk dengan keluarga, dikhianati sahabat, dan masih banyak lagi. Diakui atau tidak, terkadang sulit sekali melupakan segala kenangan buruk itu. Apalagi bila Anda pernah mengalami kejadian yang membuat trauma mendalam. Padahal ingin rasanya Anda melupakan semuanya dan memulai lembaran baru. Tapi, mungkinkah hal itu terjadi bila Anda masih dihantui kenangan masa lalu? Nah, coba simak langkah-langkah berikut agar Anda mudah mengatasi masa lalu yang masih menghantui ya Ladies.

Membuat jurnal

Ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan menuliskan semua hal yang Anda alami, Anda bisa sedikit melepaskan uneg-uneg yang Anda rasakan. Jujurlah saat menulis. Bila Anda sakit hati pada seseorang, tulis saja. Bila Anda merasa marah pada keadaan, ungkapkan semuanya. Toh hanya Anda yang bisa membacanya. Keluarkan saja semua emosi yang Anda rasakan. Termasuk bila ada hal yang ingin Anda sampaikan pada seseorang. Tulislah seakan-akan Anda bicara langsung pada orang yang bersangkutan.

Rasakan emosi yang masih tersisa

Anda masih merasakan cemburu, marah, sakit hati, kesal, rindu, takut atau sedih? Coba telaah emosi apa saja yang masih anda rasakan. Luapkan dengan menangis bila perlu.

Maafkan diri sendiri

Sering kali bila kita mengalami pengalaman yang menyakitkan, kita merasa marah pada diri sendiri karena tidak bisa langsung keluar dari situasi yang buruk itu. Misalnya, saat dulu dikhianati oleh pasangan. Mungkin Anda merasa marah pada diri sendiri, kenapa dulu tidak bisa melihat tanda-tanda ketidaksetiaan kekasih Anda. Lalu emosi negatif itu terbawa sampai sekarang.

Ladies, itu bukan salah Anda. Apapun yang terjadi di masa lalu adalah sesuatu yang tak bisa lagi Anda ubah. Justru yang harus Anda lakukan adalah berbesar hati karena Anda bisa survived dari situasi tersebut. Jadikan itu pelajaran, tapi jangan sampai menghukum diri sendiri.

Berdamai dengan kenyataan

Masa lalu adalah kenyataan yang tak bisa diubah. Itu kenyataan yang harus Anda terima. Tapi bukan berarti kehidupan berhenti sampai di situ. Bahkan sebaliknya. Kehidupan terus berjalan. Dan hidup Anda selanjutnya harus Anda perjuangkan.

Tulis harapan anda

Setelah melepaskan semua emosi negatif, waktunya Anda mulai memikirkan masa depan. Coba tuliskan harapan dan impian Anda, mulai dari hal-hal kecil sampai yang besar di dalam jurnal. Misalnya impian Anda untuk melanjutkan sekolah, membuka usaha, atau pergi berlibur.

Rasakan emosi bahagia seakan impian anda sudah terwujud

Setelah menuliskan semua impian Anda, coba pejamkan mata dan bayangkan bila seluruh impian Anda berhasil terwujud. Rasakan betul sampai perasaan Anda betul-betul menjadi bahagia. Visualisasi seperti ini bisa membawa emosi positif pada diri Anda.

Menata kembali kehidupan

Life goes on. Ini saatnya Anda menata kembali kehidupan yang mungkin sempat berantakan. Masa depan Anda masih panjang. Jangan sampai pengalaman menyakitkan di masa lalu menghambat Anda untuk bahagia. Mulailah menjalani hidup seperti yang Anda impikan. Coba jalani hidup Anda sehari demi sehari.

Time heals (almost) everything. Memang benar, seiring berjalannya waktu, kenangan buruk lama-lama akan menjadi samar. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang akan selalu ada dalam ingatan. Dan itu tidak mengapa. Hidup adalah perpaduan dari rasa sedih dan bahagia. Jadikan semua pengalaman hidup sebagai pelajaran berharga untuk memperkaya hidup, dan wujudkan hidup yang Anda inginkan sekarang juga!

 

 

Tinggalkan komentar