7 Tanda Sudah Waktunya Anda Pindah Kerja

1 0

Memiliki pekerjaan dan gaji tetap adalah impian banyak orang di Indonesia.  Apalagi di tengah persaingan mencari pekerjaan yang memang sudah sangat ketat.  Hanya saja, bila hal-hal di bawah ini Anda alami, mungkin sudah waktunya Anda meninggalkan pekerjaan di kantor Anda sekarang.  Mau tahu apa saja? Yuk kita simak!

  1. Tak ada lagi tantangan

Safety zone adalah area berbahaya bagi kita sebagai seorang pribadi.  Sekilas memang terlihat enak bila sudah mempunyai pekerjaan yang membuat nyaman.  Tetapi, bila Anda hanya mengerjakan rutinitas yang sama setiap hari, ini akan berakibat tidak baik bagi Anda.  Sebuah pekerjaan harusnya bisa merangsang kita untuk berpikir kritis, berkembang, mempelajari hal baru, dan keluar dari zona nyaman.

  1. Politik kantor yang kotor

Politik kantor lumrah ada di mana-mana, hanya bentuknya saja yang berbeda-beda.  Misalnya saja pembagian proyek besar yang hanya diberikan pada orang-orang yang dekat dengan atasan, atau rekan kerja yang selalu bisa lolos dari teguran walaupun selalu melanggar peraturan hanya karena punya pengaruh di level manajeman.  Selama Anda bisa tak memedulikan hal itu ya biarkan saja.  Tapi apabila sudah sangat mengganggu Anda, tak ada salahnya mulai melirik tempat lain untuk bekerja.

  1. Tidak ada prospek promosi

Pekerjaannya sangat Anda sukai, rekan kerja bersahabat, perusahaan pun sangat menghargai hasil kerja Anda.  Tapi sayang, posisi Anda sudah mentok di tingkat paling maksimal, dan tak ada peluang kenaikan pangkat lagi.  Bila Anda merasa kemampuan Anda masih bisa digunakan untuk meraih posisi yang lebih tinggi, mungkin ini waktunya Anda berpindah perusahaan yang bisa menawarkan posisi lebih baik dari tempat sekarang.

  1. Lokasi kantor terlalu jauh

Faktor yang satu ini biasanya jarang jadi pertimbangan saat memilih pekerjaan, karena biasanya yang jadi pemikiran adalah ”yang penting diterima kerja dulu deh!”.  Tapi sayang, setelah beberapa bulan dijalani badan Anda remuk rasanya karena jarak tempuh antara rumah dan kantor yang terlalu jauh.  Waktu yang dihabiskan di jalan untuk pulang pergi bisa mencapai 2-3 jam setiap harinya, beum lagi kalau macet atau hujan.

Kerja jadi tidak produktif karena Anda sering terlambat masuk kantor dan badan sudah keburu lelah.  Waktu istirahat Anda di rumah kurang karena Anda selalu pulang malam.  Mau kost pun biaya yag dikeluarkan tidak seimbang dengan penghasilan Anda.  Nah kalau sudah begini, coba pikirkan untuk mencari kerja di kantor yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah Anda.

  1. Mendapat tawaran yang lebih bagus

Bila Anda mendapat tawaran yang menarik dari perusahaan lain dengan benefit yang lebih banyak dari yang Anda dapatkan sekarang, tak ada salahnya Anda pertimbangkan.  Apalagi kalau Anda sebelumnya memang sudah berencana untuk pindah kerja.

  1. Beban pekerjaan terlalu berlebihan

Senang memang rasanya kalau dipercaya untuk melakukan banyak hal di perusahaan tempat Anda bekerja.  Eits, tapi kok setiap hari beban pekerjaan Anda makin bertambah ya?  Apalagi setelah diperhatikan, banyak tugas yang seharusnya bukan bagian dari job desc Anda turut pula dibebankan pada Anda.  Parahnya lagi, hal ini tidak diimbangi dengan kenaikan gaji atau benefit tambahan lainnya.  Hmm… bila hal ini terjadi terus-menerus padahal Anda sudah protes ke atasan, lebih baik cari saja perusahaan lain yang bisa bersikap lebih profesional.

  1. Salary tidak masuk akal

Bila gaji yang Anda terima sekarang masih sama dengan jumlah gaji pertama Anda 5 tahun yang lalu, tak usah pikir panjang untuk segera resign.  Ini bukan perusahaan yang baik karena tak memikirkan kesejahteraan karyawannya.

Selain alasan-alasan tadi, tentu masih banyak alasan lainnya yang membuat Anda ingin keluar dari pekerjaan yang sekarang.  Semuanya tentu kembali pada Anda.  Yang terpenting adalah pastikan Anda sudah mempunyai rencana matang apabila hendak resign.  Semoga sukses di tempat yang baru ya!

Tinggalkan Balasan