8 Tips Agar Rambut Anda Sehat, Lebat, dan Kuat

Sebagai wanita, rambut adalah hal yang sangat penting untuk dijaga kecantikannya.  Tak hanya indah, tapi rambut juga haruslah sehat dan kuat.  Karena seindah apapun model rambut Anda, bila kenyataannya rambut Anda mengalami kerontokan atau patah-patah, tentu tak enak dilihat.  Oleh karena itu, kami akan membagikan rahasia cara merawat rambut Anda agar selalu sehat, lebat, dan kuat.

  1. Mencuci rambut dengan benar

Hal paling mendasar dari semua perawatan yang akan Anda lakukan adalah ini:  Mencuci rambut.  Penting sekali untuk melakukan langkah ini dengan benar.  Jangan hanya asal menggunakan shampoo.  Betul-betul cuci semua bagian rambut, dan bilas sampai bersih.  Jangan sampai meninggalkan sisa shampoo atau busa di rambut.

  1. Mengoleskan kondisioner

Masih banyak orang yang mengabaikan penggunaan kondisioner dengan alasan tidak praktis.  Padahal sebenarnya menggunakan kondisioner sangat mudah dan tidak butuh waktu lama.  Sehabis keramas, keringkan sebentar rambut, lalu oleskan kondisioner pada batang rambut, bukan di kulit kepala.  Diamkan sebentar, lalu cuci sampai bersih.

  1. Menggunakan masker rambut

Mungkin Anda termasuk orang yang berpikir bahwa kondisioner dan masker rambut punya fungsi yang sama, padahal sama sekali berbeda.  Bila kondisioner berfungsi untuk melembutkan rambut setelah keramas, maka masker rambut berfungsi untuk menutrisi rambut sampai ke akar-akarnya.  Berbeda dengan kondisioner yang digunakan setiap kali habis keramas, penggunaan masker rambut cukup seminggu sekali.

  1. Melakukan pemiijatan kulit kepala

Langkah ke-4 ini cocok dilakukan saat Anda menggunakan masker rambut.  Pijat pelan-pelan kulit kepala agar nutrisi masker meresap, dan juga supaya aliran darah di sekitar rambut berjalan lancar.  Selain itu, pijatan lembut ini efektif merilekskan kepala Anda agar tak terlalu tegang.

  1. Menggunakan sisir yang tepat

Ada berbagai macam fungsi sisir menurut bentuknya.  Penting bagi Anda untuk menggunakan sisir yang tepat sesuai dengan kegunaan dan kondisi rambut Anda.  Misalnya, sehabis keramas, gunakanlah sisir dengan gigi yang jarang agar rambut tak tertarik terlalu kuat.  Sisir jenis ini juga tepat digunakan bagi Anda yang mempunyai rambut tipis dan mudah rontok.Lain halnya bila Anda berambut tebal, biasanya sisir yang dibutuhkan adalah sisir sikat yang mampu menjangkau semua helaian rambut.  Selain itu, untuk sisir yang digunakan saat mengeringkan dan mem-blow rambut, Anda bisa memakai sisir bebentuk bulat.

  1. Mengonsumsi nutrisi bagi rambut

Tak hanya vitamin dari luar saja, untuk menjaga kualitas rambut tetap sehat, Anda juga harus rajin mengonsumsi berbagai vitamin dan zat bernutrisi yang baik bagi rambut, seperti Vitamin A & C, Zat besi, Magnesium, Omega 3, dan Protein.  Semua unsur tadi mampu melindungi kesehatan rambut Anda dari dalam tubuh.

  1. Menggunting ujung rambut

Walaupun Anda ingin mempunyai rambut yang panjang, Anda tetap harus merapikan ujung-ujung rambut secara rutin setidaknya 1 bulan sekali agar tak ada ujung rambut yang patah.  Selain itu, hal ini penting agar potongan rambut Anda tetap rapi sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Mengeringkan rambut dengan lembut

Banyak orang yang mempunyai kebiasaan mengeringkan rambut dengan cara digosok-gosok keras dengan handuk.  Cara ini sangat tidak dianjurkan, karena dapat membuat rambut menjadi kasar dan rapuh.  Coba keringkan perlahan-lahan dengan menggunakan handuk yang lembut sambil di tepuk-tepuk.

  1. Tidak terlalu bergantung pada hair dryer

Hair dryer memang sudah menjadi alat bantu menata rambut yang tak terpisahkan dari hidup Anda.  Tapi, bukan berarti Anda bebas menggunakannya kapan saja, apalagi sampai setiap hari.  Berikan jeda 1-2 hari setiap minggunya.  Gunakan hair dryer hanya bila Anda harus mengeringkan rambut secara cepat saja, sebab mengeringkan rambut secara alami masih merupakan cara terbaik untuk menjaga rambut Anda tetap sehat. Menjaga kecantikan rambut sudah menjadi tugas kita agar rambut selalu tampak sehat, lebat, dan kuat.  Semoga informasi di atas tadi membantu ya!

Tinggalkan komentar