Kerja & Bisnis

8 Tips Presentasi Anti Gagal

Pinterest LinkedIn Tumblr

Anda sedang gelisah.  Tiba-tiba saja tadi Bos mengatakan bahwa Anda harus melakukan presentasi di hadapan calon klien yang akan diprospek.  Wah rasanya campur aduk.  Senang pastinya, karena Anda dipercaya untuk melakukan tugas sepenting ini.  Tapi juga berdebar rasanya, karena ini adalah presentasi pertama Anda, dan khawatir bila sampai melakukan kesalahan. Nah, mulai sekarang tak perlu lagi merasa cemas.  Ikuti saja langkah-langkah berikut!

  1. Lakukan sendiri

Pastikan Anda melakukan langkah yang paling utama ini.  Lakukan segala sesuatunya sendiri untuk presentasi pertama Anda.  Mulai dari mengumpulkan data-data, mempelajari produk atau proposal yang akan dipresentasikan, sampai membuat slide atau video presentasi.

 

Mengapa hal ini penting?  Karena dengan terlibat secara emosional dalam setiap proses pengerjaannya, Anda akan lebih menguasai materi dan tidak perlu menghapalnya, karena secara naluriah Anda sudah mengerti semua hal yang berhubungan dengan materi tersebut.  Selain itu, dengan melakukan tahap pertama ini, Anda juga akan menjadi jauh lebih percaya diri saat berpresentasi.

  1. Melakukan visualisasi

Visualisasi berarti membayangkan proses presentasi, dari mulai saat Anda membuka forum, memberikan penjelasan dengan baik, melihat audiens, menjawab pertanyaan, sampai akhirnya presentasi selesai.   Visualisasi penting untuk memberikan gambaran suasana saat presentasi, dan hal ini bagus untuk mengurangi ketegangan.

  1. Berlatih di depan kaca

Ini adalah teknik yang sejak dulu sering digunakan, karena memang sangat efektif.  Berlatih di depan kaca membuat Anda bisa mempelajari dan mengontrol ekspresi yang tepat saat presentasi.  Lakukan ini terus menerus sampai Anda merasa puas dengan  penampilan Anda.

  1. Membuat daftar pertanyaan dan jawaban

Saat presentasi di depan klien, besar kemungkinan mereka akan mengajukan pertanyaan setelah presentasi selesai.  Walaupun Anda sudah menguasai materi, tetap buat daftar pertanyaan yang mungkin diajukan, dan persiapkan jawaban sebelumnya.  Hal ini dimaksudkan agar tidak ada detail yang terlewat saat menjawab nanti.  Tentu Anda bisa menambahkan rincian-rincian lain bila diperlukan saat sesi tanya jawab yang sesungguhnya, tapi setidaknya inti jawaban sudah Anda kuasai.

 

  1. Membuat berbagai skenario

Langkah ini agak dimaksudkan agar Anda selalu siap dengan berbagai kemungkinan yang terjadi.  Contoh skenario yang bisa Anda buat misalnya seperti ini:

Skenario A              Jika ada pertanyaan seputar anggaran yang bersifat rahasia, apa yang akan saya lakukan?

Skenario B              Jika tim dari klien terdiri dari orang asing yang tidak bisa berbahasa Indonesia, maka saya harus menyiapkan presentasi bilingual.

dst

  1. Mempelajari gaya public speaker/ motivator

Coba buka situs youtube dan carilah contoh-contoh presentasi dari berbagai public speaker atau motivator.  Ada ribuan yang bisa Anda tonton.  Pelajari cara orang-orang itu berbicara, intonasi yang digunakan, besar kecilnya suara, dan cara mereka menguasai audiens.  Buat catatan teknik mana yang ingin Anda tiru, lalu sesuaikan dengan kepribadian Anda.

  1. Berlatih di depan audiens

Manfaatkan anggota keluarga atau teman dekat Anda untuk menjadi klien Anda saat berlatih presentasi.  Hal ini membantu membuat Anda terbiasa berbicara di depan umum, terutama untuk Anda yang belum terbiasa melakukannya.  Mintalah saran dari mereka tentang kekurangan dan kelebihan Anda, lalu perbaiki penampilan Anda.

 

  1. Berdoa

Setelah semua persiapan sudah Anda lakukan dengan baik, jangan lupa berdoa.  Hal ini pasti akan membuat hati Anda lebih tenang.  Yakinlah bahwa bila sudah melakukan yang terbaik, hasil tak akan mengkhianati usaha.

Presentasi seringkali menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang.  Tapi percayalah, seperti semua hal di dunia ini, sesuatu yang kita persiapkan dengan baik akan berjalan lurus dengan hasil yang diperoleh.  Mulai sekarang, tak perlu kuatir lagi ya bisa mendapat tugas presentasi, ladies!

Write A Comment