JalanJalan

9 Tips Sendirian atau Solo Travelling yang Aman dan Nyaman

Pinterest LinkedIn Tumblr

Siapa sih tak suka berlibur? Pasti Anda juga menanti-nantikan saat bisa liburan menjelajah dunia, betul kan? Hmm…tapi sayang, saat bisa mengambil cuti panjang, teman dan keluarga tak ada yang bisa menemani. Apa harus diundur saja liburannya? Tentu tidak. Ini justru kesempatan Anda untuk bisa menikmati liburan sendirian dan bebas berpetualang. Nah, agar solo travelling Anda bisa berjalan nyaman dan aman, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ya.

  1. Good Planning

    Merencanakan perjalanan adalah hal yang sangat penting. Hal ini termasuk:

  • Menentukan tujuan
  • Memesan tiket pesawat/ kereta api
  • Membooking penginapan
  • Mempelajari objek wisata/ spot-spot yang ingin Anda kunjungi
  • Mempelajari restoran yang menawarkan menu halal (bagi Anda yang Musim)
  • Mempelajari penggunaan kendaraan umum di kota tujuan

Mengapa hal ini penting? Karena, Anda akan sangat bergantung pada diri sendiri selama perjalanan. Walaupun nantinya ternyata rencana Anda berubah tak masalah, yang penting Anda sudah mempunyai pegangan hal-hal apa yang ingin Anda lakukan selama liburan.

  1. Memilih penginapan yang terpercaya

    Pasti ada banyak jenis akomodasi yang bisa Anda pilih. Jika anggaran bukan masalah, sebaiknya Anda menginap di hotel jaringan yang sudah terbukti kualitasnya. Blia Anda memiliki anggaran yang terbatas, maka Anda bisa menggunakan jasa AirBnB. Tips terpenting saat menggunakan jasa ini adalah sebaiknya pilih room/house owner dengan kategori “Superhost”, karena kredibilitasnya sudah teruji.

  2. Jangan takut mengeksplor sendirian

    Solo traveling adalah kesempatan Anda untuk berkeliling ke manapun sesuka Anda. Sebab, bila bepergian dengan orang lain, Anda harus siap berkompromi untuk megnunjungi tempat-tempat tertentu.

  3. Tegas mengatakan “TIDAK”

    Saat travelling biasanya kita akan bertemu banyak orang dengan berbagai karakter Bila sekiranya Anda bertemu dengan orang yang membuat Anda tidak nyaman, tolaklah dengan tegas bila mereka mengajak Anda berkeliling bersama.

  4. Kuliner sepuasnya

    Lupakan diet! Liburan berarti saatnya Anda mencoba berbagai kuliner khas daerah setempat yang unik dan belum pernah Anda temui sebelumnya.

  5. Membuat jurnal travel

    Jurnal ini bisa berupa catatan harian yang ditulis tangan, blog, vlog, atau audio. Tuangkan perasaan, kesan-kesan, dan pengalaman Anda selama perjalanan. Jangan lupa juga untuk mendokumentasikan berupa foto atau video agar perjalanan Anda lebih memorable.

  6. Belajar bahasa lokal

    Yang dimaksud dengan belajar bahasa di sini tentu tak harus fasih seperti native speaker. Tapi minimal Anda tahu beberapa kalimat tanya, sapaan, cara menanyakan arah, dll. Anda juga bisa menggunakan aplikasi bahasa pada smartphone Anda. Tapi akan lebih baik bila Anda belajar cara pengucapannya, bukan?

  7. Berkenalan dengan penduduk setempat

    Cobalah berkenalan dengan penduduk lokal saat Anda berkeliling kota. Tanyakan hal-hal yang menarik minat Anda, seperti kebiasaan setempat, hal apa yang sedang tren, atau kebudayaan setempat yang ingin Anda pelajari.

  8. Siap pepper spray setiap saat

    Tentu tak ada siapapun yang menghendaki liburannya terganggu oeh ulah orang-orang tak bertanggung jawab. Tapi, untuk berjaga-jaga sebaiknya siapkan semprotan merica atau pepper spray kecil di tas Anda, agar bisa langsung Anda gunakan bila ada orang yang berniat jahat.

    Liburan sendirian harus jadi sesuatu yang menyenangkan dan bisa dinikmati secara maksimal. Persiapan yang matang pasti bisa membuat liburan Anda jauh lebih menyenangkan. Ayo, segera rencanakan solo travelling Anda sekarang juga ya Ladies!


Write A Comment