FokLine

Apa Itu April Mop? Inilah Fakta Uniknya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sampai saat ini pasti Anda sudah sering mendengar istilah yang satu ini. Rasanya kata ‘april mop’ selalu terdengar atau terbaca di sosial media saat tanggal 1 April, bahkan sepanjang bulan April. Seperti yang kita tahu bahwa April Mop ini adalah suatu lelucon atau tipuan yang dilontarkan orang pada tanggal 1 April atau sepanjang April.

Hmm, rupanya tak hanya itu saja seluk beluk tentang hari khusus April Mop ini, berikut akan kami bahas tentang pengertian April Mop yang sesungguhnya, sejarah, dan fakta-fakta menarik seputar April Mop.

Pengertian April Mop

April Mop adalah hari khusus yang hampir diperingati seluruh dunia. Bagi Anda yang menganggap April Mop adalah hari libur nasional, maka Anda salah besar. Karena, April Mop adalah hari khusus yang diperingati secara tidak formal saja. tidak ada peringatan resmi baik secara internasional maupun nasional.

Oleh karena itu, walaupun 1 April diperingati sebagai April Mop kita harus tetap berangkat ke sekolah, kuliah, dan berangkat kerja.

Sejarah Adanya April Mop

April Mop sering juga disebut sebagai April Fools Day, budaya barat yang kita kenal ini sering kita jumpai di film, kartun, video, yang dibuat oleh-oleh orang di luar negeri. Telah dibahas sebelumnya bahwa pada 1 April banyak orang yang melontarkan lelucon dan tipuan. Namun demikian, mereka tetap sah-sah saja, tanpa mendapat hukuman maupun sanksi.

Orang-orang yang mendapat lelucon atau tipuan tersebut juga tidak boleh marah, karena memang sudah aturannya seperti itu. Lalu kapan April Mop ini mulai ada?

Telah diketahui bahwa budaya April Mop sudah ada sejak tahun 1582. Ketika itu warga di Negara Perancis sedang mengubah kalender, mereka beralih dari kalender Julian yang berjumlah 10 bulan menuju kalender Gregorian yang berjumlah 12 bulan. Keputusan tersebut berasal dari pemimpin setempat, yaitu Dewan Trent.

Jadi sampai sini sudah jelas bukan April Mop ini berasal dari mana. Ya, dari Negara Perancis. Bahkan saat itu warga Perancis yang tidak tahu bahwa tahun baru telah berubah menjadi 1 Januari, tetap saja merayakan tahun baru pada minggu terakhir di bulan Maret tepatnya pada tanggal 1 April. Inilah mengapa April Mop ini berupa budaya lelucon.

Fakta-fakta Menarik Tentang April Mop

Fakta menarik pertama tentunya berasal dari sejarah April Mop ini sendiri, yaitu sudah ada sejak kuno sekali pada tahun 1582. Fakta selanjutnya yaitu rupanya lelucon di kala itu bukanlah lelucon sederhana seperti yang orang lakukan saat ini, melainkan lelucon yang ada berupa perayaan tahun baru yang salah tanggal.

Di negara asalnya, anak-anak merayakan budaya April Mop dengan aktivitas yang lucu. Mereka menempelkan kertas bergambar ikan di punggung teman mereka sebagai bentuk jahil. Beberapa sejarawan juga menilai April Mop ini juga dirayakan oleh orang Roma kuno.

Dulu, orang Roma kuno merayakan April Mop dengan mengadakan festival dimana orang-orang akan berdandan dan melakukan penyamaran. Unik bukan?

Tak hanya itu saja, beberapa juga menilai bahwa hari khusus April Mop berkaitan erat dengan adanya Vernal Equinox. Vernal Equinox merupakan hari pertama adanya musim semi di belahan bumi bagian utara. Sebutan itu tak serta merta asal diberikan, sebutan itu berasal diduga karena Mother Nature telah membodohi orang-orang di bumi dengan memberikan perubahan cuaca yang datang secara tiba-tiba, yaitu musim semi.

Tak hanya di belahan Bumi Utara dan Negara Perancis saja, budaya April Mop ini menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke delapan belas. Salah satunya di Skotlandia, di negara ini April Mop tak hanya dirayakan selama satu hari saja melainkan dua hari.

Hari kedua pada April Mop di Skotlandia disebut sebagai Taily Day. Saat Taily Day ini orang beramai-ramai menempelkan kertas bertuliskan “Kick me” atau “tentang aku” di punggung orang lain.

Selama ini yang kita tahu lelucon April Mop boleh dilakukan sepanjang hari sampai hari berubah, namun ternyata opini tersebut tak sepenuhnya benar. Di negara Inggris dan Kanada, April Mop hanya boleh dirayakan sampai siang hari saja, yang mana artinya pada malam hari sudah tidak ada lelucon atau tipuan lagi dengan dalih April Mop.

Fakta menarik lainnya datang dari BBC. Pada tahun 1957 lalu BBC telah sukses membuat lelucon yang menggemparkan dunia. Lelucon April Mop ini berupa siaran berita yang menginfokan bahwa telah ada petani yang memanen makanan spageti di negara Swiss.

Hingga saat ini, April Mop masih eksis menjadi salah satu hari khusus yang wajib dirayakan. Banyak surat kabar, televisi, radio, web memberikan lelucon terbaik mereka. Mereka bersaing untuk memberikan lelucon terbaik dan tak terlupakan pada saat April Mop.