Benjolan Di Payudara Ladies, Cari Tahu 5 Arti Jika Mengalaminya

Banyak orang yang percaya bahwa benjolan yang terdapat pada payudara Adalah kanker atau sel kanker, namun tidak semua benjolan pada payudara wanita itu merupakan sebuah kanker loh itu karena di dalam payudara terdapat kelenjar yang tersusun dari banyak jaringan, pada jaringan yang padat pada payudara wanita menyebabkan pertumbuhan abnormal yang menyebabkan benjolan-benjolan atau tumor jinak yang akan ditumbuh pada payudara wanita.

Tetapi banyak wanita yang segera frustasi atau panik ketika mendapati adanya benjolan pada payudara mereka tanpa berfikir terlebih dahulu bisa saja itu hanya kelenjar susu biasa apabila tidak bertambah besar dan tidak bergerak, karena pada dasarnya wanita memang memiliki kelenjar susu pada payudara mereka.

Jenis Benjolan di Payudara yang Berbeda-Beda

Benjolan di Payudara

NamaDeskripsi
Kelainan FibrostikBenjolan yang terdapat di payudara karena kelainan Fibrostik atau kista merupakan perubahan abnormal yang terjadi pada payudara wanita tetapi tidak ganas atau non kanker. Fibrostik ini biasanya terdapat benjolan di payudara yang di iringi dengan bengkak serta rasa sakit pada payudara dan keadaan ini akan memburuk ketika datangnya masa priode menstruasi wanita dan terkadang juga pada puting payudara mengeluarkan cairan keruh namun keadaan ini pada umumnya di alami oleh wanita dengan usia produktif dan dapat terjadi di salah satu payudara atau kedua payudara.
FibrosisBerbeda dengan fibrostik jaringan ini mirip dengan jaringan luka ketika di raba pada payudara terasa kenyal, padat dan juga keras kelainan ini juga tidak akan berkembang menjadi kanker tetapi banyak kesimpulan yang mengatakan bahwa fibrosis akan meningkatkan perkembangan kanker payudara dan ada juga yang mengatakan tidak menyebabkannya kanker payudara.
FibroadenomaBenjolan jenis ini merupakan tumor jinak yang paling sering dimiliki oleh wanita dan tidak berbahaya dengan ciri-ciri bisa digerakkan dan berpindah-pindah tempat, jika ditekan benjolan akan terasa padat dan juga berbentuk bulat atau oval serta terasa kenyal benjolan ini tidak terasa sakit ketika di tekan.

Biasanya dialami oleh wanita pada umur 20-30 tahun. Fibroadenoma ini juga tidak akan berkembang menjadi kanker atau sel kanker yang berbahaya.
Intraductal PopilomaMerupakan benjolan dari tumor jinak yang  Berbentuk pada kelenjar susu biasanya ketika diraba terdapat benjolan besar yang dekat dengan puting atau benjolan kecil yang letaknya jauh dari puting payudara. Ukuran benjolannya juga berukuran 1-2cm. Intraductal popiloma ini terbentuk dari sel fibrous dan sel pembuluh darah biasanya terjadi pada mereka yang berusia 35-55 tahun. Jika benjolan ini terletak dekat dengan puting payudara maka benjolan ini tidak dapat menyebabkan kanker payudara.

Tetapi jika benjolan ini terdapat lebih dari 1 dan terdapat jauh dari puting maka dapat membuat atau menyebabkan kanker payudara pada kemudian hari, ini dikarenakan multiple papillomas sering dikaitkan dengan keadaan pre-kanker yang biasanya di debut atypical hyperplasia.
Benjolan LipomaPada benjolan yang terakhir ini juga tidak termasuk dalam sel kanker karena merupakan tumor jinak. Lipoma merupakan kelenjar lemak atau benjolan lemak yang tumbuh secara perlahan pada bagian bawah kulit. Benjolan lipoma ini juga dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun termasuk payudara. Lipoma ini merupakan tumor jinak yang dapat dibuang jika ukurannya besar dan mengangggu.

Namun tidak diketahui apa penyebab dari benjolan lipoma ini tetapi benjolan ini kerap menyerang keluarga yang memiliki riwayat benjolan lipoma cenderung akan terkena dan dapat dialami oleh semua usia namun kerap lebih menyerang manusia pada usia 40-60 tahun.
kenali dulu bagaimana jenis benjolan payudara tersebut atau bisa segera menghubungi dokter untuk lebih lanjut.

Setelah membaca 5 arti benjolan pada payudara di atas sebaiknya Anda tidak perlu cemas selama tidak ada gejala yang timbul dengan menakutkan. Gejala kanker payudara memang berupa benjolan tetapi ada juga gejala lain yang mengiringi adanya benjolan itu seperti puting mengeluarkan darah, puting terasa sakit, munculnya benjolan pada ketiak dan lain-lainnya sebaiknya Anda kenali dahulu gejala pada benjolan di payudara.

Meskipun sifat dari 5 arti benjolan payudara di atas adalah jinak Anda juga tetap harus tetap waspada dan cobalah berkonsultasi ke dokter yang paham dengan hal ini. Anda bisa membuangnya dengan melakukan bedah operasi jika di rasa cukup menganggu. Namun Anda tidak perlu khawatir karena 5 benjolan di atas jinak dan kemungkinan tidak menyebabkan kanker payudara. Intinya jika di rasa ada benjolan yang besar dan hari ke hari pertumbuhannya semakin besar patut diwaspadai.