FokTic

Deretan Benda Pusaka Paling Sakti

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak sekali kolektor benda pusaka yang keluar masuk kampung, desa, bahkan gunung untuk mencari benda pusaka paling sakti yang konon katanya membawa banyak keberuntungan. Entah didorong oleh kekuatan mistik entah bukan, yang jelas animo masyarakat saat mendengar adanya benda pusaka tersebut pasti langsung besar.

Mereka pun pasti terdorong untuk ikut serta mencari benda pusaka paling sakti itu bersama-sama. Sayangnya animo masyarakat yang besar ini tidak ada kaitannya dengan tingkat pendidikan atau pun kelas sosialnya. Semua seolah berlomba menjadi yang paling awal menemukan benda pusaka paling sakti tersebut. Tak peduli apapun resiko yang akan dihadapi, semua tetap berpacu menjadi yang paling pertama menemukan. Sebuah perlombaan yang penuh misteri.

Mengapa penuh misteri? Karena hingga kini tidak ada satupun orang yang bisa membuktikan bahwa ia telah berhasil menemukan atau bahkan memiliki benda pusaka yang dianggap paling sakti tersebut. Kalaupun ada yang berhasil menemukan dan memilikinya orang tersebut memilih diam dan menyembunyikannya. Hal ini dapat dimengerti lantaran dampaknya akan sangat berpengaruh bagi dirinya sendiri dan juga orang-orang yang berada di sekitarnya bila keberadaan benda pusaka tersebut diketahui orang lain.

Sebenarnya ada nggak sih yang namanya benda keramat alias pusaka dan dianggap paling sakti tersebut? Seperti apa sih bentuknya? Apakah ia berupa Mandau, kujang, keris, pedang, golok, atau bahkan cuma sebuah pisau kecil? Seorang yang bijaksana tidak akan menjawabnya dengan gegabah. Ia pasti akan tersenyum saat dipaksa harus menjawab pertanyaan tersebut. Sejatinya memang itulah yang terbaik.

Terkadang sekalipun kita tahu bahwa benda yang kita miliki adalah benda pusaka paling tinggi oleh orang lain kita tidak akan banyak cakap membicarakannya hingga membuat orang lain penasaran ingin melihat, mencoba dan akhirnya memilikinya.

Sejatinya apapun bentuk benda istimewa tersebut di mata orang umum biasanya ia tidak terlihat istimewa. Bisa jadi semua orang mengetahuinya namun tidak paham bahwa benda tersebut lah yang dimaksudkan sebagai benda pusaka yang banyak dicari orang. Bisa jadi bahkan orang yang memegang dan memilikinya sendiri tidak tahu keistimewaan benda tersebut selain sebagai barang pajangan. Inilah istimewanya benda pusaka tersebut.

Mengapa demikian adanya? Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan yang dimiliki oleh pemiliknya sehingga ia tidak tahu bahwa benda tersebut adalah benda pusaka yang banyak dicari orang. Atau bisa jadi ia tahu tapi pura-pura tidak tahu demi alasan tertentu. Biasanya alasan yang membuatnya pura-pura adalah keamanan dan keselamatan diri dan keluarganya.

Yang jelas, sebuah benda keramat yang dianggap pusaka dan sakti bagi sebagian besar orang biasanya akan menggegerkan jagad klenik dan persilatan. Semua tokoh baik yang menguasai ilmu hitam maupun putih akan berlomba-lomba memilikinya. Bila sudah seperti ini maka kedamaian kehidupan yang sudah berlangsung dalam kehidupan masyarakat akan terganggu.

Bahkan tidak mustahil bisa hancur lantaran nafsu yang besar untuk menjadi pemilik benda tersebut. Sebab bila sudah memiliki benda yang paling sakti maka ia akan menjadi orang nomor wahid baik di lingkungan pekerjaan maupun di lingkungan tempat tinggalnya. Bila ia tidak bisa menjaga dirinya dari perasaan bangga berlebihan karena berhasil menemukan dan memiliki benda pusaka tersebut maka itu akan menjadi awal kehancuran dirinya.

Itulah sebabnya maka bersikap bijaksana saat berhasil menemukan tersebut adalah hal yang perlu dimiliki oleh siapapun.

Write A Comment