Beauty

Do It Yourself (DIY) 7 Campuran Masker Madu untuk Wajah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Wajah sudah tentu menjadi omset penting dalam kecantikan, apalagi wajah sendiri menjadi bagian terpenting dari tubuh. Pastinya menjaga kecantikan wajah itu perlu, bahkan tak jarang juga banyak yang rela merogoh kocek sangat mahal demi menjaga kulit wajah yang selalu cantik dan berseri.

Tentunya kulit yang cantik berawal dari kulit wajah yang sehat, maka dengan mengimbangi kesehatan dengan kecantikan itu perlu. Namun sering kali permasalahan dalam melakukan perawatan kulit wajah terjadi, dimulai dari kulit yang sensitif setelah perawatan, ketidak cocokan bahan kimia, bahkan juga perlu biaya yang mahal.

Namun kali ini Anda tidak perlu khawatir lagi karena ada satu bahan alami yang sangat mudah untuk Anda dapatkan bahkan sudah diketahui manfaatnya dalam dunia kesehatan dan kecantikan, yaitu madu. Madu memiliki senyawa mineral, nutrisi, dan vitamin yang lengkap jadi sangat baik untuk Anda konsumsi sehari-hari.

Akan tetapi dengan adanya kandungan anti oksidan yang sangat tinggi pada madu rupanya sangat baik untuk menutrisi kulit Anda. Anti oksidan sangat baik untuk menjaga elastisitas kulit, memberikan kelembaban pada kulit, serta menyegarkan. Jadi dengan bahan utama madu Anda bisa memanfaatkan sebagai masker alami wajah Anda.

Apabila Anda ingin menambah bahan masker pada madu Anda maka Anda bisa mencampurkan beberapa bahan alami dan pastinya sangat cocok untuk wajah Anda. Apa sajakah campuran masker madu yang bisa Anda terapkan? Berikut penjelasannya.

Masker Madu dan Alpukat

Biasanya percampuran antara madu dan alpukat sangat pas dijadikan minuman lezat dan segar. Akan tetapi rupanya percampuran kedua bahan tersebut tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi saja, namun bisa juga dijadikan sebagai bahan masker wajah Anda.

Kandungan antioksidan pada madu dan vitamin E pada alpukat sangat baik untuk wajah Anda apalagi dapat mengatasi wajah kering dan kusam. Cara pembuatan masker cukup mudah yaitu haluskan 1 buah daging alpukat lalu tambahkan dengan 5 sendok makan madu. Aduk secara merata lalu olesi ke seluruh bagian wajah dan diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas dengan air bersih. Rasakan sensasi kulit segar dan kenyal setelah pemakaian.

Masker Madu dan Bengkoang

Bengkoang memang sudah sangat lama menjadi primadona bahan kosmetik dan juga perawatan kecantikan karena bahannya yang alami sangat baik untuk menutrisi kulit serta membuat kulit tampak putih secara alami.

Apabila Anda menginginkan wajah yang putih berseri dan lembab maka sangat cocok untuk mencampurkan madu dengan bengkoang. Caranya Anda harus menghaluskan bengkoang lalu peras. Perasan tersebut Anda biarkan selama semalaman maka akan ada endapan yang muncul di pinggiran tempat Anda meletakkan air bengkoang.

Selanjutnya kumpulkan endapan bengkoang lalu campurkan dengan madu sebanyak 2 sendok makan, olesi ke kulit wajah dan diamkan sampai masker mengering. Sensasi dingin dan segar akan Anda dapatkan selama proses pemakaian masker tersebut.

Masker Madu dan Wortel

Rupanya wortel yang biasa dijadikan sebagai bahan masakan ini bisa juga dijadikan masker wajah alami Anda. Manfaatnya adalah tingginya kandungan vitamin A dan antioksidan pada wortel sangat baik berperan sebagai anti aging atau anti penuaan pada kulit wajah Anda.

Caranya adalah parut wortel lalu peras dan ambil airnya saja, tambahkan dengan madu dan aduk secara merata. Olesi ke seluruh wajah dan diamkan sampai air wortel menyerap ke kulit. Terakhir bilas dengan air bersih.

Masker Madu dengan Susu dan Oatmeal

Membayangkan madu dicampur dengan susu dan oatmeal sudah tentu menjadi sarapan lezat bukan? Nah rupanya campuran tersebut bisa Anda jadikan sebagai masker wajah yang memiliki peran sebagai pengangkat sel-sel kulit mati.

Anda tentunya sudah tahu bahwa sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah tidak hanya menyebabkan kusam, namun juga bisa menjadi tumpukan jerawat yang membandel. Caranya cukup mudah, Anda sediakan 3 sampai 5 sendok makan susu cair full cream lalu campur dengan 3 sendok makan madu dan 3 sendok makan oat meal.

Aduk secara merata ketiga bahan lalu olesi ke wajah secara merata. Selanjutnya pijat secara perlahan maka sel-sel kulit mati akan terangkat. Terakhir bersihkan dengan air dingin yang bersih dan lakukan di malam hari sebelum tidur.

Masker Madu dan Minyak Zaitun

Kedua bahan tersebut sama-sama tinggi akan vitamin E serta antioksidan jadi sangat pas sekali untuk merawat kulit wajah Anda secara alami, terutama bagi kulit wajah yang kering dan kusam. Caranya campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan madu dan olesi ke wajah. Wajah Anda akan terasa lembab dan cerah apabila dilakukan secara rutin.

Masker Madu dan Kentang

Kentang juga dapat dijadikan sebagai bahan masker alami bersama dengan madu. Caranya setelah kupas dan cuci bersih kentang, haluskan 1 buah kentang kemudian tambahkan dengan 2 sendok makan madu. Aduk secara merata lalu olesi ke bagian wajah Anda. Wajah akan tampak bersih berseri alami.

Masker Madu dan Yoghurt

Yoghurt tidak hanya baik untuk pencernaan, namun juga dapat menjaga kecantikan kulit wajah Anda. Caranya Anda mencampurkan 3 sendok makan yoghurt plain atau tanpa rasa dengan 2 sendok makan madu. Aduk merata kemudian olesi ke wajah sambil didiamkan selama 30 menit. Hasilnya wajah Anda akan tampak segar dan cerah secara alami.

Itulah 7 bahan masker madu yang dapat Anda campurkan dengan beberapa bahan alami lainnya. Sangat mudah untuk dilakukan dan pastinya tidak perlu ribet. Kunci kecantikan kulit wajah adalah kesehatan tubuh Anda, jadi jaga juga pola hidup yang sehat dengan memberikan nutrisi yang terbaik. Selamat mencoba.