FokTips

Fakta Tata Cara Mandi Wajib yang Harus Anda Ketahui

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tata Cara Mandi Wajib yang Harus Anda Ketahui! Bagi seorang muslim, mengetahui tata cara mandi wajib yang benar sangatlah perlu. Sebab, tujuan dari mandi wajib sendiri adalah untuk membersihkan dan mensucikan diri dari hadast besar yang ada pada tubuh. Tata cara mandi wajib sendiri tidak bisa dilakukan sembarangan dan memiliki aturannya sendiri.

Mandi wajib dilakukan apabila seorang muslim atau muslimah selesai haid, junub, atau nifas. Mereka haruslah melakukan mandi wajib agar dapat melakukan ibadah kembali dengan keadaan suci.

Tata cara mandi wajib yang pertama adalah membaca niat. Sebelum melakukan mandi wajib hendaknya Anda membaca niat terlebih dahulu. Niat yang harus Anda baca dalam mandi wajib adalah: ‘Nawaitu Ghusla Liraf’il Hadatsil Akbar Minal Jinabati Fardlon Lillahi Ta’ala’. Sedangkan untuk mandi nifas niatnya adalah: ‘Nawaitu Ghusla Liraf’il Hadatsil Akbar Minan Nifasi Fardlon Lillahi Ta’ala’.

Cara membaca niat mandi wajib pun harus Anda lakukan dengan benar, yakni dalam hati saja. Membaca niat hukumnya sangat wajib, jadi jangan sampai hal ini malah terlupakan ketika akan melakukan mandi wajib. Kedua, setelah membaca niat, yakni membersihkan telapak tangan sebanyak 3 kali. Kemudian berlanjut dengan membersihkan kemaluan dan juga dubur. Mencuci tangan ini bisa dilakukan sebanyak 3 kali agar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Tentunya dengan tujuan supaya terhindar dari najis dan tangan menjadi lebih bersih.

Setelah itu tata cara mandi wajib yang ketiga adalah membersihkan bagian kemaluan dan lipatan-lipatan tubuh yang kotor. Seperti misalnya lipatan ketiak, dubur, pusar dan lain sebagainya. Adapun tata cara yang keempat setelah membersihkan kemaluan dan sebagainya kemudian mencuci tangan hingga bersih dan menggosok-gosoknya dengan tanah atau sabun juga boleh. Tangan perlu dicuci ulang dengan tanah atau sabun kemudian dibilas. Tata cara yang kelima kemudian melakukan wudu seperti bagaimana kita berwudu ketika hendak solat. Dimulai dari membasuh tangan lalu kemudian sampai membasuh kaki.

Setelahnya yang keenam adalah memasukkan tangan ke dalam air kemudian menyela-nyela rambut dengan air tersebut sebanyak 3 kali saja hingga menyentuh kulit kepala. Jika sudah selesai maka kemudian mengguyur kepala dengan air sebanyak 3 kali. Pastikan juga bahwa seluruh rambut hingga ke pangkalnya terkena air.

Terakhir dalam tata cara mandi wajib adalah membasuh seluruh tubuh menggunakan air dengan bersih. Mengguyurnya pun dimulai dari sisi kanan terlebih dahulu lalu kemudian beralih kepada sisi kiri. Jangan lupa pula untuk membersihkan lipatan-lipatan tersembunyi agar mandi wajib yang dilakukan semakin sah.

Ada sedikit perbedaan antara mandi wajib perempuan dan laki-laki. Perbedaan tersebut terletak pada menyela pangkal rambut yang mana perempuan tidak perlu untuk melakukannya. Bahwa menyela pangkal rambut hanya dikhususkan untuk laki-laki saja. Bahkan ada beberapa hadits yang mengatakan bahwa perempuan tidak perlu membuka jalinan rambutnya.

Tentu meski ada sedikit perbedaan tersebut hendaknya kita jangan sampai lupa melakukan kewajiban ini setelah junub, nifas ataupun haid. Terlepas dari segala perbedaan, yang terpenting adalah niat dalam melakukannya. Tanpa melakukan niat, maka mandi wajib yang dilakukan tersebut bisa saja tidak sah dan Anda tidak mendapatkan pahala apapun saat melakukan ibadah.

Itulah tata cara mandi wajib yang benar dan perlu Anda ketahui. Hendaknya kita perhatikan dengan baik agar tidak terjadi kekeliruan yang membuat kita mesti mengulanginya. Semoga saja artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Write A Comment