Hati-hati! Bisa Saja Ini yang Menyebabkan Jari Tangan Kesemutan

Mayoritas orang pasti pernah, ‘kan, mengalami kesemutan? Umumnya, hal ini terjadi akibat adanya tekanan terus-menerus pada sekitar bagian tubuh yang mengalami kesemutan. Saat itu terjadi pastinya kita akan mengalami kebas atau mati rasa yang dibarengi dengan rasa geli dan seperti tertusuk benda tajam. Ada juga beberapa yang mengalaminya juga merasakan sensasi seolah terbakar.

Dalam dunia kedokteran sendiri, kesemutan terjadi karena adanya gejala sensorik yang abnormal. Biasanya, disebebkan karena adanya gangguan fungsi (disfungsi) ataupun ketidaknormalan (abnormalitas) yang memperngaruhi jalur somatosensorik. Lalu, bagaimana jika kesemutan terjadi di jari tangan? Jika terjadi hal tersebut maka bisa jadi faktor berikut inilah penyebabnya.

Tekanan pada tangan

Faktor penyebab kesemutan yang pertama inilah yang biasanya sering kita alami. Benar, tidak? Kita pastinya pernah atau malah sering membuat tangan kita menerima tekanan yang berlebihan. Apalagi jika terjadi dalam jangka waktu yang lama. Namun, daripada tangan, pergelangan tangan yang menjadi tumpuan tekanan tersebutlah yang terkadang berpengaruh pada jari tangan. Nah, hal tersebutlah yang membuat jari tangan kita kesemutan.

Meski begitu, tapi tidak dipungkiri juga tekanan pada tangan karena tertindih dalam waktu yang lama juga bisa menjadi faktor penyebabnya. Itu semua dapat terjadi merupakan akibat dari suplai darah yang seharusnya menuju ke tangan sampai ke jari-jari menjadi terhambat.

Carpal Tunnel Syndrom

Bisa juga tanpa kita sadari, jari tangan kita kesemutan disebabkan karena Carpal Tunnel Syndrom. Biasanya, orang yang mengalaminya merasakan sensati mati rasa tersebut. Ini merupakan faktor yang biasanya terdiagnosa jika keseringan atau mudah mengalami kesemutan. Carpal Tunnel Syndrom sendiri adalah kondisi yang menyebabkan jari tangan mengalami mati rasa karena adanya saraf terjepit di pergelangan tangan.

Writer’s Cramp

Pastinya kita jarang atau bahkan belum pernah mendengar istilah ini, ya? Writer’s Cramp sendiri diartikan sebagai gangguan yang disebabkan oleh kram atau kejang otot tangan tertentu. Hal ini dapat terjadi akibat melakukan aktivitas motorik secara berlebihan. Belum lagi, jika aktivitas tersebut dilakukan terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.

Meskipun namanya Writer’s Cramp, tapi saat ini indikasi seperti ini bukan dikarenakan menulis saja. Ada pula kemungkinan akibat terlalu lama memegang dan bermain ponsel. Selain itu, posisi tangan tangan yang tidak nyaman ketika mengetik juga dapat menjadi penyebabnya, lho.

Raynaud

Biasanya orang yang mengalami kondisi Raynaud, bagian tubuh tersebut akan terasa kaku dan dingin. Seperti gejala kesemutan, ‘kan? Kondisi ini dapat terjadi disebabkan adanya penyempitan pembuluh darah arteri sehingga kurangnya pasokan darah di jari tangan.

Efek samping obat-obatan

Bagi Anda yang sering mengkonsumsi obat-obatan, tapi juga sering mengalami kesemutan di jari tangan maka berhati-hatilah. Ini bisa jadi karena efek samping dari obat-obatan tersebut. Tentu kita tahu, ‘kan, kalau paparan bahan kimia pastinya memiliki efek samping? Tidak terkecuali juga dengan obat kimia yang berfungsi untuk menyembuhkan.

Mungkin jarang ada yang tahu, tapi obat seperti obat antibiotik, antivirus, dan kemoterapi dapat menimbulkan efek samping seperti itu. Bukan hanya itu, jari tangan kesemutan bisa juga timbul karena adanya pengaruh dari merkuri.

Perawatan

  • Perlakuan :  beristirahat, kompres es, penyangga pergelangan tangan, suntikan kortison, serta bedah.
  • Obat  : Steroid serta Obat antiinflamasi non steroid
  • Bedah  : Operasi terowongan karpal
  • Perawatan diri : Bungkusan es serta Istirahat
  • Therapy  :Pengenduran otot
  • Spesialis :Penyuplai perawatan primer (PCP), Terapis karyawan, Penyembuhan fisik serta rehabilitasi, Terapis fisik, Pakar Syaraf, serta Pakar bedah tangan

Itulah yang bisa menjadi penyebab jari tangan kesemutan. Tidak menyangka ternyata bisa menjadi sesuatu yang berbahaya, ya? Maka dari itu, sebaiknya kita tidak lagi menyepelekan perihal kesemutan ini. Selain itu, jika terlalu sering mengalaminya, sebaiknya konsultasikan ke ahlinya saja. Nah, apabila belum terjadi, ada baiknya melakukan tindakan pencegahan.