Ingatkah Kamu Tentang Si Manis Jembatan Ancol?

Salah satu tempat rekreasi yang bisa kita nikmati untuk menghindar sejenak dari rutinitas atau hiruk pikuk kota Jakarta adalah Ancol. Selain itu, Ancol juga sering dijadikan tempat hangout oleh anak-anak muda menghabiskan waktu akhir pekan atau liburannya bersama teman atau kekasih. Namun, masih ingatkah kalian dengan jembatan Ancol? Mungkin saat ini jembatan ini terkesan biasa saja, tidak semenyeramkan kisahnya.

Dahulu, di era 90an, kisah misteri si manis jembatan Ancol ini sangat terkenal dan populer. Si manis jembatan Ancol konon dipercaya sebagai makhluk halus penunggu kawasan jembatan tersebut. Bahkan kisah ini diangkat menjadi film yang terinspirasi dari kisah-kisah tentang si manis yang beredar di masyarakat. Menurut warga sekitar, jembatan ini memiliki misteri menyeramkan yang belum banyak diketahui orang luas. Apa saja misteri tersebut?

Awal Legenda

Sosok hantu Si Manis Jembatan Ancol ini pernah diangkat menjadi film karena saking populernya kisah tersebut. Konon, kisah mengenai hantu si manis penunggu jembatan ini berawal dari kisah seorang wanita kembang desa yang sangat cantik jelita dan berparas manis yang bernama Siti Ariah. Sayangnya, kembang desa ini dikabarkan meninggal secara tragis akibat diperkosa. Kemudian jasad dari kembang desa tersebut dibuang di jembatan. Akhirnya muncul kisah sosok kembang desa tersebut yang bergentayangan di kawasan ini.

Sosok Wanita Meminta Dilukis

Seorang pelukis yang berada di kawasan Ancol mengalami kejadian misterius. Kejadian tersebut terjadi pada tahun 1995, saat malam hari dan suasananya tengah gerimis. Pelukis ini didatangi oleh sesosok wanita dengan paras ayu. Kemudian wanita tersebut meminta pelukis untuk melukis dirinya. Saat pelukis tengah sibuk dengan kuas dan catnya untuk melukis sosok wanita cantik tersebut, ia mulai merasakan hal aneh. Sayangnya, saat pelukis ini telah menyelesaikan setengah bagian lagi lukisannya pada kanvas, wanita itu menghilang begitu saja dalam sekejap. Konon, sosok wanita cantik misterius yang meminta dilukis tersebut adalah hantu penunggu jembatan Ancol.

Baca Juga  Salah Kaprah! Nyi Roro Kidul Ternyata Bukan Kanjeng Roro Kidul

Kamar Khusus Si Manis

Jika di Hotel Inna Samudera, Pelabuhan Ratu terdapat kamar khusus untuk Nyi Roro Kidul. Maka, mitosnya di Hotel Horison yang letaknya tidak terlalu jauh dari kawasan Ancol juga sering dikejutkan oleh sesosok wanita yang muncul di depan mata. Namun, begitu diperjelas, sosok hantu tersebug dianggap sebagai sosok hantu si manis jembatan Ancol. Konon setelahnya muncul kabar jika manajemen hotel Horison kemudian membuatkan sebuah kamar khusus untuk hantu tersebut.

Penyebab Kecelakaan Misterius

Kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di sekitar kawasan jembatan Ancol dan telah banyak merenggut korban ini sering dikaitkan dengan keberadaan hantu si manis jembatan Ancol. Pada tahun 1950-an menjadi salah satu bukti kecelakaan paling banyak merenggut korban. Berdasarkan kesaksian para korban yang selamat dari kecelakaan tersebut, kecelakaan diawali dengan munculkan sosok wanita yang ada di sana. Hantu wanita ini sering muncul di jembatan untuk menyeberang jalan, sehingga membuat para pengendara kaget dan tidak fokus.

Tempat Pembuangan anak

Terakhir, dulu kawasan era penjajahan Belanda ini merupakan sebuah lahan luas yang berupa rawa-rawa dan semak belukar nan gelap. Wajar saja kalau warga setempat tidak berani keluar pada saat malam hari. Suasananya sepi tidak seramai saat ini. Mitosnya banyak warga yang menganggap kawasanam di ini sebagai tempat pembuangan anak jin dan makhluk halus lainnya karena sering terdengar suara aneh yang muncul di kawasan ini.