Hubungan

Ingin Move On? Lakukan 12 Cara Melupakan Seseorang Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kenangan buruk akan seseorang seringkali meninggalkan luka yang mendalam. Usaha untuk memberi atau meminta maaf sudah dilakukan, namun kenangan yang buruk itu seringkali masih mengganggu sehingga hidup terasa tidak nyaman dan tenang.

Kenalilah Diri Anda – dan Pasangan kamu

Pertama kali saya move on , saya mengunci diri di kamar sendiori untuk meneriakkan kegelisahan saya.

“Kita harus mencoba memisahkan stres yang sehat dari stres yang memengaruhi tubuh kita dengan cara yang merugikan,” kata Rita Watson, mantan direktur kebijakan dan pendidikan di Departemen Psikiatri Yale dan kontributor tetap untuk PsychologyToday. “Stres yang baik sering muncul ketika kita bekerja menuju tujuan positif – tenggat waktu, proyek, atau pekerjaan baru. Stres yang buruk … dapat menciptakan gejala kecemasan yang dapat diterjemahkan menjadi insomnia, sakit kepala atau sakit perut. ”

Maka, satu-satunya jalan untuk menghilangkannya atau setidaknya mengurangi beban pikiran karena hal itu adalah dengan melupakan seseorang yang berkaitan dengan kenangan buruk tersebut. Berikut 12 cara melupakan seseorang yang perlu Anda coba.

  1. Lapang Dada Menerima Kenyataan

Sikap pertama yang harus dimiliki agar Anda bisa melupakan seseorang, apalagi seseorang yang dicintai adalah sikap lapang dada. Sikap lapang dada membantu Anda menerima kenyataan pahit masa lalu dengan ikhlas, serta membantu Anda pula untuk dengan ikhlas melupakan seseorang tersebut. Barangkali sikap kurang ikhlas inilah yang menghambat Anda dalam melupakan orang lain. Dengan sikap lapang dada, Anda juga belajar untuk menjadi lebih dewasa karena Anda berusaha untuk menerima kenyataan apa adanya dengan ikhlas.

  1. Sibukkan Diri Anda dengan Pekerjaan atau Hobi yang Disenangi

Dengan menyibukkan diri pada pekerjaan atau hobi yang disenangi, fokus perhatian Anda perlahan-lahan akan terhindar dari seseorang tersebut. Kesibukan kerja atau melakukan hal yang disenangi bisa menjadi alasan bagi Anda untuk tidak melulu memikirkan orang tersebut atau bahkan kesempatan berjumpa dengan seseorang tersebut.

Dengan fokus pada kesibukan kerja dan hobby, perhatian Anda akan lebih terarah pada diri Anda sendiri serta aneka pekerjaan dan hobby Anda tersebut. Lain halnya jika Anda tidak memiliki kesibukan, di mana Anda memiliki banyak waktu luang dan menganggur, sehingga menjadi rentan untuk kembali memikirkan seseorang tersebut.

  1. Luangkan Waktu Lebih Banyak Untuk Me Time

Salah satu cara agar Anda mudah melupakan seseorang adalah dengan meluangkan waktu lebih banyak untuk me time. Waktu untuk me time tak perlu mewah dan boros, cukup aneka kegiatan bersama teman dan keluarga yang membuat Anda merasa bahagia akan banyak membantu Anda dalam melupakan seseorang tersebut.

  1. Olahraga

Bagi sebagian orang olahraga adalah kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika olahraga adalah hobby. Namun bagi sebagian orang pula olahraga adalah hal yang paling dibenci. Jika Anda tidak menyenangi kegiatan olahraga, maka mulailah untuk menyenanginya. Sebab dengan berolahraga, selain tubuh kita menjadi sehat, pikiran kita juga menjadi jernih sehingga mudah untuk melupakan kenyataan pahit masa lalu atau seseorang yang ingin dilupakan.

  1. Cerita Kepada Teman

Pengalaman pahit masa lalu tentang seseorang sebaiknya jangan Anda pendam sendiri. Anda perlu kita menceritakan pada teman dekat yang paling Anda percaya. Jika Anda hanya memendam pengalaman pahit masa lalu sendirian, Anda akan jatuh pada rasa sakit hati yang terus-menerus sehingga sulit untuk melupakan seseorang tersebut.

Lain halnya jika Anda menceritakan aneka pengalaman pahit itu kepada teman dekat, Anda akan merasa lega, hidup lebih tenang dan nyaman, karena segala unek-unek telah dikeluarkan dan setidaknya Anda akan merasa tidak sendirian.

  1. Meminta Nasihat kepada Teman atau Orang Lain

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang dalam banyak hal membutuhkan orang lain. Anda bukanlah orang yang sempurna dan kuat untuk menanggung beban sendirian. Anda memerlukan orang lain dalam menyelesaikan persoalan Anda. Nasihat atau masukan dari orang lain barangkali berguna bagi Anda untuk menerima kenyataan pahit masa lalu dan belajar melupakan seseorang.

Nasihat itu bisa datang dari teman atau orang tua. Barangkali hal yang sama juga pernah dialami oleh teman atau orang tua Anda, sehingga melalui nasihat tersebut Anda juga bisa belajar dari pengalaman mereka.

  1. Melihat sisi buruk orang yang ingin dilupakan

Jika Anda ingin melupakan seseorang maka lihatlan sisi buruknya yang membuat hati Anda terluka atau sakit hati. Jika Anda terus terbayang dengan sisi baik dari orang tersebut, Anda akan terus kepikiran tentang orang tersebut sehingga sulit melupakan.

Dalam agama dan moral memang diajarkan untuk tidak melihat sisi buruk orang, namun dalam kasus di mana Anda harus melupakan seseorang demi kebaikan hidup Anda maka melihat sisi buruk dari orang tersebut perlu Anda usahakan pula.

  1. Hindari Media Sosial

Media sosial seringkali menjadi pemicu bagi Anda untuk mengingat kembali kenangan indah bersama seseorang yang ingin dilupakan tersebut. Karena itu, selama Anda berusaha untuk melupakan seseorang tersebut, maka sebisa mungkin hindari atau setidaknya kurangi waktu untuk bermain media sosial. Menghindari media sosial juga akan menolong Anda untuk tidak menyebarkan hal-hal privasi menyangkut sakit hati Anda di media sosial, sehingga malah merugikan dan mempermalukan diri Anda sendiri.

  1. Mulai Menyukai Orang Lain

Bagi sebagian orang, berpindah ke lain hati untuk menyukai orang lain bukanlah hal yang gampang. Namun, cara ini termasuk ampuh dalam melupakan orang lain. Barangkali di lingkungan teman-teman Anda ada teman yang nyatanya lebih cocok dengan Anda. Maka Anda perlu membuka hati kembali untuk memberi ruang pada orang lain.

  1. Ingat Tujuan Hidup dan Cita-Cita Anda

Hidup Anda adalah tentang Anda, bukan orang lain. Yang menentukan adalah diri Anda sendiri. Jika Anda fokus pada tujuan hidup dan cita-cita Anda, maka perhatian sepenuhnya akan terpusat pada hal itu, sehingga perlahan-lahan kenangan tentang seseorang akan terlupakan.

  1. Dekatkan Diri pada Tuhan

Melupakan Seseorang bukan melulu hal yang negative, apalagi jika seseorang tersebut memang layak untuk dilupakan bagi kebaikan hidup Anda. Karena itu, cara positif dalam upaya melupakan seseorang adalah dengan memperbanyak waktu untuk berdoa kepada Tuhan. Doa membantu Anda untuk mampu menerima kenyataan pahit apa adanya, serta campur tangan Tuhan akan membantu hidup Anda dalam melupakan orang tersebut.

  1. Melupakan dan Meninggalkan dengan Baik-Baik

Masalah yang belum tuntas dan menggantung akan menyulitkan Anda dalam melupakan seseorang tersebut. Karena itu, Anda perlu menyelesaikan masalah tersebut secara baik-baik agar Anda pun bisa dengan tenang melupakan seseorang tersebut.

Itulah 12 cara yang perlu Anda coba untuk bisa melupakan orang lain. Dengan cara-cara di atas Anda terbantu melupakan orang tersebut secara baik-baik. Sehingga aneka kenangan buruk tentang seseorang itu bisa Anda lupakan, dan luka Anda yang tersakiti pun tersembuhkan.