Ini Dia Tips yang Bisa Kamu Coba Untuk Mendapatkan Beasiswa Luar Negri

1 0
beasiswa

Sekolah atau kuliah di luar negri? Siapa sih, yang gak mau? Selain bisa menimba ilmu di sana, sepaket dengan jalan-jalan ke negri lain. Bonusnya sudah pasti foto-foto yang nangkring di akun Igmu dan ratusan like karena kamu dianggap menginspirasi.

Wah, semakin mupeng buat bisa kuliah di luar negri? Tenang, jangan mikir macam-macam dulu apa lagi sampai pesimis. Setiap tahunnya, pemerintah Indonesia selalu memberi beasiswa pada putra-putri terbaik bangsa ini untuk bisa mengenyam pendidikan di luar negri. Kalau kamu mau, kamu harus mencoba tips di bawah ini supaya bisa mendapatkan beasiswa luar negri. Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Benahi Dulu Kemampuan Bahasa Inggrismu

Bahasa internasional ini memang mau gak mau harus kamu kuasai jika berniat sekolah di luar negri. Bagaimana gak, di sana kamu bertemu dengan orang seantero dunia yang gak mungkin paham diajak ngomong bahasa tanah air. Kemampuan berbahasa Inggrismu harus benar-benar dibenahi dulu, biar gak cuma bisa jawab yes no saja.

Yang digunakan sebagai standar dalam hal ini adalah TOEFL. Ya, uji kemampuan bahasa Inggris dengan tes ini memang sangat diperlukan, jadi usahakan nilai tes TOEFL-mu harus bagus. Apa lagi jika sekolahmu gak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya, maka sertifikat TOEFL dari lembaga berlisensi menjadi sangat penting. Sudah siap, ya?

Siapkan Diri Untuk Tes ACT dan SAT

Tips mendapatkan beasiswa luar negri berikutnya adalah dengan mempersiapkan diri untuk mengikuti kedua tes ini. SAT atau Tes Scholastic Aptitude dan ACT atau American Collage Testing adalah uji akademik yang akan menentukan kamu bisa belajar di universitas yang diinginkan atau gak. SAT sendiri hampir mirip dengan tes bahasa Inggris dan matematika. Tes bahasa Inggris tersebut juga termasuk sinonim, antonim, dan lain-lain. Sedangkan ACT merupakan tes untuk sains, dan disarankan buat kamu yang memang minat dalam bidang sains.

Aktiflah Dalam Kegiatan Non Akademik dan Kembangkan Prestasi

Untuk bisa mendapatkan beasiswa ke luar negri, kamu gak cuma dituntut untuk punya nilai rapor atau akademik yang bagus. Pihak admission officer gak hanya mengecek nilai akademik itu, tapi juga kegiatan non akademikmu dan prestasi lainnya. Hal tersebut disebabkan, universitas luar negri gak cuma mencari anak yang bagus di nilai akademik saja.

Namun, kegiatan dan aktivitas di luar sekolah juga sangat dipertimbangkan. Hal ini akan membantu proses pendaftaran. Begitu juga dengan prestasi lomba di bidang sains dan olahraga, serta aktivitasmu sebagai relawan akan menjadi pertimbangan khusus.

Siapkanlah Application Essay

Apa lagi ini? Ya, untuk mendapatkan beasiswa luar negri, kamu juga akan diminta untuk membuat essay tentang dirimu sendiri. Unik, ya. Di sini kamu harus memaparkan apa keunikan dan kenapa kamu pantas masuk ke universitas tersebut. Selain itu, kamu juga harus menjelaskan ketertarikanmu dengan universitas itu dengan tulus dan personal. Tentu dalam bahasa Inggris, dong! Sudah siap?

Persiapkan Surat Rekomendasi

Nah, yang terakhir adalah surat rekomendasi. Hal ini penting sebagai penguat pihak universitas agar memilihmu karena kamu memang pantas. Biasanya, surat rekomendasi ini akan diberikan pihak sekolah atau lebih baik oleh guru yang sudah mengenalmu dengan baik. Surat dari orang yang berpengaruh di negara kabarnya juga akan memberi dampak bagus untuk program beasiswamu.

Nah, itu dia tips supaya mendapatkan beasiswa luar negri. Yuk, persiapkan dari sekarang!

 

Tinggalkan Balasan