JalanJalan

Inilah 8 Fakta Unik tentang Masjid Kapal Semarang

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mendengar kata “kapal” sudah tentu identik dengan kendaraan laut yang sering kita pakai sebagai transportasi penyeberangan antar pulau. Namun ada hal yang unik mengenai salah satu kapal ini, dimana kapal menjadi inspirasi arisektur terhadap pembangunan salah satu jenis bangunan, yaitu Masjid.

Apabila Anda sedang berkunjung wisata ke Kota Semarang, maka tak ada salahnya untuk mengunjungi Masjid Kapal yang terletak di Jalan Kyai Padak, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Anda akan dibuat takjub dengan bentuk masjid yang sangat mirip sekali dengan kapal.

Sungguh nilai seni arsitek yang sangat luar biasa pada sebuah masjid yang berada di Semarang ini. Tidak hanya keunikan akan bentuknya saja, Anda akan mengetahui beberapa fakta unik dari Masjid Kapal Semarang, berikut penjelasannya.

Terinspirasi dari Kisah Nabi Nuh AS

Tentu saja Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan kisah Nabi Nuh AS yang dimana kala itu mengukir sejarah luar biasa dan memberikan pesan mendalam kepada kita sebagai ummat manusia.

Semua makhluk hidup yang selamat berkat kapal yang telah dibuat oleh Nabi Nuh. Kapal besar tersebut adalah penyelamat. Nah inilah yang menarik bagi para arsitek pembangun masjid di Semarang untuk membuat sebuah masjid dengan bentuk kapal besar.

Terdapat Kolam Air di Sekeliling Masjid Kapal

Kapal identik sekali dengan kemampuannya mengapung di atas air. Nah keunikan lain dari masjid kapal ini adalah mampu menciptakan bangunan bagaikan kapal sungguhan yang dapat mengapung, bak kapal yang sedang melaju di atas lautan.

Di kelilingi oleh air kolam jernih berwarna biru, sungguh memanjakan mata bagi siapapun yang melihat. Jadi sembari Anda beribadah, kemudian berwisata foto, maka Anda juga akan merasakan sensasi seperti naik kapal sungguhan. Sangat menarik bukan?

Pemandangan di Sekitar Bangunan Sangat Asri dan Alami

Bukankah berkunjung ke tempat yang masih alami adalah tempat favorit dan pastinya membuat liburan Anda sangat berkesan? Hal itu bisa Anda dapatkan apabila Anda berkunjung ke masjid kapal Semarang.

Tidak hanya bangunan masjidnya saja yang unik, selama Anda mengunjungi masjid kapal tersebut maka Anda akan menyaksikan betapa hijau dan asrinya pemandangan sawah disertai dengan pohon-pohon dan perbukitan yang menghampar sungguh memberikan suasana alam indah dan mampu menenangkan pikiran Anda.

Terdiri Atas 4 Lantai yang Memiliki Perbedaan Fungsi

Hal unik lainnya dari bangunan masjid kapal ini adalah keunikan dari jumlah lantai bangunan yang dibuat disertai dengan fungsi yang berbeda-beda. Masjid kapal dibuat terdiri atas 4 lantai. Untuk lantai dasar atau lantai pertama memiliki fungsi sebagai ruang pertemuan, biasa digunakan sebagai tempat menjamu dan bertamu oleh beberapa tamu penting yang mengunjungi masjid kapal tersebut.

Selanjutnya pada lantai kedua dan ketiga dibuat khusus untuk melakukan ibadah sholat dengan ruangan bagi para jemaah lelaki dan perempuan terpisah. Terakhir untuk lantai paling atas atau lantai 4 dikhususkan untuk para pengunjung yang ingin melihat keasrian alam di sekitar masjid jadi sangat cocok untuk Anda apabila ingin mengambil foto di lantai 4 tersebut.

Lengkapnya Fitur Bangunan Bagaikan Kapal Sungguhan

Tidak hanya menerapkan bentuknya saja yang mirip dengan kapal, namun pembangunan masjid kapal ini juga memanfaatkan berbagai fitur layaknya kapal sungguhan pada bangunan tersebut. Dibangun di atas tanah seluas 7.200 meter persegi, maka bagian dalam kapal juga menerapkan berbagai fitur penting layaknya kapal sungguhan seperti haluan dan juga buritan. Sungguh kreatif dan unik.

Terdiri Atas 74 Buah Jendela

Jendela sudah tentu menjadi elemen penting dalam pondasi ruangan, karena kehadirannya mampu memberikan suasana lebih terang, melancarkan sirkulasi udara di dalam ruangan, serta menambah nilai eksterior dari bangunan itu sendiri.

Keunikan lainnya yang ditawarkan oleh masjid kapal tersebut adalah banyaknya jumlah jendela yang terpasang di bagian bodi kapal yaitu berjumlah 74 jendela. Jendela yang dibuatnya pun berbentuk bulat sempurna persis seperti jendela yang ada di bodi kapal sungguhan. Sensasi menaiki kapal semakin menjadi ketika Anda memasuki masjid kapal ini.

Banyaknya Satwa yang Masih Berkeliaran di Sekeliling Masjid

Tidak hanya menawarkan keasrian dan kehijauan alam di sekeliling kapalnya saja, sesuai dengan inspirasi dari cerita nabi Nuh yang telah menyelamatkan banyak makhluk hidup termasuk para binatang, maka para pengurus masjid kapal membiarkan para satwa berkeliaran di sekitar masjid, contohnya adalah kambing.

Hal ini semakin menambah pesan mendalam yang dapat kita ambil bahwa semua makhluk hidup layak untuk hidup secara damai dan tentram tanpa adanya gangguan dari manusia. Sehingga membantu dan menyelamatkan sesama makhluk hidup adalah nilai keberkahan tersendiri dan wajib bagi kita manusia yang beriman.

Banyaknya Para Wisatawan yang Berkunjung Menjadi Nilai Tambah Pariwisata Tersendiri

Keberadaan masjid kapal sudah tentu menjadi trending topik hangat banyak netizen di media sosial. Setiap mereka yang telah mengunjungi masjid kapal tersebut maka akan merasa puas dan takjub akan keindahannya serta secara tidak langsung mengajak para netizen lain untuk mengunjungi masjid kapal tersebut.

Tentu hal ini menjadi nilai keberkahan tersendiri bagi para warga yang tinggal di sekitar masjid kapal. Dimulai dari meningkatnya harga tanah, banyaknya persewaan tempat tinggal, serta beberapa layanan penting yang ditawarkan oleh warga sekitar.

Nah itulah 8 fakta unik dari bangunan masjid kapal di Semarang yang harus Anda ketahui. Apabila Anda berencana untuk mengunjunginya, maka lebih baik Anda tinjau lapangan terlebih dahulu melalui web agar Anda tidak salah tujuan nantinya. Terakhir pastikan dengan tetap tertib dan menjaga kebersihan bangunan adalah kewajiban yang harus Anda terapkan.