FokTips

Inilah Cara Diet Sesuai Golongan Darah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tubuh yang ideal adalah dambaan apalagi tubuh ideal identik dengan tubuh sehat. Manfaat dari tubuh yang ideal tidak hanya untuk kesehatan saja, namun juga mampu meningkatkan penunjang penampilan Anda. Apabila selama ini Anda memiliki bobot tubuh berlebih maka dengan melakukan proses diet maka tubuh Anda akan kembali normal dan pastinya menjadi lebih percaya diri.

Diet memang menjadi kunci utama kesuksesan mencapai bentuk tubuh yang ideal. Diet tidak hanya berlaku bagi wanita saja namun juga pria. Bahkan apabila anak-anak di bawah umur sudah mengalami obesitas maka langkah berdiet adalah langkah yang aman dan tepat untuk dilakukan.

Tentunya diet tidak dapat dilakukan dengan sembarangan karena perlu memperhatikan asupan menu yang tepat agar diet berhasil dan pastinya tidak menimbulkan efek samping. Banyak kejadian ketika sedang menjalani diet namun usahanya gagal, bobot tubuh tidak turun atau justru tubuh menjadi sakit dan lemas.

Beda golongan darah maka beda juga tipe diet yang harus dijalani. Golongan darah A sudah tentu berbeda dalam menjalani pola dietnya dengan golongan darah B, golongan darah AB dan juga golongan darah O. Berikut empat jenis diet golongan darah berdasarkan tipe darah masing-masing.

Golongan Darah A

  • Hindari seafood

Seafood sudah tentu sangat disukai apalagi rasanya yang lezat ketika diolah menjadi aneka jenis makanan berat. Makanan laut ini banyak digemari masyarakat Indonesia, tidak hanya rasa, namun juga nutrisi yang dikandungnya. Bahkan wajar saja jika sampai Ibu Susi mencanangkan wajib makan ikan laut dalam kehidupan sehari-hari.

Namun bagi Anda yang memiliki golongan darah A dan sedang berdiet untuk hindari konsumsi seafood terlebih dahulu. Mengapa dilarang? Hal ini dikarenakan seafood dapat meningkatkan kolesterol di tubuh Anda yang justru program diet Anda bisa saja gagal.

  • Perbanyak konsumsi karbohidrat

Keunikan dari golongan darah A adalah diperbolehkan mengonsumsi karbohidrat namun yang rendah gula, seperti kentang rebus, jagung rebus, dan juga singkong rebus.

  • Perbanyak memakan sayur dan buah-buahan

Beberapa jenis sayur yang dapat dikonsumsi adalah bayam, wortel, serta buncis. Untuk jenis buah-buahannya adalah kiwi, delima, dan juga kurma. Konsumsi secara rutin dan seimbang maka tubuh ideal dan sehat pun akan Anda dapatkan.

  • Hindari stress

Terakhir bagi golongan darah A ada baiknya untuk hindari dan juga kurangi stress berlebihan karean justru bisa mengganggu aktivitas diet Anda. Stress bisa memicu tubuh untuk merasa cepat lapar dan justru pola makan semakin tidak terkendali.

Golongan Darah B

  • Mengonsumsi daging

Daging yang bisa dikonsumsi adalah daging sapi merah, kambing dan juga domba. Gunakan daging yang banyak mengandung serat serta rendah lemak. Konsumsinya adalah daging diolah dengan cara direbus dengan non minyak dan juga garam.

  • Seimbang antara karbohidrat dan juga sayuran

Menu diet yang tepat bagi golongan darah B adalah seimbangnya antara jumlah asupan karbohidrat dengan sayuran. Karena demi menunjang keberhasilan program diet Anda, maka asupannya pun harus seimbang. Hindari beberapa jenis jagung dan gandum, namun perbanyak jenis sayuran hijau.

  • Melakukan olahraga ringan

Golongan darah B tidak diperkenankan melakukan kegiatan olahraga dengan intensitas berat. Hal ini dapat berdampak pada pengurasan energi serta membuat tubuh cepat lelah. Jadi cukup dengan melakukan olahraga berintensitas ringan seperti mendaki, berjalan, ataupun berlari kecil itu sudah cukup.

Golongan Darah AB

  • Perbanyak makan ikan tuna

Meski bagi golongan darah A mengkonsumsi seafood harus dikurangi, beda halnya dengan golongan darah AB, yang sangat tepat untuk mengkonsumsi ikan tuna. Ikan tuna lengkap dengan vitamin dan nutrisinya jadi sangat baik untuk dikonsumsi.

  • Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe tentu banyak digemari karena rasanya yang lezat dan mudah didapatkan. Olahan dari kacang kedelai yang tinggi akan protein ini sangat cocok untuk diet tipe golongan darah AB.

  • Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan juga sangat baik untuk dikonsumsi golongan darah AB seperti kacang merah, kacang tanah, kacang polong, dan sebagainya. Tingginya kandungan asam folat dan omega pada kacang sangat baik bagi tubuh jadi bisa membantu Anda dalam proses diet.

Golongan Darah O

  • Mengonsumsi makanan dengan protein tinggi

Bagi Anda yang memiliki golongan darah O maka keuntungan dari golongan darah tersebut adalah memiliki sistem imun dan pencernaan lebih baik. Jadi dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi protein itu perlu, seperti ikan, daging, telur, susu, kedelai, dan sebagainya. Konsumsi yang baik adalah dengan jumlah sekadar dan secukupnya.

  • Perbanyak makan sayuran hijau

Sayuran hijau memang baik untuk tubuh selain tinggi akan mineral dan vitamin, sayuran seperti seledri, kembang kol, dan jagung juga nikmat untuk dikonsumsi. Konsumsi secara rutin dan bergantian akan menambah daya keberhasila program diet Anda.

  • Perbanyak memakan buah yang kaya lemak nabati

Beberapa jenis buah yang banyak mengandung lemak baik bagi tubuh adalah alpukat, kelapa, pisang, dan sebagainya. Konsumsi secara rutin justru akan bermanfaat bagi tubuh Anda demi mendapatkan proporsi tubuh yang ideal.

Nah itu beberapa jenis diet sesuai golongan darah. Ada baiknya selama melakukan program diet diimbangi dengan gerakan olahraga secara rutin. Tidak perlu ekstra keras, cukup sebisanya dan telaten karena diet bukan hanya untuk mencapai bobot tubuh normal namun juga demi kesehatan tubuh Anda.