Inilah Perbedaan Hantu dan Jin, Jangan Salah Kaprah

1 0

Inilah perbedaan hantu dan jin, jangan salah kaprah. Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata hantu? Makhluk halus yang menakutkan dengan rambut panjang awut-awutan dan daster putih menjuntai? Bagaimana dengan jin? Apakah yang terlintas adalah sosok besar hitam yang bisa keluar dari lampu ajaib Aladin?

Banyak orang yang mengartikan bahwa jin dan hantu adalah makhluk yang berbeda. Memang, dalam penampakannya mungkin saja berbeda jika kamu bisa melihatnya. Namun, pada dasarnya kedua makhluk ini adalah satu jenis. Ulasan berikut akan menjelaskan mengenai detail jin dan hantu, berikut beberapa perbedaannya. Simak sampai selesai, ya!

Pengertian Jin

Jika dilihat dari artinya, jin merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang berasal dari api. Bangsa jin ini dikaruniai kemampuan untuk tidak dapat terlihat oleh manusia.  Meski begitu, ada sebagian manusia juga yang dianugerahi kemampuan oleh Tuhan sehingga bisa melihat jin. Bahkan, ada golongan jin dan manusia yang bisa saling berinteraksi, biasanya jin ini akan membantu manusia. Meski, biasanya pula tujuan dari membantu tersebut adalah untuk membelokkan manusia jika yang menolongnya merupakan jin kafir.

Sama seperti manusia, jin juga diberi amanah untuk beribadah dan menyembah Tuhan. Karena itulah, sama halnya lagi dengan manusia, mereka ada pula yang taat dan yang ingkar. Jin yang ingkar akan senantiasa menggoda manusia untuk juga melakukan keingkaran. Sedangkan jin yang taat biasanya bertempat tinggal di rumah atau tempat orang-orang taat juga.

Seperti dikisahkan dalam sejarah, dulunya seluruh bangsa jin tunduk pada Nabi Sulaiman dan juga menyembah Allah. Namun, setelah Nabi Sulaiman meninggal seluruh bangsa jin tersebut tercerai berai. Ada yang memutuskan untuk tetap mengimani Tuhannya Nabi Sulaiman, ada juga yang kemudian ingkar. Jin terbiasa tinggal di tempat-tempat yang kotor seperti toilet dan pasar. Mereka juga akan terus menerus beranak pinak tanpa ada yang mati sebelum hari kiamat nanti.

Pengertian Hantu

Perbedaan hantu dan jin sebenarnya tidak terlalu kentara. Hantu hanyalah sebuah kata atau istilah yang artinya makhluk halus atau tak kasat mata. Jika mengerucut pada maksudnya, yang disebut hantu di sini adalah setan.

Setan sendiri sebenarnya merupakan golongan jin. Sama halnya dengan manusia yang terdiri dari berbagai golongan, begitu pula jin. Setan dan iblis juga masih termasuk dalam golongan jin. Setan atau hantu tadi artinya adalah golongan jin yang mempunyai sifat jahat. Sama-sama diciptakan dari api, namun setan memang cenderung jahat dan mengganggu anak Adam.

Tak hanya mengganggu, hantu atau setan ini juga punya misi khusus yakni untuk menyesatkan manusia. Dan cara untuk menyesatkan ini bermacam-macam, salah satunya dengan menampakkan wujudnya menjadi hantu yang selama ini kamu kenal. Sebut saja pocong, kuntilanak, genderuwo, dan sebagainya. Semua itu adalah jin yang termasuk dalam golongan setan, yang kemudian lebih sering disebut hantu atau makhluk halus.

Hantu menampakkan diri bertujuan untuk menakut-nakuti manusia dan menggoyahkan imannya. Namun, ada juga memang manusia yang punya kemampuan untuk melihat hantu seperti yang sudah disebutkan di atas tadi. Hantu juga bisa mendadak muncul di hadapanmu ketika kamu sedang berimajinasi atau dalam keadaan sendirian di ruangan yang gelap. Dengan cara ini, mereka akan berusaha menakut-nakuti dan menyesatkan manusia.

Bagaimana, sekarang sudah paham tentang perbedaan antara jin dan hantu ini, bukan? Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan