Inspirasi 10 Nama Bayi Perempuan Islam Terbaik

1 0
Nama Bayi Perempuan

Memilih nama buah hati memang tidak boleh sembarangan. Nama akan dibawa oleh buah hati hingga mereka dewasa kelak. Di dalam sebuah nama terselip doa yang juga mewakili keinginan orangtua terhadap masa depan buah hatinya. Pemilihan sebuah nama seringkali membutuhkan waktu cukup panjang. Untuk membantu Anda memilih nama baik dengan untaian doa indah, berikut beberapa nama sahabat Rasulullah yang bisa dijadikan pilihan.

Khadijah

Umat muslim pasti tidak asing mendengar nama Khadijah. Ia adalah istri pertama Rasulullah yang mendukung dakwah penyebaran agama Islam. Khadijah sendiri berarti dapat dipercaya dalam bahasa Arab. Dengan nama ini, diharapkan putri Anda kelak tumbuh menjadi perempuan yang dapat dipercaya. Memiliki hati seluas Khadijah yang menginspirasi bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Aisyah

Istri Rasulullah ini juga bisa Anda jadikan inspirasi nama buah hati. Perjuangannya membantu Nabi Muhammad SAW memperjuangkan agama patut diacungi jempol. Aisyah juga berjuang dalam pendidikan, politik serta beasiswa bagi para perempuan. Dalam bahasa Arab, Aisyah memiliki arti perempuan yang hidup dan feminin. Maknanya buah hati Anda mampu menikmati dan menjalani kehidupannya dengan sungguh-sungguh.

Nailah

Perjuangannya seringkali terabaikan oleh catatan sejarah, namun istri Khalifah Utsman bin Affan ini benar-benar menginspirasi. Sosok pemberani yang turun ke medan perang demi menggempur para musuh. Nailah sendiri diberi gelar sebagai Srikandi Islam atas keberaniannya. Nailah memiliki arti kesuksesan yang menandakan doa orangtua kepada kehidupan anaknya yang sukses di dunia maupun akhirat.

Fatimah

Salah satu tokoh perempuan terkenal bernama Fatimah adalah putri ke-4 Rasulullah, yakni Fatimah az-Zahra. Perempuan cerdas yang pintar memecahkan masalah sulit di zaman Nabi Muhammad SAW. Berkat Fatimah, perpecahan diantara kabilah-kabilan di Makkah dapat didamaikan. Fatimah sendiri berarti lembut hati dan pendiam. Diharapkan kelak buah hati tumbuh menjadi perempuan yang memiliki hati lembut serta peduli dengan keadaan orang sekitar.

Nusaibah

Berperang langsung melindungi Rasullah dalam perang Uhud, membuktikan keberanian sahabat perempuan Rasul ini. Nusaibah merelakan dirinya menjadi tameng ketika Rasulullah diserang musuh. Atas perjuangannya tersebut, Nusaibah harus mendapatkan luka akibat tombak, panah serta pedang. Sebagai tokoh perjuangan dalam Islam, nama Nusaibah tentu cocok Anda pilih. Apalagi arti namanya yang sangat indah, yakni obat yang mampu menyembuhkan segala macam penyakit.

Rumaisha

Ibu dari Anas bin Malik ini memiliki perjuangan yang tak kalah mengagumkan. Ia merupakan salah satu perempuan terpandang dalam jajaran sahabat Rasulullah. Beberapa kali Rumaisha turun langsung ke medan perang, membantu para sahabat yang berjuang bersama Rasulullah. Tugasnya menyuplai minuman serta mengobati mereka yang cedera. Di dalam bahasa Arab, Rumaisha berarti seikat bunga. Dirinya akan seharum bunga dengan kecantikan lahiriah.

Khawla

Perempuan tangguh yang mampu membangkitkan semangat perjuangan hanya lewat pidatonya. Sosoknya dikenal sangat berani dan pintar berpuisi di zaman Rasulullah serta lihai memainkan pedang. Dalam suatu peperangan, dia bersama perempuan lainnya sempat tertangkap. Namun berkat kemampuan Khawla berpidato, semangat para perempuan tersebut bangkit kembali. Mereka berhasil melakukan perlawanan dan bebas dari musuh. Secara harfiah, Khawla bermakna rusa betina serta pemberani.

Asma’

Terinspirasi dari sosok Asma’ Binti Yazid, sosok perempuan ini mengisahkan kepiawaian berargumentasinya di masa Rasulullah. Asma’ tak segan-segan mempertanyakan haknya kepada siapapun, termasuk ke Rasulullah. Sekitar 80 hadits juga diriwayatkan oleh dirinya. Ia juga sosok wanita tangguh yang pandai berbicara, sehingga mendapat julukan sebagai juru bicara perempuan pada masa tersebut. Dalam bahasa Arab, Asma’ sendiri berarti tinggi atau mulia.

Afra

Di zaman Rasulullah, ada seorang perempuan yang merelakan ketujuh anaknya gugur di medan perang. Dia adalah Afra Binti Ubaid, sahabat Rasulullah yang memiliki hati seluas lautan. Pada perang Badar, keempat anak laki-lakinya meninggal, tetapi ia tak lantas menghalangi ketiga anak lainnya ikut berperang. Nama Afra sendiri berarti pohon maple dalam bahasa Persia dan malam ke-13 serta putih kemewahan di bahasa Arab.

Zainab

Cucu Nabi Muhammad SAW dari putrinya Fatimah ini dikenal sebagai pembela keluarga Rasulullah. Zainab juga berjuang demi menyelamatkan tawanan perang di masa khalifah. Berkat semangat berapi-apinya berpidato di hadapan khalifah, para tawanan bisa dibebaskan. Selain cucu seorang nabi, adapula tokoh terkenal bernama Zainab, yakni Zainab binti Ahmad. Ia sangat cerdas dan mampu menghafal hadist untuk diajarkan kembali di Damaskus. Zainab bermakna perempuan yang bijaksana dan sangat sabar.

Dari 10 nama di atas, mana yang menarik hati Anda? Semua perempuan yang diceritakan dalam kisah Rasulullah layak dijadikan panutan bagi umat muslim. Nama-nama mereka serupa doa yang selalu dibisikkan orangtua kepada anak-anaknya. Dibalik sosok perempuan yang lembut, ternyata menyimpan sejuta perjuangan dan keberanian.