Jalan Kaki yang Banjir Manfaat

1 0

Bila selama ini Anda mengandalkan aerobic, jogging, HIIT, zumba, atau thai boxing untuk berolahraga, maka ada satu alternatif lainnya yang bisa jadi pilihan bila Anda menginginkan olahraga dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi, yaitu Jalan kaki.  Ya, aktifitas yang satu ini memang seringkali bukan jadi pilihan utama, terutama untuk menurunkan berat badan karena dianggap impact-nya tidak terlalu besar.  Eits, tapi siapa bilang jalan kaki tak punya manfaat?  Berikut ini kami akan mebeberkan manfaat jalan kaki yang ternyata dahsyat bagi tubuh kita.

  1. Meningkatkan kebugaran

Jalan kaki memang kegiatan sederhana.  Tapi, punya efek yang bagus sekali bagi tubuh kita.  Dengan rutin berjalan kaki setiap hari, tubuh kita akan lebih bugar dan sehat.  Ditambah lagi daya tahan tubuh pun akan meningkat.  Bagi Anda yang tak terbiasa berolahraga, anda bisa mulai dengan jumlah langkah yang tidak terlalu banyak, agar tubuh bisa beradaptasi.  Mulailah dengan 500 langkah perhari, lalu lanjutkan esoknya dengan 750 langkah, begitu seterusnya.

  1. Menurunkan berat badan

Siapa bilang jalan kaki tak bisa menurunkan berat badan?  Walaupun bukan termasuk ke dalam olahraga cardio, tapi bila jalan kaki dilakukan dengan rutin, berat badan Anda pun bisa turun secara bertahap lho!

  1. Menurunkan resiko diabetes

Berjalan kaki setiap hari dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah Anda.  Sehingga, resiko terkena penyakit diabetes tipe 2 pun dapat berkurang.

  1. Menurunkan tekanan darah

Bila Anda berjalan kaki sebanyak 10 ribu langkah setiap hari, maka hal ini akan sangat baik untuk menurunkan tekanan darah Anda.  Nah, jika Anda tak punya banyak waktu untuk berjalan kaki setiap harinya, sisihkanlah setidaknya 60 menit dalam sehari untuk berjalan kaki.  Tak sulit kan?

  1. Menurunkan kadar stress

Bila Anda sudah mulai penat dengan aktivitas sehari-hari di kantor, cobalah untuk rutin berjalan kaki.  Dengan menikmati pemandangan baru, udara segar, dan menggerakkan badan, pikiran yang kusut pun biasanya akan terurai kembali dan Anda bisa berpikir lebih jernih.  Anda juga bisa ditemani oleh musik kesukaan Anda agar perjalanan lebih menyenangkan.

  1. Memperkuat tulang

Salah satu pengaruh baik olahraga low-impact ini adalah dapat memperkuat tulang, dengan resiko cedera yang minim.  Selain itu, olahraga ini juga aman untuk dilakukan oleh semua orang.

 

  1. Meningkatkan daya kreativitas

Bila Anda sedang sulit berkonsentrasi atau mendapatkan ide-ide dalam pekerjaan Anda, cobalah untuk keluar ruangan dan berjalan-jalan.  Dengan melihat pemandangan baru dan merilekskan pikiran, otak akan berjalan lebih lancar, dan banyak hal di sekitar Anda yang bisa dijadikan sumber ide-ide baru.

  1. Memperbaiki mood

Bila suasana hati Anda sedang buruk, baik itu dikarenakan urusan pekerjaan atau orang-orang di sekeliling Anda, cobalah lampiaskan emosi Anda dengan berjalan kaki.  Biasanya hal ini akan berhasil meredakan amarah atau emosi Anda.  Selain itu, saat tubuh Anda menjadi lelah setelah berjalan kaki cukup jauh, tidur kualitas tidur Anda pun akan meningkat.

  1. Meningkatkan kualitas otak

Melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki dapat membantu menyplai oksigen ke otak, sehingga fungsi kerja otak Anda pun bisa meningkat.  Salah satu efek yang bisa dirasakan adalah meningkatnya memori otak Anda.

Selain poin-poin tadi, masih banyak manfaat jalan kaki yang bisa Anda peroleh.  Bila Anda masih segan untuk melakukan aktivitas ini, cobalah ajak teman atau pasangan Anda untuk berjalan bersama-sama.  Selain tubuh menjadi sehat, kualitas hubungan pun akan meningkat.  Menyenangkan bukan?

Tinggalkan Balasan