FokTips

Jangan Dibuang, 6 Manfaat Teh Basi Bisa Anda Dapatkan dengan Mudah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Teh merupakan minuman yang digemari banyak kalangan dari mulai anak kecil, remaja, orang dewasa sampai orang yang sudah lanjut usia. Teh adalah minuman yang enak diminum dalam keadaan panas atau dingin. Teh biasanya bisa dicampur dengan lemon atau susu dan dapat disajikan dengan berbagai cemilan baik roti maupun gorengan. Teh adalah minuman yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, selain itu teh juga sangat enak digunakan sebagai minuman pelepas dahaga setelah makan makanan berat.

Dibalik berbagai fakta tentang minuman teh yang masih baru, tidak banyak yang tahu tentang 6 manfaat teh basi. Teh basi adalah air teh basi, ampas teh yang tersisa satu hari setelah teh tersebut diseduh. Ampas teh tersebut bisa berbentuk ampas dari bubuk teh, maupun kantong teh yang berisi bubuk teh.

Teh basi ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh baik kecantikan maupun kesehatan bagian tubuh tertentu. Salah satunya adalah teh basi berfungsi sebagai alternatif kesehatan wajah agar tidak menggunakan bahan kimia untuk membuat tampilan lebih cantik namun tidak memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan, selain itu teh basi juga baik untuk menjaga kesehatan rambut agar sehat secara alami. Berikut adalah 6 manfaat teh basi yang perlu diketahui yaitu:

  • Mencerahkan Kulit Wajah Manfaat teh basi yang pertama adalah untuk kecantikan wajah dalam hal membuat wajah lebih cerah dibandingkan dengan sebelumnya. Penyebab wajah kusam adalah adanya sel-sel kulit akibat penggunaan kosmetik dan sinar matahari yang tidak hilang meskipun sudah dicuci dengan sabun muka. Menggunakan ampas teh basi sebagai scrub dengan cara menggosok secara perlahan ke wajah dapat membuat sel-sel mati dalam kulit terangkat kemudian di bilas dengan air teh basi. Apabila sel-sel kulit mati sudah terangkat, maka wajah akan menjadi cerah kembali.
  • Mengencangkan Kulit Wajah Banyak wanita yang menginginkan kulit wajah yang kencang agar selalu terlihat lebih muda dibandingkan dengan sebelumnya meskipun usia yang mereka miliki terus bertambah. Biasanya mereka akan mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk mendapatkan kulit tersebut, namun terdapat cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan masker ampas teh basi dan air teh basi yang bisa anda dapatkan secara murah dan hasil yang baik tanpa efek samping.
  • Mengatasi Mata Panda Mata panda adalah keluhan yang sangat umum dialami wanita terutama bagi mereka yang memiliki kebiasaan susah tidur atau insomnia. Banyak sekali wanita yang mencoba mendapatkan tidur yang cukup agar mata panda yang mereka miliki tidak semakin besar dan menghitam, namun mata panda juga tidak menghilang, sampai akhirnya para wanita biasanya menggunakan make up untuk menutupi mata panda tersebut, bahkan ada yang mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk melakukan perawatan mata panda tersebut.
  • Saat ini para wanita tidak perlu khawatir akan hal itu karena dengan menggunakan teh basi mata panda tersebut akan memudar dengan sendirinya yaitu dengan mengkompreskan kantung teh basi ke mata selama 10 menit dan dilakukan secara teratur.
  • Memperbaiki Penglihatan Saat ini penggunaan gadget dan juga laptop adalah kebutuhan sehari-hari sehingga sangat mungkin jika mata akan berhadapan dengan kedua layar tersebut secara lama atau bahkan berjam-jam tanpa berhenti, namun hal ini akan membuat efek yang buruk bagi mata karena akan membuat mata menjadi lebih kering. Biasanya para pengguna gadget dan laptop harus menggunakan kacamata anti radiasi agar mata tidak menjadi kering dan menyebabkan kerusakan atau keluhan mata lainnya. Namun tidak semua orang mau menggunakan kacamata karena berbagai alasan kenyamanan atau bahkan takut penampilan mereka akan lebih buruk jika menggunakan kacamata. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan teh basi yaitu dengan menempelkan kantong teh pada mata beberapa saat kemudian membilas mata dengan air teh basi. Lakukan cara ini secara teratur agar mata kering dapat hilang.
  • Menghilangkan Ketombe Ketombe adalah masalah yang paling banyak ditemui pada rambut akibat produksi minyak berlebih atau penggunaan produk sampo yang salah serta perawatan rambut yang kurang benar. Ketombe akan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang karena rasa gatal yang ditimbulkan ketombe terutama ketika terkena panas atau kulit kepala sedang berkeringat. Selain penggunaan sampo yang tepat, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan teh basi karena kandungan antioksidan yang ada dalam teh dan juga beberapa zat yang telah terurai karena teh telah basi mampu menghilangkan ketombe yang sangat mengganggu. Cara penggunaannya cukup dengan menggunakan teh basi pada rambut secara teratur untuk menghilangkan ketombe secara teratur.
  • Membuat Rambut Lebih Indah Dan Sehat  Rambut yang Indah dan sehat adalah idaman bagi wanita, karena itu biasanya para wanita melakukan perawatan di salon dan menghabiskan uang yang banyak untuk mendapatkan hasil tersebut, namun kini wanita dapat menggunakan manfaat dari teh basi untuk mendapatkan rambut Indah tersebut. Manfaat teh basi bagi rambut yaitu mampu mencegah kerontokan dengan memperkuat akar rambut dan juga menjadikan rambut lebih berkilau. Cara menggunakannya yaitu dengan mengaplikasikan air teh basi dan ampasnya sebagai masker rambut secara teratur sebanyak 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.