FokTips

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Pinterest LinkedIn Tumblr

Di zaman sekarang ini, flashdisk masih mempunyai peranan yang penting, ya. Dengan benda ini, kamu bisa memindah dan menyimpan banyak data yang ada di PC ataupun ponsel. Memori gadget pun jadi tidak overload karena kamu pindahkan di flashdisk.

Namun, ada satu hal yang kadang membuat panik, yakni file yang tidak sengaja terhapus dari flashdisk. Aduh! Padahal file penting, lho! Tenang, jangan dulu panik apa lagi sampai jungkir balik, karena ternyata ada cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Kamu belum tahu bagaimana caranya? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Gunakanlah Fasilitas Command Prompt

Nah, salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan file yang hilang adalah dengan command prompt. Command prompt sendiri merupakan salah satu perintah bantuan yang bisa kamu akses melalui Windows XP atau Windows 7. Bagaimana caranya mengembalikan file dengan fasilitas ini? Mudah, kok, coba ikuti pelan-pelan, ya.

Pertama, tancapkanlah flashdisk ke komputer atau laptop. Kemudian, klik Start di pojok kiri bawah, lalu ketikkanlah CMD di kolom Search. Klik Enter. Inilah langkah untuk membuka command prompt. Setelah terbuka, maka akan muncullah tampilan C:\windows\system32\cmd.exe. Ketikkan saja perintah CD, lalu klik Enter. Berikutnya, kamu harus mengetikkan alamat drive tempat di mana flashdiskmu berada. Misalnya, flashdisk ada di F, maka ketik saja F. Akan muncul C:\Users>F: – ini setelahnya, dan tekanlah Enter.

Kalau sudah berhasil, maka masukkan perintah berikut ATTRIB(spasi)*.*(spasi)-S(spasi)-H(spasi)-R(spasi)/S(spasi)/D, dan tekan Enter lagi. Coba cek, file-mu yang hilang sudah balik lagi ke flashdisk belum? Kalau belum, cobalah kode ATTRIB(spasi)-R(spasi)-A(spasi)-S(spasi)-H(spasi)*.*(spasi)/S(spasi)/D(spasi)/L dan tekan Enter. Itu dia cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan command prompt. Bagaimana, mudah bukan?

Cobalah Menggunakan Software Recuva

Jika cara di atas belum juga berhasil mengembalikan file pentingmu, maka cobalah cara yang satu ini. Software Recuva merupakan piranti yang akan membantumu mencari file yang terhapus tadi. Software ini pun akan menampilkan hasilnya dengan sangat mendetail.

Cara untuk menggunakan piranti ini juga tidak terlalu susah, kok. Pertama, kamu hanya perlu menancapkan flashdisk ke laptop atau komputer. Kemudian, bukalah software Recuva tadi. Di sana kamu akan ditanya file jenis apa saja yang ingin dicari dan dikembalikan. Kamu tinggal memilih All Files dan klik Next.

Setelah itu, kamu akan dihadapkan pada pilihan File Location. Pilih saja In A Spesific Location, lalu klik Browser, dan pilih USB flashdisk. Klik Next. Di tampilan berikutnya, tinggal centang saja pilihan Enable Deep Scan, dan klik Start. Software ini akan melakukan scanning pada flashdiskmu, tunggulah beberapa saat.

Kalau sudah, maka akan muncul file yang berwarna merah, kuning, atau hijau. Merah adalah file yang tidak bisa dikembalikan, kuning artinya masih bisa dikembalikan tapi rusak, hijau artinya filemu bisa dikembalikan lagi. Untuk mengembalikannya, cukup centang kotak yang ada, lalu klik Recover. Bagaimana, cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk ini mudah, ya.

Nah, itu dia kedua cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan file yang terhapus. Bagaimana, mudah diaplikasikan bukan? Jadi, jangan panik kalau filemu tiba-tiba hilang. Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk ini bisa menolongmu, kok! Selamat mencoba! Semoga bermanfaat!