FokTips

Ketahuilah 5 Pantangan Makan Diet Golongan Darah B

Pinterest LinkedIn Tumblr

Diet sudah tentu menjadi kewajiban untuk dilakukan apabila Anda menginginkan tubuh yang sehat. Diet tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh namun juga bermanfaat bagi kecantikan kulit Anda. Diet identik dengan pengurangan asupan sehari-hari menjadi batas normal demi menurunkan massa badan sesuai dengan kadar normalnya.

Diet tentunya tidak boleh sembarangan dilakukan karena pada dasarnya perlu sekali langkah diet yang tepat dengan menu sesuai. Kita memiliki empat jenis golongan darah yaitu A, B, AB, dan O. Tentunya keempat jenis golongan darah tersebut memiliki syarat diet yang berbeda-beda.

Bagi Anda yang memiliki golongan darah jenis B maka ada beberapa kriteria menu diet yang baik dan juga beberapa jenis makanan yang sangat dipantang untuk Anda konsumsi. Jadi sebelum Anda mulai melakukan diet ada baiknya Anda perhatikan beberapa pantangan makanan diet untuk golongan darah B berikut ini.

Mengkonsumsi Daging Unggas Secara Berlebihan

Unggas yang termasuk ke dalam kelas Aves ini sudah tentu menjadi menu santapan harian dan mudah untuk ditemukan. Beberapa jenis unggas yang biasa dikonsumsi adalah ayam, burung, dan juga bebek.

Namun ada baiknya bagi Anda yang memiliki golongan darah B dan sedang dalam masa diet untuk menghindari konsumsi unggas secara berlebihan. Hal ini dikarenakan ayam dan beberapa jenis unggas lainnya meski rendah lemak namun banyak mengandung senyawa lektin.

Lektin inilah yang apabila masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak justru dapat mengganggu sirkulasi darah Anda. sirkulasi darah yang terganggu maka akan mengakibatkan sistem auto imun atau kekebalan tubuh menurun.

Jadi apabila Anda ingin mengkonsumsi sumber daging, maka gantilah unggas dengan daging sapi, kambing, ataupun domba. Usahakan untuk mengkonsumsi daging yang non lemak ataupun gajih sehingga mudah dicerna dan rendah kolesterol di tubuh Anda.

Sejenis Gandum-Ganduman

Anda yang memiliki golongan darah B juga sangat dilarang untuk mengkonsumsi gandum dan sejenisnya. Hal ini dilarang karena dapat mengganggu sistem kinerja pankreas Anda. kita pasti sudah tahu bahwa pancreas memiliki peranan yang sangat penting dalam kinerja tubuh baik itu untuk menghasilkan kelenjar begitu juga dalam membantu proses ekskresi.

Pankreas yang terganggu bisa mengakibatkan gangguan pada kinerja ginjal Anda. Pankreas akan gagal memproduksi hormone insulin. Insulin sendiri sangat berperan dalam proses menurunkan kadar gula darah. Apabila hal ini terjadi maka kadar gula darah tidak dapat turun dan justru ginjal pun bisa terganggu.

Jagung dan Sejenisnya

Jagung juga dilarang untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet terkhusus bergolongan darah B. Jagung hampir sama dengan gandum, apabila dikonsumsi akan menyebabkan terjadinya resistensi insulin.

Dampak lainnya adalah proses metabolisme tubuh akan berjalan sangat lambat. Begitu juga dengan terjadinya kelebihan cairan dan akhirnya menumpuk. Dampak dari semua ini adalah akan mengakibatkan tubuh Anda mudah lelah dan tidak berenergi.

Buah-buahan

Beberapa jenis buah-buahan sangat dilarang untuk Anda konsumsi. Beberapa jenis buah tersebut adalah alpukat, kesemek, belimbing, kelapa, melon, delima, dan juga pir. Alasan mengapa Anda dilarang mengkonsumsinya adalah semua buah tersebut dapat mengganggu sistem pencernaan Anda.

Kinerja sistem pencernaan Anda akan menjadi lebih berat, begitu juga dengan beberapa gejala lain yang ditunjukkan seperti munculnya rasa mual, perut terasa begah, asam lambung naik, sembelit, rasa tidak nyaman di perut, susah mencerna makanan, dan sebagainya. Jadi ada baiknya Anda menghindari jenis buah-buahan tersebut ya.

Es Krim dan Keju Biru

Susu sudah tentu sangat disukai oleh banyak orang, tidak hanya anak-anak, namun orang dewasa pun sangat menggemarinya. Susu memiliki rasa yang enak dan juga segar. Beberapa olahan makanan dibuat dari susu seperti es krim, yoghurt, dan keju.

Namun bagi Anda yang bergolongan darah B ada baiknya untuk menghindari jenis es krim dan juga keju. Mengapa hal ini sangat dilarang? Semua dikarenakan produk es krim dan juga keju terutama sejenis keju biru mendapatkan tambahan bahan pada pembuatannya.

Susu alami sebenarnya baik untuk tubuh karena mengandung sejumlah nutrisi dan gula alami jadi baik untuk tubuh. Namun pada es krim dan keju biru umumnya mendapatkan tambahan gula buatan atau sintesis sehingga rasanya pun akan berubah menjadi lebih manis. Hal inilah yang sangat membahayakan bagi tubuh, bukannya diet yang didapat justru tubuh melonjak naik massanya.

Itulah 5 jenis makanan yang sangat dipantang untuk Anda dengan golongan darah B. Apabila Anda sedang melakukan program diet untuk pertama kalinya, maka ada baiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter ataupun ahli gizi mengenai menu yang sehat dan baik untuk dikonsumsi selama program diet. Diet yang sehat adalah diet dengan memperhatikan pola dan menu makanannya.