FokTips

Kuku Cantik Tanpa Penyakit

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sebagai wanita, pasti Anda selalu ingin tampil cantik dari ujung kepala sampai ujung kaki.  Kuku bukan pengecualian tentunya.  Kalau dulu yang penting kuku kelihatan bersih dan rapi, tapi sekarang mempunyai kuku-kuku cantik merupakan idaman semua wanita.  Beragam nail art sekarang menjadi mode yang rasanya menggoda hati.  Penting bagi Anda mempunyai kuku yang tak hanya terlihat indah, tapi juga sehat.  Nah, kali ini kami akan memberikan tips bagaimana agar Anda mempunyai kuku cantik tanpa penyakit.  Simak langkah-langkahnya ya!

  1. Menggunting kuku secara rutin

Langkah pertama yang paling penting adalah menggunting kuku Anda secara rutin , minimal seminggu sekali.  Bila Anda ingin sedikit memanjangkan kuku, rapikan saja ujung-ujungnya.  Hal ini penting agar penampilan kuku Anda tetap rapi.

  1. Rajin membersihkan kuku

Bila Anda memiliki peralatan manicure pedicure sendiri, Anda bisa melakukannya tanpa harus pergi ke salon.  Tetapi, Anda juga bisa menggunakan sikat yang berbulu lembut untuk membersihkan bagian dalam dan sela-sela kuku.  Biasanya di sanalah kotoran bisa menumpuk.  Jangan lupa juga sikat permukaan kuku agar terlihat bersih, dan kikir ujung kuku agar tak terasa tajam.

  1. Memerhatikan konsumsi makanan

Ternyata, makanan yang Anda konsumsi bisa berpengaruh juga lho pada kesehatan kuku Anda.  Bila ingin agar kuku selalu sehat dan tampak cantik, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat bergizi, terutama vitamin B, omega 3, zat besi, magnesium, vitamin c, dan protein.

  1. Menjaga kebersihan peralatan manicure & pedicure

Agar kesehatan kuku selalu terjaga, penting untuk memerhatikan kebersihan peralatan manicure dan pedicure Anda.  Bersihkan setiap kali selesai digunakan, terutama sikat kuku.  Rendam sikat dengan air hangat, lalu bersihkan dengan menggunakan shampoo bayi.  Keringkan, lalu simpan di tempatnya sampai siap digunakan kembali.

  1. Mengoleskan base coat sebelum memakai kuteks

Banyak di antara kita yang sering menggunakan kuteks langsungtanpa mengoleskan base coat terlebih dahulu.  Padahal, manfaat base coat sangat banyak.  Diantaranya dapat melindungi kuku dan membuat kuteks menempel lebih sempurna.

  1. Hilangkan kebiasaan buruk

Anda pasti tahu kan kebiasaan buruk yang bisa merusak keindahan kuku Anda?  Ya, betul sekali.  Menggigit kuku.  Banyak orang dewasa masih sering melakukannya bila sedang merasa cemas atau gugup.  Coba alihkan perhatian Anda dengan menarik napas dalam-dalam saat sedang gelisah.  Selain bisa menurunkan ketegangan, hal ini juga akan menyelamatkan kuku Anda gigitan-gigitan gigi yang sering tak Anda sadari.

  1. Mengoleskan top coat setelah memakai kuteks

Sama halnya dengan base coat, top coat pun tak kalah pentingnya.  Selalu ingat untuk mengoleskan top coat agar warna kuteks Anda lebih cemerlang dan terlihat indah.  Top coat juga bisa membuat kuteks Anda tahan lama dan tidak mudah terkelupas.  Mulai sekarang jangan lupakan top coat ya!

  1. Beri waktu kuku untuk bernapas

Walaupun Anda sangat menyukai kuku cantik dengan sentuhan warna-warni kuteks pilihan, tapi coba berikan jeda 1 atau 2 hari setiap minggunya tanpa menggunakan produk apapun.  Biarkan kuku Anda menikmati saat-saat santai dan beristirahat sejenak tanpa sentuhan produk kimia.

Sama seperti bagian tubuh lainnya, kuku tak boleh lalai Anda perhatikan.  Walaupun tak semenonjol bagian tubuh yang lain, kuku tetap harus dijaga kebersihan dan kesehatannya.  Semoga tips-tips tadi bisa membantu Anda menjaga kuku tetap indah dan sehat ya!

Write A Comment