Beauty

Lebih Cantik dengan 5 Cara Memancungkan Hidung Secara Alami

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi sebagian orang, hidung yang pesek membuat mereka minder dan kurang percaya diri mencari  cara memancungkan hidung. Tak sedikit pula orang mengalami bully karena hidungnya pesek. Rasa kurang percaya diri karena hidung pesek akan mengganggu serta mengurangi keceriaan Anda saat berjumpa dengan teman-teman atau orang-orang yang dicintai. Karena itu, artikel ini akan membahas 5 cara alami yang patut Anda coba untuk memancungkan hidung Anda, agar Anda tampil lebih percaya diri.

  1. Memencet dan Mencubit Secara Ringan Hidung Anda

Cara alami pertama yang perlu Anda coba adalah dengan memencet-mencet atau mencubit secara ringan hidung Anda. Anda tak perlu mencubitnya dengan keras, karena malah akan mencederai dan bahkan bisa mengakibatkan iritasi pada hidung Anda. Karena itu Anda harus hati-hati. Lakukan hal itu secara perlahan-lahan tetapi rutin. Pertama-tama cubitlah atau pencetlah secara perlahan hidung Anda dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk.

Lakukan hal itu secara perlahan-lahan dan kemudian tahanlah selama 5 menit. Jika Anda baru pertama kali mencobanya, sebaiknya lakukan itu selama 3 menit terlebih dahulu, atau lakukan semampu Anda. Selama hidung Anda dipencet, gunakan pernafasan melalui mulut agar pernafasan Anda tidak terganggu. Lakukan hal itu setidaknya tiga kali sehari, tetapi rutin untuk dilakukan setiap hari. Dalam sehari sebaiknya jangan sampai terlalu rutin melakukan hal itu, karena bisa membahayakan hidung dan sistem pernafasan Anda.

  1. Mengembangkan Latihan Pernafasan

Cara alami lain yang perlu Anda coba agar hidung Anda nampak semakin mancung adalah dengan mengembangkan latihan pernafasan. Cara bernafas dalam hal ini tentu agak berbeda dengan cara bernafas yang biasa kita lakukan. Latihan cara bernafas di sini seperti yang dilakukan dalam salah satu teknik yoga, yakni ujjayi breathing atau nostril breathing.

Pertama-tama yang perlu Anda lakukan adalah meluangkan waktu sejenak dengan tenang untuk duduk rileks dan santai. Tenangkan pikiran dan jiwa Anda  terlebih dahulu dari aneka tugas dan aktivitas harian. Kemudian, tutup salah satu lubang hidung Anda dengan menggunakan jari jempol, dengan posisi jari tengah dan jari telunjuk masuk ke dalam.

Dalam posisi salah satu lubang hidung tertutup, kemudian tariklah nafas dalam-dalam lalu tahan sebentar selama 4 detik. Selanjutnya Anda jangan membuang dulu nafas tersebut, tetapi gentian tutuplah terlebih dahulu lubang hidung yang satunya dengan posisi yang sama untuk jari tangan.

Setelah lubang yang satunya tertutup lalu buanglah nafas Anda pada lubang yang tadi telah ditutup. Lakukan itu secara berulang-ulang dengan sikap hati dan batin yang tenang dan nafas yang perlahan. Praktek ini bisa Anda lakukan minimal tiga kali sehari. Selain membantu memperlancar sistem pernafasan Anda, cara ini cukup ampuh untuk menjadikan mancung hidung Anda.

  1. Pemijatan Hidung

Praktek pemijatan hidung atau sering disebut dengan istilah nose messaging ini biasa Anda alami jika melakukan perawatan wajah atau facial di salon. Namun untuk alasan yang lebih praktis, cara ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah di rumah dengan bantuan orang-orang rumah. Upaya ini bisa dilakukan secara efektif asalkan cara dalam melakukannya baik dan benar.

Cara memijat hidung yang benar adalah dimulai dari jembatan hidung yang satu garis dengan mata. Lakukan pemijatan itu dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk atau jari tengah. Pijatan harus dilakukan secara perlahan-lahan mulai dari atas yang segaris dengan mata hingga ke bawah hingga ujung pangkal hidung.

Lakukan hal itu secara berulang-ulang 5-10 menit. Dalam sehari Anda bisa mempraktekkan cara ini sebanyak 3 kali, yang penting rutin dilakukan. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial, lotion atau lavender untuk menambah kenyamanan serta relaksasi dalam praktek pemijatan hidung ini. Selain menjadikan hidung Anda menjadi lebih mancung, cara ini juga akan membantu Anda dalam memperlancar peredaran darah, mengurangi sakit kepala, serta memperlancar sistem pernafasan.

  1. Latihan Tersenyum

Jangan salah, latihan tersenyum juga dapat membantu Anda dalam memancungkan hidung Anda. Latihan tersenyum ini dalam praktek yoga seringkali dikenal dengan istilah Smilling Fish Frenzy. Cara latihan tersenyum dalam hal ini bukan seperti tersenyum biasa yang sering Anda lakukan. Ada tahap-tahap yang perlu Anda usahakan. Jika Anda melakukannya secara baik dan benar maka hidung Anda akan menjadi lebih mancung.

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah meletakkan jari telunjuk dan jari tengah kedua tangan Anda pada pipi Anda, tangan kanan untuk pipi kanan dan tangan kiri untuk pipi kiri. Sembari mencoba untuk tersenyum, pipi Anda akan terangkat. Usahakan kedua jari hingga mendekati ke telinga Anda dan posisi gigi agak dikepalkan.

Anda dapat mencobanya selama 5-10 menit, dan ulangilah dengan gerakan yang sama sebanyak 3 kali. Praktek ini dapat Anda lakukan secara rutin 3 kali sehari, dijamin hidung Anda akan mancung secara maksimal dalam beberapa hari atau minggu.

  1. Menyempitkan Hidung

Praktek menyempitkan hidung ini sering dikenal pula dengan istilah nose shortening. Cara ini biasa dilakukan untuk memancungkan hidung yang berukuran besar atau tulang hidung yang mengalami kebengkokan. Cara ini dilakukan dengan menekan ujung hidung ke bawah menggunakan jari telunjuk.

Pada tangan yang satunya, jari telunjuk dan ibu jari bisa digunakan untuk menutup kedua sisi samping hidung. Sebisa mungkin tekan ke bawah hidung Anda dengan jari telunjuk tersebut secara perlahan-lahan. Anda bisa melakukan praktek ini setiap hari secara rutin sebanyak yang Anda inginkan.

Berikut video tutorial untuk memancungkan hidung.

Demikianlah beberapa tips atau cara yang bisa Anda coba untuk semakin memancungkan hidung Anda. Dengan melakukannya secara rutin setiap hari dengan gerakan yang perlahan, dijamin hidung Anda dalam beberapa minggu akan menjadi lebih mancung secara maksimal.