Beauty

Lebih Sehat dengan 8 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut

Pinterest LinkedIn Tumblr

Khasiat buah kemiri yang Anda ketahui mungkin sebatas untuk bahan bumbu dapur atau masakan. Jangan salah, karena terdapat fungsi lain yang dapat diberikan oleh kemiri saat sudah menjadi minyak kemiri untuk rambut Anda. Simak ulasan 8 manfaat minyak kemiri untuk rambut berikut ini.

Membuat Rambut Tampak Lebih Hitam

“Eksotis itu yang berambut hitam.” Istilah ini mungkin hanya terdapat di Indonesia karena mayoritas orang Indonesia memiliki rambut warna hitam. Namun, paparan sinar matahari yang kuat membuat rambut Anda menjadi tidak hitam lagi atau cenderung kemerah – merahan disebabkan pigmen rambut berkurang karena terik matahari. Untuk menjaganya, maka perlu sesuatu yang alami. Jangan langsung mengecat rambut agar hitam kembali. Cat rambut merusak kulit kepala dan rambut Anda.

Lebih baik gunakan minyak kemiri untuk menghitamkan rambut Anda. Dengan mengoleskan minyak kemiri secara menyeluruh pada rambut Anda, Anda akan mendapatkan hasil rambut yang lebih hitam legam. Memang tidak akan bisa menyerupai hitam rambut awal namun paling tidak hitam yang aman untuk kulit kepala dan rambut.

Menebalkan dan Menyuburkan Rambut

Rambut lebat adalah dambaan para pria dan wanita. Karena itu, banyak cara dilakukan untuk menebalkan dan menyuburkan rambut. Anda dapat mencoba memakai minyak kemiri sebagai alternatif alami menebalkan rambut Anda. Anda usapkan minyak kemiri pada rambut dengan teratur setiap pagi hari. Lebih bagus lagi jika sebelum mengaplikasikan minyak kemiri, Anda mencuci rambut Anda dengan shampoo dan diberikan kondisioner baru diusap minyak kemiri. Harus secara konsisten dalam menerapkan prosedur demi prosedurnya untuk hasil yang lebih maksimal.

Menumbuhkan Rambut

Kebotakan telah menjadi momok bagi para wanita dan para pria. Para wanita banyak mengalami kebotakan disebabkan kerontokan rambut ekstrim dari prosedur perawatan rambut seperti pengecatan sedangkan para pria cenderung mendapatkan kebotakan dari efek beraktifitas diluar rumah ataupun penggunaan bahan kimia. Jangan takut menjadi botak, yang perlu dilakukan adalah mencegah kebotakan dan menumbuhkan kembali rambut di tempat tersebut.

Bukan tidak mungkin, semua akan kembali seperti semula asalkan Anda teratur menggunakan minyak kemiri. Oleskan atau usapkan minyak kemiri pada area rambut Anda yang mengalami kebotakan secara rutin setiap hari. Karena memang dari bahan alami maka pemakaian minyak kemiri untuk rambut Anda tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya.

Mengatasi Masalah Kerontokan

Rambut rontok bisa terjadi karena beberapa hal, seperti: kekurangan gizi atau nutrisi yang menyuplai rambut Anda atau karena pengaruh penggunaan bahan kimia. Untuk mengatasinya, Anda dapat menyerahkan pada “ahlinya” mengatasi kerontokkan yaitu minyak kemiri. Kandungan protein dan mineralnya membuat folikel rambut kembali kuat. Yang Anda harus lakukan adalah menggunakan minyak kemiri di atas kulit kepala dari akar hingga ujung rambut. Maka, secara berangsur – angsur, masalah rambut rontok Anda akan teratasi.

Menjaga Kelembaban Rambut

Kemiri merupakan tumbuhan rempah – rempah tropis dengan kandungan asam lemak tak jenuh ganda. Kelebihan asam lemak tak jenuh ganda ini dapat memberikan kelembaban pada rambut Anda setiap saat selama pemakaiannya rutin. Dengan rambut lembab, rambut Anda akan tampak lebih sehat dan tidak kering.

Membuat Rambut Lembut dan Halus

Polusi udara sudah sangat parah saat ini. Hal ini berefek negatif pada rambut Anda, rambut Anda akan kering, kusam dan tidak sehat. Jangan khawatir, Anda dapat mengatasinya dengan memberikan minyak kemiri pada rambut Anda secara rutin setelah rambut Anda bersih. Usapkan merata ke seluruh kulit kepala dan rambut Anda. Rasakan rambut Anda akan terasa lebih lembut, halus dan tidak kusam lagi. Rambut Anda juga akan mudah diatur.

Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Ini sudah menjadi manfaat kemiri dari jaman dahulu yaitu memanjangkan rambut dengan cepat. Banyak orang dahulu yang menggunakan kemiri untuk diproses dan diambil minyaknya untuk diusap ke kepala mereka setiap hari dengan tujuan memanjangkan rambutnya.

Membantu Meluruskan Rambut

Ingin rambut lurus alami? Saatnya Anda mencoba minyak kemiri untuk meluruskan rambut Anda secara alami. Tidak perlu mahal membeli obat rebonding atau menunggu berjam – jam di salon untuk smoothing, cukup oles minyak kemiri pada rambut Anda secara teratur sehabis keramas. Mulailah mengusapnya dari pangkal rambut Anda sampai ujung rambut Anda. Lalu diamkan beberapa saat dan Anda tidak perlu membilasnya dengan air bersih karena minyak kemiri memiliki bau yang wangi khas yang tidak akan mengganggu Anda.

Bahan alami memang lebih baik digunakan untuk merawat rambut Anda. Hasil yang diperoleh tidak menimbulkan efek negatif terhadap organ dalam tubuh Anda meskipun proses yang dibutuhkan lebih lama daripada bahan kimia modern. Jadi, bersabar untuk hasil yang baik sangat diperlukan dalam proses kesehatan rambut Anda.