JalanJalan

Mantapnya Rasa 8 Oleh-Oleh Khas Padang yang Nendang Abis!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ketika Anda pergi berlibur ke kota Padang yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh dari Padang. Anda lebih baik kembali oleh-oleh dari jenis makanan. Karena makanan khas Padang tidak ada di kota lain. Bumbu rahasia yang tertuang untuk makanan dari Padang sangat dinantikan bagi penerima oleh-oleh Anda.

Karak Kaliang

Karak kaliang termasuk camilan khas dari daerah Padang. Camilan ini termasuk kategori kerupuk yang bisa Anda beli di setiap tempat oleh-oleh Padang. Camilan yang asli Padang ini terbuat dari ubi kayu. Bentuk camilan sangat enak dipandang yaitu angka delapan. Bentuk geometris penggugah selera. Kerupuk unik ini memiliki warna kuning yang sangat menarik hati.

Cara pembuatan kerupuk ini sangat sederhana. Ubi kayu dikupas kulitnya, lalu diparut dan dijadikan tepung. Tepung yang sudah matang akan dicampur dengan bumbu penyedap yaitu garam dan bawang putih. Setelah itu dibentuk seperti angka delapan, dikeringkan lalu digoreng. Kerupuk menjadi renyah dan gurih. Harga kerupuk ini cukup murah, hanya 5 ribu rupiah saja tiap kerupuknya.

Rendang Paru

Rendang merupakan masakan asli Padang. Makanan ini dapat kamu pergunakan untuk oleh-oleh. Rendang dari bahan dasar paru sapi ini memang yang paling tersohor di sana. Selain karena bumbu rempah rendangnya yang harum memikat. Daging parunya juga sangat kenyal dan gurih. Jika Anda ke padang bisa beli rendang paru di toko oleh-oleh yang beralamat Jl. Soekarno Hatta 37, Balai Nan Duo, Payakumbuh.

Gelamai Padang

Gelamai termasuk ke dalam kategori camilan berbentuk jenang. Jika Anda perhatikan gelamai sangat mirip dengan dodol. Walaupun serupa tetapi tidak sama. Gelamai dibuat dari bahan dasar berupa tepung beras ketan, gula aren,santan serta kacang tanah. Kacang tanahnya digoreng sangrai terlebih dahulu.Gelamai padang memiliki rasa manis dan gurih di setiap gigitannya. Anda bisa juga membelinya langsung di rumah produksi gelamai. Alamatnya Jl. Latsitarda 114, Payakumbuh.

Bareh Rendang

Walaupun camilan ini memuat kata rendang, tetapi bukanlah rendang. Salah satu jenis makanan khas yang terbuat dari tepung beras. Tepung berasnya sudah mengalami proses goreng sangrai terlebih dahulu. Setelah itu gula dan santan dicampur menjadi satu.

Kerupuk Jangek

Satu lagi makanan yang berjenis kerupuk untuk oleh-oleh untuk kerabat. Kita menyebutnya kerupuk jangek. Kerupuk ini dibuat dengan bahan yang berasal dari kulit sapi serta kulit kerbau. Kulit kedua binatang tersebut dibuat menjadi kerupuk. Lalu digoreng menggunakan minyak kelapa. Kerupuk jangek tersedia dua jenis yakni original dan pedas. Ketika Anda menggigitnya sensasi kriuk gurih,renyah dan pedas bercampur jadi satu. Anda akan dibuat ketagihan, makan satu tidak cukup dan mau tambah. Apalagi jika sebagai teman makan masakan favorit Anda. Dijamin akan kangen dengan kriuk mantapnya.

Rendang Telur Kering

Rendang telur kering merupakan jenis camilan berbentuk keripik. Harga untuk mendapatkan keripik ini berkisar antara 35 ribu rupiah sampai dengan 70 ribu rupiah. Kerupuk ini memang memiliki rasa khas rendang bumbu Padang. Keripik enak tersebut menggunakan bahan berupa telur ayam, tepung terigu, garam, daun salam, daun jeruk, serai dan air. Sedangkan cita rasa dari rendangnya berasal dari bumbu rendang Padang. Nah, Anda bisa bayangkan bukan? bumbu rendang yang pedas dan gurih dituangkan ke dalam keripik telur kering? Sedap dan mantap pasti terasa di lidah.

Rendang Daging Sapi

Walaupun oleh-olehnya rendang sapi, Anda tidak usah khawatir karena beberapa produsen saat ini mengemasnya dengan canggih dan terstandar. Sehingga rendang daging sapi akan mampu bertahan lama. Rendang memang sering diburu oleh mereka penggemar rasa pedas. Selain itu teknik pemasakan untuk rendang daging sapi khusus oleh-oleh ada sedikit perbedaan. Sehingga tidak akan cepat basi. Konsumen tidak akan khawatir lagi untuk membeli rendang asli Padang ini.

Bolu Batik

Jika dilihat dari namanya makanan ini memang bolu. Akan tetapi bolu yang digulung dengan aksen motif batik. Tingkat kesulitan yang tinggi ketika membuat motif batik untuk bolu gulung membuat harga tinggi. Bolu Batik dibandrol dengan harga 60 ribu rupiah per satuannya. Walaupun mahal karena rasa dan bentuk bolu ini sangat unik. Maka peminatnya selalu banyak. Ukuran dari bolu tersebut juga tidak terlalu besar. Soal kemasan, bolu batik dikemas sangat eksklusif untuk menghindari adanya kebocoran udara yang mempengaruhi citarasa bolu. Walaupun dibawa untuk oleh-oleh konsumen tidak akan khawatir.

Jadi Anda tidak usah bingung lagi memilih jenis oleh-oleh khas Padang yang tepat untuk kerabat. Kedelapan jenis oleh-oleh unik dan lezat tersebut banyak peminatnya. Karena citarasa menu dan rempah Padang sangat jelas terasa. Kerabat Anda dijamin akan ketagihan untuk menyantap makanan khas Padang ini kembali.