JalanJalan

Masjid Agung Demak dan sejarah latar belakang museum

Pinterest LinkedIn Tumblr

Wisata Religi? Masjid Agung Demak Bisa Menjadi Pilihan!

Selamat siang traveler! Bagaimana agenda liburan panjang kali ini? Mengingat sedang berada di bulan suci seperti ini, wisata religi pasti menjanjikan keseruan tersendiri. So, apakah traveler semua sudah memiliki rencana destinasi wisata? Jika belum, tenang saja, kali ini kita akan membahas mengenai sebuah destinasi wisata religi dan mengulik sejarah tentangnya. Wisata sembari kilas balik sejarah peradaban Islam di Indonesia.

Nama Masjid Agung Demak pasti sudah tidak asing lagi ditelinga traveler semuanya. Sebuah bangunan tua dan bersejarah yang terletak di daerah Kauman, Demak – Jawa Tengah ini telah memiliki tempat tersendiri di hati para pengunjungnya.

Banyak yang telah jatuh hati pada kunjungan pertama ke tempat ini. Arsitektur bangunan dan suasana masjid seolah mengajak pengunjung untuk kembali pada awal peradaban Islam masuk ke Indonesia. Nuansa Keraton sedikit banyak memancar dari aura masjid. Adem, ayem, tentrem. Seperti itulah kira-kira gambaran Masjid Agung Demak ini.

Berbicara destinasi wisata, apalagi di bulan-bulan seperti ini, rasanya pilihan yang tepat memang, jika memilih tempat ini sebagai salah satu tujuan wisatawan. Namun, jika hanya membicarakan visual masjid ini tanpa tau sejarah luar biasanya pasti tidak akan lengkap. Karena ternyata, masjid ini merupakan masjid tertua di Pulau Jawa, loh. Masjid peninggalan Wali Songo ini memiliki banyak sekali fakta unik yang tersembunyi dibalik kokohnya antar dinding masjid. Beberapa diantaranya adalah :

Siapa yang membangun ?

masjid ini dibangun oleh Raden Patah bersama Wali Songo

Masjid Demak dibangun pada masa pemerintahan siapa?

Masjid Agung Demak dibangun hanya perlu waktu satu malam. Ya, satu malam! Luar biasa, bukan? Konon masjid ini dibangun oleh Raden Patah bersama Wali Songo dalam kurun satu malam. Masjid ini pula merupakan cikal bakal keraton Glagahwangi Bintoro Demak. Di bagian mihrab juga terdapat prasasti berbentuk bulus. Bulus ini memiliki filosofi tersendiri dimana kepala bulus berarti angka 1, kaki-kaki bulus berarti angka 4, badan bulus berarti angka 0, dan ekor bulus berarti angka 1. Jika dicermati, prasasti ini akan membentuk pola 1401.

Kapan Masjid Agung Demak dibangun?

Tahun dibangun masjid ini atau sekitar 1479 masehi.

Apa saja peninggalan?

Atap masjid berupa limas susun 3 yang berarti keimanan dan aqidah umat Muslim (Iman, Islam, Ihsan). Masjid ini juga memadukan gaya arsitektur Hindu, Islam, dan China. Pancang-pancang-nya pun terdiri dari 4 pilar yang mana diyakini bahwa satu dari ke-empat pilar terbuat dari soko tatal (serpihan kayu). Konon katanya, pernah ada binatang bernama orong-orong yang tidak sengaja mati tertimpa tiang dan putus di bagian kepalanya. Lalu oleh Sunan Kalijaga di sambunglahbdengan soko tatal tadi. Bi-idznillah, orongcorong tersebut hidup kembali. Untuk pilar-pilar ini sendiri bagian barat laut di dirikan oleh Sunan Bonang, barat daya oleh Sunan Gunung Djati, tenggara oleh Sunan Ampel, dan timur laut oleh Sunan Kalijaga.

Adapula artefak bangunan masa lampau berukir yang di nyatakan sebagai peninggalan Majapahit. Artefak tersebut di namakan Maksurah. Maksurah kini dipakai oleh imam saat menunggu waktu sholat fardhu. Di samping Maksurah terdapat Dampar Kencana. Konon merupakan hadiah dari Raden Brawijaya V (Raden Kertabumi) ayahanda Raden Patah-untuk putranya Raja Demak I. Hingga saat ini, dampar tersebut masih terawat dan sering dipakai oleh khotib saat berkhutbah.

Dibagian pintu masjid disebut sebagai lawang bledheg. Pintu ini diyakini mampu menangkal petir. Diserambi masjid juga terdapat 8 pilar hadiah dari Prabu Brawijaya V serta sejumlah keramik China di sepanjang dinding masjid. Dibulan puasa seperti ini, kondisi masjid Demak menjadi dua kali lipat lebih ramai oleh pengunjung.

Gambar Mesjid agung demak

Semoga ulasan tentang Masjid Agung Demak kali ini dapat bermanfaat dan menambah referensi liburan traveler semua. Sekian, terima kasih dan salam traveler.