Mengenal Tempat Wisata Kuto Besak Di Palembang

1 0
Benteng Kuto Besak indonesia

Kebanyakan orang tentu akan membutuhkan liburan untuk dapat menenangkan pikiran dan bisa rileks sejenak. Berbagai tempat wisata bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan tempat mana yang ingin Anda jelajahi. Selain kota Yogyakarta dan Solo, ternyata Palembang juga memiliki bangunan keraton yang bernama Benteng Kuot Besak.

Ketika Anda berkunjung kesana maka Anda juga bisa melihat indahnya Sungai Musi. Dengan berkunjung kesana maka Anda bisa menikmati dua tempat wisata sekaligus. Ketika berkunjung ke Palembang Anda akan disuguhkan pemandangan kota yang menarik dan bersejarah.

Disana juga terdapat Jembatan Ampera yang sudah terkenal. Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Palembang maka wajib ke tempat ini. Disana Anda akan mendapatkan sensasi liburan yang berbeda. Pengalaman yang menyenangkan akan membentuk memori yang indah.

Sejarah Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak - Mengenal Tempat Wisata Kuto Besak Di Palembang

Benteng Kuto Besak ini merupakan bangunan keraton dari abad ke 18 yang pada saat itu menjadi pusat Kesultanan kota Palembang. Benteng ini pertama dibangun pada tahun 1780 yang dipimpin oleh Sultan Mahmud Badaruddin 1. Pada saat itu beliau memerintah di tahun 1724-1758. Kemudian pembangunan ini diteruskan oleh para penerusnya.

Benteng ini sudah dibangun sejak dulu dan masih kokoh hingga sekarang. Bahkan jika dihitung umurnya sudah ratusan tahun. Ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang tidak boleh terlupakan. Untuk dapat terus melestarikan lokasi ini pada bagian depannya dibuat sebagai tempat makan dan berkumpul dan pada bagian dalamnya dijadikan sebagai tempat wisata sejarah. Banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah ini karena sangat menarik dan menyediakan berbagai jenis makanan yang enak.

Kondisi Benteng Kuto Besak

kondisi Benteng Kuto Besak - Mengenal Tempat Wisata Kuto Besak Di Palembang

Kawasan pelataran pada bagian depan ditata sedemikian rupa oleh pemerintah kota Palembang yang saat ini dijadikan sebagai alun-alun yang dimanfaatkan untuk para wisatawan atau warga lokal setempat beraktivitas. Selain itu tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan hiburan dimana akan berlatarkan Sungai Musi dan Jembatan Ampera yang terlihat sangat menarik dan mempesona.

Kemeriahan acara yang dibuat pada lokasi ini sudah menjadi pemandangan yang cukup umum, karena setiap wisatawan yang berkunjung ke Palembang akan datang mengunjungi tempat ini. Anda bisa mengambil gambar untuk mengabadikan setiap momen untuk diingat. Dengan begitu maka Anda bisa menambahkan koleksi foto berlibur Anda yang beraneka ragam. Meskipun banyak terdapat wisatawan dan tukang dagang namun lokasi benteng ini masih terawat dan bersih.

Letak Benteng Kuto Besak

Letak Benteng Kuto Besak - Mengenal Tempat Wisata Kuto Besak Di Palembang

Benteng Kuto Besak ini terletak di kota Palembang. Lokasi benteng ini berada tepat di tepi Sungai Musi. Bangunan ini memiliki unsur sejarah yang sangat kental karena umur dari bangunan ini sudah mencapai ratusan tahun. Tak jauh dari lokasi benteng ini juga terdapat Jembatan Ampera yang sudah terkenal sebagai tempat populer di Palembang. Saat malam hari biasanya lokasi Benteng Kuto Besak ini dipenuhi dengan banyak pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai dagangan.

Banyak sekali wisatawan dan penduduk lokasi yang mencari santapan lezat di lokasi ini. Kuliner khas tempat ini adalah pempek. Masih banyak jenis kuliner lain yang tak kalah lezatnya. Di lokasi ini juga terdapat restoran kapal terapung yang menyediakan berbagai makanan. Suasana lebih dramatis dan romantis karena terdapat cahaya lampu dari deretan lampu taman yang terdapat di pinggir sungai. Ini akan menjadi sensasi berbeda bagi Anda untuk menikmati makanan.

Fasilitas Benteng Kuto Besak

Fasilitas Benteng Kuto Besak - Mengenal Tempat Wisata Kuto Besak Di Palembang

Jika ingin berkunjung ke sebuah tempat wisata tentu Anda harus mengetahui apa saja fasilitas yang terdapat di dalamnya. Di lokasi benteng ini pada siang hari merupakan tempat wisata bersejarah. Anda bisa melihat bangunan tua yang masih kokoh hingga sekarang. Disana Anda juga bisa melihat bagaimana bangunan keraton pada zaman dahulu.

Hal ini sangat bagus untuk mengedukasi dan memperkenalkan budaya kepada para wisatawan. Di benteng ini terdapat fasilitas wc bagi Anda yang ingin buang air. Lahan parkir tempat wisata ini juga sangat besar. Pada malam hari pada bagian depan tempat ini akan banyak tukang dagang kuliner. Seringkali tempat ini dijadikan sebagai tempat nongkrong sambil menikmati berbagai sajian kuliner yang lezat.

Itulah pengenalan secara menyeluruh tentang tempat wisata Benteng Kuto Besak yang harus Anda ketahui. Ketika Anda berkunjung ke Palembang maka jangan sampai melewatkan tempat wisata yang satu ini, karena disana Anda bisa mendapatkan sensasi liburan yang berbeda. Bukan hanya kental akan unsur sejarahnya saja, namun tempat ini juga memiliki banyak daya tarik yang perlu di gali.

Anda bisa mengajak keluarga atau teman untuk bisa berkumpul dan menikmati wisata pada siang hari dan menikmati berbagai kuliner pada malam hari. Sungguh pengalaman berlibur yang tidak akan terlupakan.