FokTips

Meskipun Enak, 9 Makanan Ini Tidak Boleh di Makan Setiap Hari Lho!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap orang pasti punya makanan favoritnya masing–masing. Apalagi kalau makanan tersebut harganya murah dan mudah didapat pasti kita ingin menyantap makanan itu setiap hari. Namun ternyata banyak makanan yang berbahaya jika kita konsumsi secara berlebihan. Selain tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, makanan–makanan ini juga dapat​​ merangsang munculnya penyakit–penyakit yang tidak kita inginkan. Ini beberapa jenis makanan yang tidak boleh kita makan setiap hari.

Mie Instan

Mie instan adalah makanan favorit masyarakat Indonesia khususnya para mahasiswa atau pun orang yang berkerja jauh dari rumah. Bahaya seringnya makan mie instan pasti sudah tidak asing lagi di dengar banyak orang. Sudah banyak hasil penelitian yang membuktikan kalau makanan yang satu ini tidak baik untuk di konsumsi dalam jumlah yang banyak. Selain memiliki karbohidrat yang tinggi, mie instan juga terbukti memiliki kadar gizi yang rendah. Dan jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat mengakibatkan penyakit – penyakit yang ​​ yang kronis lho!

Gorengan

Yang namanya orang Indonesia pasti hobi banget​​ ngemil​​ camilan ini. Selain rasanya yang enak dan harganya murah, gorengan ini punya banyak macam jenisnya, sehingga konsumen tidak akan mudah bosan. Namun minyak yang terkandung dalam gorengan ini dapat mengandung lemak jahat yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan obesitas jika kita konsumsi secara berlebih.

Susu dan Es krim

Yup! Untuk Anda yang doyan banget sama makan es krim atau minum susu mulai hari ini sebaiknya makanan – makanan ini dikurangi deh! Meskipun rasanya yang manis dan enak, ternyata makanan favorit ini tidak baik di konsumsi setiap hari. Pasalnya susu mengandung gula yang cukup tinggi. Sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan, akan menambah kadar gula yang berlebihan untuk tubuh sehingga kita dapat beresiko terkena penyakit diabetes.​​

Jeruk

Ternyata ada juga buah yang tidak baik di makan tiap hari oleh kita. Salah satunya adalah buah jeruk. Si orange yang segar ini sudah terbukti mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah vitamin C yang berguna untuk daya tahan tubuh kita. Namun, dibalik segudang manfaatnya, buah yang berasal dari kelurga citrus ini dapat menyebabkan gangguan asam yang berlebih untuk lambung kita jika dikonsumsi berlebihan. Karena itu,​​ Anda yang sudah punya penyakit​​ maag​​ sebaiknya lebih berhati – hati dalam menngkonsumsi buah jeruk ini oke?

Daging Olahan

Daging kornet, ikan tuna kaleng, ikan sarden,​​ nugget​​ dan berbagai produk makanan daging olahan lainnya jadi makanan selanjutnya yang harus Anda hindari mengkonsumsinya tiap hari. Sudah kita ketahui selain mengandung bahan pengawet yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, makanan olahan ini memiliki kandungan gizi yang rendah dibandingkan dengan daging yang​​ segar. Jika makanan kaleng ini di konsumsi dalam jumlah yang banyak dan jangka waktu yang panjang juga dapat menyebabkan penyakit – penyakit yang kronis.

Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan yang biasa di konsumsi orang yang sedang berdiet. Namun ternyata mengkonsumsi kentang tidak bisa mempengaruhi berat badan lho! Kentang memiliki kandungan karbihidrat yang lebih tinggi dari beras. Oleh karea itu tidak baik di jadikan makanan untuk diet.​​

Untuk Anda yang sedang menjalani diet,​​ coba​​ ganti kentang ini dengan singkong yang direbus untuk asupan karbohidrat tubuh. Tentu saja harus dibarengi dengan ​​ makanan bergizi lainnya seperti sayuran dan buah–buahan segar dan pola hidup yang sehat.

Keripik

Saat nonton film, belajar, maupun​​ hang out​​ bareng teman – teman, keripik selalu menjadi salah satu makanan yang favorit buat kita. Apalagi saat ini, di masyarakat sedang marak – maraknya produk keripik pedas yang enak dan murah.​​ 

Tapi ​​ sadarkah Anda, saat kita menyantap snack ini, terkadang kita tidak sadar bahwa kita sudah menghabiskannya dalam jumlah yang banyak? Yup! Keripik adalah makanan yang​​ nagih. Walaupun kita makan dalam jumlah yang cukup banyak bersamaan dengan lemak jahat yang ada dalam keripik ini masuk ke dalam tubuh kita, terkadang kita tidak sadar akan hal tersebut. Hal ini dapat menyebabkan obesitas untuk tubuh kita lho!

Keju

Salah satu makanan olahan susu ini juga tidak baik di makan tiap hari. Meski tidak terlihat dalam fisiknya, keju adalah makanan yang mengandung lemak dan kolesterol yang sangat tinggi. Oleh karena itu, bagi​​ Anda yang suka menyatap keju sebagai bahan makanan campuran atau pun keju dalam bentuk utuh, mulai saat ini sebaiknya dikurangi agar dapat mengurangi resiko penyakit – penyakit kronis seperti​​ stroke​​ dan penyakit jantung.

Roti

Jika Anda sehari–harinya sibuk bekerja atau kuliah dan juga jauh dari keluarga, roti mungkin jadi salah satu alternatif makanan yang sering dipilih. Roti memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dapat dengan mudah menghilangkan rasa lapar. Roti juga makanan yang praktis dan dapat di beli dimana saja. Namun tahukah​​ Anda? Kebanyakan roti di Indonesia bukan berasal dari gandum asli. Sehingga kandungan gula dalam roti sangat tinggi dan dapat merangsang penyakit yang berbahaya jika kita konsumsi berlebihan.

Ternyata, cukup banyak juga ya makanan favorit kita yang tidak baik di santap setiap hari. Mulai saat in, yuk kita jaga pola makan kita dengan menyantap makanan yang sehat dan seimbang. Dan juga menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga teratur dan minum air yang banyak. Seperti kata pepatah, kesehatan itu mahal harganya.

Write A Comment