FokTic

Mitos Telaga Sarangan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamu mau ke telaga sarangan? Itu tuh yang ada di Magetan. Tempat itu juga disebut angker, lho, dan banyak makan korban jiwa. Serem gak, sih? Sebenarnya telaga sarangan termasuk lokasi yang mistis juga, lho. Banyak banget penunggunya disana. Ada juga lho orang yang pernah jadi korban. Mau tahu seperti apa? Yuk disimak ya.

Disini aku akan memberitahu kalian mitos aneh di telaga sarangan yaitu:

telaga sarangan hantu - Mitos Telaga Sarangan

Bisa putus dengan pasangan

Mitos Telaga Sarangan yang pertama itu bisa putus dengan pasangan. Kamu percaya gak, sih, sama mitos yang seperti ini? Kamu harus tahu ada lho, dua sepasang kekasih yang datang ke tempat ini. Lalu akhirnya mereka putus, serem gak, sih? Untuk sepasang kekasih lebih baik kamu jangan, deh, ke tempat ini, bahaya banget untuk hubungan kamu dan pasangan. Tempat ini cocok lho untuk kamu para jomblo alias kamu gak punya pasangan.

Lubang aneh

Kamu pernah tahu gak, sih, ada kejadian aneh di telaga sarangan yaitu misteri lubang aneh. Dulu tuh, ya, ada tuh orang yang mengabadikan misteri lubang aneh ini lewat foto di salah satu website gitu. Kalau menurut website tersebut, lubang aneh itu seperti nyata. Air danau seperti menyerap ke dalam dasar lubang. Sampai saat ini lubang aneh masih menjadi misteri,entah kenapa lubang aneh itu tiba-tiba muncul.

Kabut menyeramkan

Mitos Telaga Sarangan yang ketiga adalah kabut menyeramkan. Terkadang dengan adanya misteri kabut tebal ini warga sempat takut lho kalau kabut menyeramkan ini muncul. Masih menjadi misteri kenapa kabut menyeramkan ini muncul dan bisa menyentuh air, lho. Ada yang bilang datangnya kabut menyeramkan itu gara-gara penunggu telaga serangan sendiri, lho. Ahh, benar gak sih, banyak lho warga yang kaget akan misteri itu. Dulu ada orang yang sempat kecelakaan di tempat ini, denger-denger sih ya akibat dari makhluk halus. Percaya atau tidak makhluk halus memang ada.

Penunggu telaga sarangan

Mitosnya nih, ya, ada lho penunggu telaga sarangan yang pasti serem banget. Kamu pasti kaget deh, kalau tahu penunggunya seperti apa. Dulu nih di telaga sarangan pernah ada lho dua naga raksasa yang menjadi asal usul telaga sarangan. Ceritanya ada seorang suami yang sedang menunggu istrinya. Tetapi sang istri kelamaan mengantar bekal makanan sang suami. Alhasil suami sudah kelaparan tidak sengaja menemukan sebutir telur. Lalu telur itu dibakar oleh sang suami dan dimakan tetapi tidak sampai habis. Sang istri datang kemudian menghabiskan separuh telur itu.

Ritual telaga sarangan

Mitos Telaga Sarangan yang kelima adalah ritual telaga sarangan. Selain banyak kejadian yang aneh di telaga sarangan, ada juga lho ritual di tempat angker ini. Banyak lho masyarakat di sekitar telaga sarangan yang mempercayai ritual ini. Kononnya ritual ini sudah dari zaman dahulu kala. Tradisi ritual ini bisa dilakukan pada bulan Ruwah dalam kalender Jawa, biasanya sih pada hari jumat pon.

Larung tumpeng

Selain ada ritual telaga sarangan ada juga lho proses larung tumpeng. Jadi, proses larung tumpeng adalah memberikan sesajian kepada para makhluk halus atau penunggu di telaga sarangan. Masyarakat percaya kalau ritual ini tidak dilakukan penunggu bisa marah, lho. Dan parahnya lagi ritual ini malah didukung sama pemerintah setempat.

telaga sarangan seram - Mitos Telaga Sarangan

Begitu banyak cerita dan mitos yang beredar di masyarakat Indonesia termasuk mitos Telaga Sarangan. Hal ini semoga dapat menambah wawasan masyarakat serta menjadi sejarah untuk di ceritakan ke anak cucu. Indonesia sendiri terkenal dengan hal mistis.