Hubungan

Pasangan Dipecat dari Pekerjaannya? Jangan Tinggalkan!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap hubungan sudah pasti akan mengalami pasanga surut. Dalam artian tidak melulu harus senang namun adakalanya hubungan juga mengalami surut seperti layaknya roda yang terus berputar.​​ Misalnya mendadak kehilangan pekerjaan, adalah hal yang akan membuat stress dan juga tertekan. Sulit memang untuk menenangkan pasangan jika mengalami demikian,​​ sudah pasti akan dirundung panik, kecewa dan banyak lagi tanda tanya yang sudah pasti akan memenuhi pikiran dan juga sikap.​​ 

Sebagai pasangan yang baik, tentu harus dapat mengontrol emosi dan juga harus pandai mengatur emosi agar tidak ada pertengkaran diantara pasangan. Dan sebaiknya jika pasangan sedang berada di masa sulit, untuk tidak meninggalkan. Berikut ini ada 8 cara yang dapat Anda lakukan ketika pasangan kehilangan pekerjaannya:

Berfikir Positif dan Tetap Temani Pasangan

Kaget dan juga khawatir terhadap masalah keungan sudah pasti akan muncul ketika pasangan kehilangan pekerjaannya. Tetapi, sebagai pasangan yang baik seharusnya Anda juga harus dapat bersikap positif dan harus mengesampingkan kekhawatiran terlebih dahulu. Ketika pasangan Anda berada dalam posisi demikian, jangan tinggalkan ia sendiri.​​

Tetap damping pasangan Anda dan jangan sampai membuat pasangan Anda tidak mempunyai ruang untuk berfikir. Sehingga, Anda harus tau kapan waktu yang tepat untuk menemai dan kapan waktu yang tepat untuk membiarkan pasangan Anda berfikir.

Selalu Tanyakan Apa Yang Bisa Dibantu

Dalam keadaan seperti ini, mungkin Anda akan melihat pasangan tidak berdaya dan juga tidak dapat berbuat apapun.​​ Jadi, sangat dianjurkan bagi Anda untuk menanyakan apa yang bisa​​ dilakukan untuk dapat membantu dalam mengatasi masalah keuangan​​ maupun​​ ​​ dalam hubungan.

Hindari Pengeluaran Yang Tidak Perlu

Jika pasangan Anda kehilangan pekerjaan, ini berarti Anda harus menurunkan jumlah pengeluaran untuk dibelanjakan. Meski awalnya sulit, apalagi jika awalnya sangat gemar menghabiskan uang bersama. Untuk itu, memang perlu dibuat skala prioritas untuk beberapa hal yang meghabiskan banyak uang.

Bebaskan Pasangan Mengeksplor Hal Baru

Ketika pasangan diberhentikan dari pekerjaannya, ini berarti Anda harus membiarkan pasangan Anda mengambil langkah ataupun hal yang baru yang belum pernah dilakukan.​​ Dengan kata lain, bebaskan pasangan Anda untuk mencoba hal yang lain. Bisa dengan melanjutkan pendidikan, memulai bisnis, ataupun mencoba jalan karir yang baru.

Siap Sedia Membantu Mencarikan Pasangan Pekerjaan Baru

Sering ditemui jika seseorang yang menjadi pengangguran akan merasa minder dan juga sering ingin bersembunyi dari dunia luar. Sehingga cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menemukan pekerjaan​​ baru adalah dengan membiarkan teman, keluarga ataupun orang lain mengetahui bahwa pasangan Anda memang sedang mencari pekerjaan baru.​​

Anda juga dapat membantu menanyakan perihal lowongan pekerjaan kepada teman maupun saudara. Sebenarnya, tidak hanya dalam mencari pekerjaan tetatpi untuk semua hal yang memang dibutuhkan oleh pasangan sebaiknya Anda selalu ada apalagi disaat kondisinya baru kehilangan pekerjaannya.

Jaga​​ Komunikasi Agar Hubungan Tetap Berjalan Baik

Ini berlaku jika pasanganmu adalah seseorang yang introvert, lebih menyukai menyimpan masalahnya sendiri, sehingga Anda memang harus aktif untuk berkomunikasi. Bukan mendesak tetapi Anda harus memastikan jika Anda benar-benar mendengarkan apa yang dia rasakan dan juga berikan respon dengan cara yang sehat.​​ Walaupun terjadi perdebatan sesekali namun akan menjadi saling tahu tentang perasaan masing-masing.

Melakukan Sesuatu Yang Spesial​​ untuk Pasangan

Kehilangan pekerjaan tentu akan membuat pasangan Anda merasa down. Dan untuk membangkitkan semangatnya kembali, Anda perlu mencoba melakukan hal yang sederhana namun tetap menghibur. Misalnya saja dengan menghabiskan waktu bersama-sama, atau melakukan hal yang dulu tidak dilakukan karena terlalu sibuk dengan kegiatan masing-masing.

Tetap Menjaga Perasaannya

Jika dalam kondisi kehilangan pekerjaan, akan sangat wajar jika kadar​​ insecure​​ pasangan akan meninggi sehingga orang yang sangat rentan merasakan bahwa dirinya tidak berguna. Sehingga, sebagai pasangan yang baik memang harus pintar dalam menjaga perasaan mereka. Tetapi, bukan berarti Anda harus memanjakan pasangan Anda, tetapi cobalah untuk menyadarkan bawah kehadiran pasangan Anda akan tetap dan selalu berarti. Contoh sederhana yang bisa Anda terapkan adalah berikan pujian dan juga selau ucapkan terimakasih karena sudah membantu menyelesaikan pekerjaan rumah.

Masalah keuangan atau finansial pada sebuah hubungan memang sangat beragam.​​ Yang tadinya ringan dan tidak terduga bisa saja menjadi mendadak berat. Memang bukan perkara mudah tetapi jika dijalani bersama-sama dan juga dengan kepala dingin dan hati yang lapang, semua permasalahan juga akan dapat diselesaikan dengan baik dan tanpa pertengkaran yang sebenarnya tidak begitu penting.​​ Jika dalam sebuah pasangan saling pengertian dan saling memahami tentu akan dapat menghadapi berbagai persoalan hidup dengan mudah.