JalanJalan

Pasti Mantul Jika Mencoba 6 Makanan Khas Cirebon yang Bikin Kenyang

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sepertinya perjalanan tidak akan lengkap bila tidak mencicipi makanan khas atau khusus pada kota yang Anda kunjungi. Kuliner dan makanan khas pada kota Cirebon yang enak  ini sangat wajib kita cicipi karena rasanya yang dapat membuat kita ketagihan dan ingin makan terus. Untuk Anda yang saat ini tengah berlibur di kota Cirebon atau berencana untuk liburan di sana beberapa makanan khas Cirebon ini dapat dijadikan referensi yang dapat Anda nikmati di sana.

Nasi Jamblang

Nasi Jamblang - Pasti Mantul Jika Mencoba 6 Makanan Khas Cirebon yang Bikin Kenyang

Nasi jamblang mempunyai ciri khas unik dibungkus menggunakan daun jati, berbeda dengan nasi liwet yang dibungkus dengan daun pisang. Nasi jamblang ini disuguhkan dengan lauk yang dapat Anda pilih. Di antaranya ikan asin, sate kentang, perkedel, tahu sayur, pepes, ayam goreng. Adapun lauk khusus pada nasi ini yaitu tumis cumi hitam dan paru goreng yang gurih. Makanan ini tentu saja sangat nikmat dan di bandrol dengan harga yang sangat murah.

Empal Gentong

Empal Gentong - Pasti Mantul Jika Mencoba 6 Makanan Khas Cirebon yang Bikin Kenyang

Makanan khas Cirebon yang satu ini sangat enak dan sangat unik pembuatannya. Empal gentong ini dijajakan bersama kuali yang terbuat dari tanah liat sehingga menghasilkan aroma yang berbeda. Makanan ini juga dimasak menggunakan kayu bakar sehingga sangat tradisional. Kuah kuning dari empal gentong ini sangat nikmat dengan isian yang bayak dan istimewa. Babat, usus, limpa, paru dan juga daging sapi yang lembut bisa Anda jadikan pilihan isian. Makanan khas ini sangat murah dan mudah di dapati di kota Cirebon.

Empal Asam

Empal Asam - Pasti Mantul Jika Mencoba 6 Makanan Khas Cirebon yang Bikin Kenyang

Makanan ini berbeda dengan empal gentong sebab keduanya memiliki rasa berbeda dan ciri khas yang berbeda. Empal gentong memiliki rasa yang gurih dan juga segar yang dapat Anda nikmati. Bahan yang digunakan untuk empal asam ini yaitu berbahan dasar belimbing wuluh, namun untuk isian Anda dapat memilihnya seperti babat atau jeroan dan juga daging sapi yang siap mengocok perut Anda dengan rasa yang tak kalah enaknya dari empal gentong.

Sate Kalong

Sate Kalong - Pasti Mantul Jika Mencoba 6 Makanan Khas Cirebon yang Bikin Kenyang

Anda pasti merasa heran dan takut karena nama dari sate ini yaitu sate kalong. Anda tidak perlu takut karena walaupun namanya sate kalong tapi bahan dasarnya bukan dari kalong. Sate dengan bahan dasar daging kerbau yang di potong memanjang membuatnya tampil unik. Rasa dan bentuk dari sate ini membuatnya berbeda dari sate lain yaitu rasa yang manis.

Walaupun memiliki ciri khas rasa yang manis Anda tetap dapat menambahkan sambal khas yang pedas menggoda. Jadi mulai sekarang jangan takut untuk makan sate kalong ya karena rasanya dijamin nagih.

Bubur Ayam Khas Cirebon

Bubur Ayam Khas Cirebon - Pasti Mantul Jika Mencoba 6 Makanan Khas Cirebon yang Bikin Kenyang

Sama seperti kota lainnya, Cirebon juga memiliki bubur ayam sebagai makanan yang nikmat disajikan. Bubur ayam Cirebon ini memiliki ciri khas yang unik karena kuah kaldunya yang kuning dan gurih. Bila pada umumnya bubur ayam diberi taburan bawang goreng dan kerupuk, maka bubur ayam Cirebon ini mempunyai cara yang unik dan khas yaitu adanya potongan cakwe yang menambah daya tarik bubur ayam Cirebon ini.

Bahkan bubur ayam khas Cirebon ini juga memiliki makanan pendamping yang dapat Anda pilih seperti sate usus, sate ampela, sate ati atau sate telur puyuh dan lain-lainnya yang dapat Anda nikmati dengan bubur ayam khas Cirebon ini.

Docang Khas Cirebon

Docang Khas Cirebon - Pasti Mantul Jika Mencoba 6 Makanan Khas Cirebon yang Bikin Kenyang

Makanan khas Cirebon yang satu ini sangat populer atau terkenal. Docang ini juga sangat mirip dengan kupat tahu namun ia memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Siraman kuah yang panas, sambal docang dan juga tempe bungkil atau oncom yang menjadikannya unik dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Tentunya makanan khas Cirebon yang satu ini terdapat isian yang berupa lontong, toge, parutan kelapa, daun singkon serta taburan kerupuk. Docang khas Cirebon ini rasanya memang enak dan sangat menggoda karena cita rasanya yang unik serta ciri khas yang terdapat makanan docang ini yang mampu membuat Anda ingin makan terus. Terlebih harga dari docang ini sangat murah dan mudah di dapatkan di Cirebon.

Sama seperti kota pada umumnya yang identik dengan makanan khas, Kota Cirebon atau kota yang biasa disebut sebagai kota udang itu mempunyai 6 makanan khas Cirebon yang dapat Anda di nikmati ketika mengunjungi kota Cirebon. 6 Makanan khas di atas bisa Anda dapatkan dengan mudah. Rasa, keunikan serta bumbu dan bahan yang digunakan merupakan ciri khas tersendiri dari Cirebon dan yang tentunya harga murah dari

Makanan khas Cirebon ini tidak membuat Anda merogoh kantong dalam-dalam untuk bisa membeli dan menikmatinya bersama keluarga, selain itu banyak sekali pengunjung dari kota lain atau negara lain yang datang ke kota Cirebon itu ketagihan dengan makanan yang disuguhkan. Jadi jangan lupa mencoba ya.