Pelajari 7 Cara Menyembuhkan Masuk Angin Secara Tradisional

Badan lemas, sering menguap, pusing adalah sebagian dari tanda – tanda orang masuk angin. Masuk angin dapat terjadi karena beberapa hal yaitu masuk angin karena kecapekan, belum sarapan atau makan nasi, atau penyebab lain yang menimbulkan rasa tidak enak pada badan Anda. Mungkin beberapa diantara Anda akan membiarkan saja dan masuk angin akan sembuh sendiri. Namun, jika terjadi beberapa kali hal tersebut bisa mengganggu produktivitas Anda sehari – hari. Banyak obat modern yang ditawarkan untuk mengatasi masuk angin dan berakhir dengan kecanduan obat tersebut. Ini yang merugikan Anda dan kesehatan Anda. Maka, Anda perlu alternatif lain yang sama efektifnya mengatasi masuk angin sama seperti obat modern namun lebih aman penggunaannya. Ulasan di bawah ini adalah mengenai solusi Anda mengunakan cara tradisional untuk masuk angin Anda. Berikut 7 cara menyembuhkan masuk angin secara tradisional.

Mengkonsumsi Sup Ayam

Sup ayam yang disajikan hangat- hangat dapat menjadi pilihan awal untuk mengatasi masuk angin Anda. Enak, sehat dan mengenyangkan perut Anda. Mengapa harus sup ayam untuk Anda yang mengalami masuk angin? Hal ini dikarenakan sup ayam mengandung asam amino yang berfungsi menghambat peradangan saluran bronchial Anda. Bahan – bahan pembuatan sup ayam adalah kebanyakan sayuran yang memang menyehatkan tubuh. Selalu mengkonsumsi sup ayam hangat bisa menjadi alternatif awal untuk sekedar membuat hangat badan Anda, lebih baik lagi jika masuk angin yang diderita bisa sembuh.

Minum Teh Jahe

Minum teh hangat saat Anda masuk angin saja sudah lumayan meredakan. Apalagi ditambahkan jahe. Jahe yang memiliki senyawa gingerols berkhasiat menghangatkan tubuh serta sebagai anti inflamasi alami bagi tubuh Anda. Jangan ragu untuk meminum teh jahe hangat sewaktu Anda masuk angin karena tidak akan menimbulkan efek negatif pada tubuh Anda. Tubuh Anda malah akan terasa hangat dan sehat.

Memakan Makanan yang Pedas

Ada yang bilang makanan pedas dapat menyembuhkan orang masuk angin. Hal itu benar adanya. Campuran cabai, bawang putih dan bawang merah efektif memberikan rasa hangat tubuh ketika masuk angin. Campuran rempah di atas merupakan zat anti peradangan yang dapat meredakan semua gejala masuk angin Anda. Namun, Anda yang juga memiliki riwayat sakit maaf perlu berhati – hati karena makanan pedas juga pantangan Anda. Jadi, buatlah makanan pedas sesuai standar yang dapat diterima tubuh Anda.

Mengoleskan Minyak Kayu Putih

Bau menyengat dari minyak kayu putih memang tidak banyak yang menyukainya namun minyak kayu putih dapat membantu Anda meredakan masuk angin. Gejala – gejala yang biasanya dapat diredakan menggunakan minyak kayu putih adalah mual dan pusing. Dengan mengoleskan minyak kayu putih pada tempat yang sakit, Anda akan terasa lebih baik. Beberapa orang ada yang sampai mengoleskan minyak kayu putih pada area bawah hidung untuk mengurangi rasa mual di perut selain mengolesnya pula pada area perut dan dada. Jadi, minyak kayu putih ini patut dicoba untuk mengatasi masuk angin Anda. Masalah aroma, sekarang telah hadir minyak kayu putih dengan berbagai aromaterapi yang wanginya pas buat Anda yang tidak menyukai bau asli minyak kayu putih.

Menambahkan Bawang Putih di Setiap Masakan

Bawang putih mengandung senyawa allicin dan anti mikroba yang berfungsi sebagai penawar masuk angin Anda. Senyawa tersebut sangat efektif dan bekerja seketika menyembuhkan masuk angin Anda. Dan agar terhindar dari masuk angin, sebagai pencegahannya, Anda dapat rutin menambahkan bawang putih pada setiap masakan Anda di rumah. Khasiatnya akan Anda rasakan saat cuaca mulai ekstrim dan beban kerja Anda semakin berat di kantor. Badan Anda akan tetap fit selama mengkonsumsi bawang putih.

Mandi Air Hangat

Masuk angin juga dapat diatasi dengan mandi air hangat. Dengan menghangatkan tubuh, reaksi tubuh akan terasa nyaman dan masuk anginpun akan sembuh. Anda dapat menambahkan garam dan baking soda untuk menghilangkan sakit atau pegal badan. Selain itu mandi air hangat dapat membantu Anda meredakan gejala flu.

Istirahat

Solusi terakhir untuk Anda yang mengalami masuk angin dan selalu berulang adalah istirahat. Masuk angin juga pertanda Anda kurang istirahat atau pola istirahat Anda tidak sempurna. Jangan terlalu menekan tubuh untuk bekerja terlalu keras karena setiap tubuh memiliki batas maksimal untuk melakukan sesuatu termasuk bekerja. Sesekali ambil libur atau cuti mendadak dan bepergian bersama teman atau keluarga hanya untuk menyegarkan otak. Terkadang masuk angin juga berasal dari tingginya tingkat stres yang Anda alami.

Masuk angin lumrah dialami oleh setiap orang. Kebanyaka penyebabnya adalah karena menurunnya kondisi tubuh Anda. Maka dari itu, agar terhindar dari masuk angin Anda harus memperhatikan kesehatan Anda. Jangan takut karena masuk angin tapi jika masuk angin harus segera diobati karena jika terlambat juga berakibat fatal bagi tubuh Anda dan dapat menyebabkan kematian mendadak.