Beauty

Pelembap Untuk Kulit Berminyak

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sebelum membahas lebih jauh mengenai pelembap apa saja yang dapat digunakan untuk kulit berminyak mari kita simak definisi pelembap terlebih dahulu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pelembap adalah zat atau cairan yang digunakan untuk menjadikan (kulit) tetap lembap.

Mengapa pelembap begitu penting digunakan dalam perawatan kulit? Sebagian orang menyadari dan memahami bahwa kulit yang cantik adalah yang lembap. Bukan yang kering. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan kulit yang lembap lebih bercahaya. Sehingga ia akan terlihat lebih muda dan menarik. Beda dengan kulit kering. Kulit yang kering mudah mengeriput dan kehilangan berbagai zat yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. Itulah sebabnya ia terlihat kusam dan tua.

Lalu, pelembap jenis apakah yang cocok digunakan untuk kesehatan dan kecantikan kulit wanita?

Ada dua jenis pelembap yang perlu diketahui oleh kaum wanita sebelum memilih jenis pelembap yang cocok bagi kulitnya. Karena setiap jenis kulit membutuhkan jenis pelembap yang berbeda-beda. Dari seluruh pelembap yang dijual dipasaran, semuanya mengandung pelembap humektans dan pelembap oklusif.

Pelembap humektans adalah pelembap yang bersifat menyerap air dari sekitarnya. Sementara pelembap oklusif adalah pelembap yang bersifat menahan air agar tidak menguap.

Dewasa ini karena makin meningkatnya jumlah wanita yang bekerja di luar rumah, maka banyak sekali di antara mereka yang mengalami kekurangan kelembapan kulit, terutama di bagian wajah. Tanpa mereka sadari banyaknya asap kendaraan, asap rokok, udara AC, panas matahari yang mereka hadapi setiap hari lambat laun mempercepat proses penuaan kulit melalui penurunan kadar kelembapan kulit. Oleh sebab itu lah maka perlu sekali wanita melindungi kelembapan kulitnya dengan jenis pelembap yang cocok dengan jenis kulitnya. Misalnya kulit berminyak harus menggunakan pelembap kulit berminyak.

Jangan takut salah dalam memahami pelembap wajah. Banyak sekali yang malas menggunakan pelembap wajah lantaran merasa pelembap wajah itu membuat kulitnya semakin berminyak. Ketahuilah, kulit yang berminyak pun membutuhkan pelembap.

Berikut ini manfaat pelembap yang dapat digunakan untuk kulit berminyak.

Pertama, pelembap dapat melindungi wajah dari paparan panas matahari terutama sinar ultra violet nya. Sehingga dampak negarif dari ultraviolet sinar matahari seperti iritasi dan kanker dapat dicegah sedini mungkin.

Kedua, penggunaan pelembap yang teratur dapat mengurangi risiko penuaan dini. Tanda-tanda umum penuaan dini yang dialami oleh kulit wajah adalah munculnya bintik-bintik hitam dan garis-garis halus di sekitar mata, pipi, dan area smiling Line.

Ketiga, pelembap dapat membantu Anda melindungi kulit wajah Anda dari resiko alergi terhadap pemakaian make up. Dengan menggunakan pelembap sebelum mengaplikasikan make up utama, kulit akan teehindar dari kontak langsung terhadap berbagai bahan berbahaya yang dikandung oleh make up tersebut.

Nah dari uraian tentang manfaat pelembap di atas maka bagaimanakah cara yang mudah untuk memilih pelembap yang tepat buat kulit berminyak? Pelembap yang tepat yang bisa Anda pilih untuk kulit berminyak adalah yang mengandung zat noncomedogenic. Pelembap ini tidak akan menutup pori-pori kulit secara penuh. Dengan begitu pelembap ini dapat melindungi dan menyeimbangkan kelembapan kulit.

Berbagai merk pelembap untuk kulit berminyak pada umumnya mengandung Aloe Vera, dan bahan pencegah jerawat. Aloe Vera atau lidah buaya dipilih sebagai bahan utama pelembap kulit wajah berminyak karena kemampuannya dalam menutrisi dan melembapkan kulit. Selain itu ia pun dikenal sebagai obat iritasi dan luka bakar yang bisa dioleskan langsung ke kulit yang mengalaminya.

Sementara bahan utama pencegah jerawat yang digunakan dalam pelembap kulit wajah berminyak adalah lemon. Lemon atau jeruk ini memang sudah lama dikenal sebagai antioksidan alami. Seperti yang diketahui, debu yang menempel pada kulit wajah dapat menimbulkan jerawat. Nah perasan lemon ini mampu mengobati bahkan menghilangkan jerawat tersebut.

 

Write A Comment