JalanJalan

Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mumbai telah lama menjadi kota terpenting di India, bahkan sejak zaman penjajahan Inggris Raya. Selain lekat dengan industri perfilmannya dan kliam sebagai negara yang mampu memproduksi film terbesar di dunia melalui rumah produksi Bollywood, kota terbesar kedua di India ini juga cukup dikenal karena kemiskinan daerah kumuhnya yang sangat kontradiktif dengan kekayaan sejarah yang dimilikinya. Untuk menuju Mumbai, diperlukan sekitar 22 jam dengan kereta dari Ibu Kota New Delhi. Bernama asli Bombay, nama resmi kota berubah menjadi Mumbai ketika partai politik regional Shiv Sena berkuasa di tahun 1995. Shiv Sena melihat Bombay sebagai warisan penjajahan Inggris dan ingin nama kota itu mencerminkan warisan Maratha-nya, hingga kemudian mengganti namanya sebagai penghormatan kepada dewi Mumbadevi menjadi Mumbai.

Mumbai menjadi pusat keuangan, komersial dan hiburan di India. Kota ini juga merupakan salah satu dari sepuluh pusat komersial tingkat atas dunia dalam hal keuangan global. Di kota ini berdiri lembaga-lembaga keuangan penting dan berpengaruh seperti Bank Reserve India, Bursa Saham Bombay, Bursa Saham Nasional India, SEBI dan markas-markas besar dari sejumlah perusahaan India serta perusahaan multinasional. Lembaga nuklir dan saintifik utama India, dan Departemen Energi Atom juga berpusat di kota ini. Potensi kota Mumbai menawarkan standar hidup yang tinggi, yang menarik minat para migran dari seluruh belahan India, dan membuat Mumbai menjadi tempat akulturasi dari beberapa komunitas dan budaya yang ada di India.

Berdasar jumlah populasi dan pusat finansial serta komersial yang ada, Mumbai menjadi salah satu kota terbesar di India India yang menyumbangkan 6,16% dari total GDP. Kota Mumbai juga turut berkontribusi sebesar 40% dari perdagangan luar negeri India, 33% dari pemungutan pajak pemasukan, 10% dari pekerjaan pabrik, 25% dari pengeluaran industrial , 60% dari pemungutan pabean, dan 20% dari pemungutan cukai pusat. Mumbai telah menjadi saksi bisu ledakan ekonomi sejak liberalisasi 1991 bersama dengan kota di belahan India lainnya.

Sebagai kota industri, tentu diharuskan memiliki sarana transportasi yang dapat mendukung segala kebutuhannya. Maka bukan hal yang aneh jika berbagai jenis sistem angkutan umum ada di kota Mumbai. Angkutan umum ini meliputi jalur kereta api subperkotaan Mumbai, Monorel Mumbai, Metro Mumbai, bus-bus Brihanmumbai Electric Supply and Transport (BEST), taksi-taksi meter berwarna hitam dan kuning, bajaj dan feri. Sekitar 88% lalu lintas penumpang dilayani dengan jalur kereta api subperkotaan dan layanan bus BEST. Di kota ini, bajaj hanya diperbolehkan beroperasi di wilayah-wilayah subperkotaan Mumbai, sementara jika ingin memasuki pusat kota maupun berkeliling di seluruh kota, maka taksi menjadi pilihan utama, karena alat transportasi yang satu ini diperbolehkan beroperasi di seluruh Mumbai, dan lebih sering beroperasi di kawasan Mumbai Selatan. Hukum benar-benar mengatur keberadaan taksi dan bajaj di Mumbai. Seperti kewajiban ntuk menggunakas menggunakan bahan bakar berupagas alam terkompresi, dan merupakan bahan bakar yang mudah dipasang , ekonomis, dan mudah didapat.

Sebagai tulang punggung sistem transportasi kota Mumbai, jalur kereta api subperkotaan sangat dikenal dan benar-benar dimanfaatkan oleh para penduduk lokal. Jalur tersebut terdiri dari zona jalur kereta api barat dan jalur kereta api tengah dari jalur kereta api India. Setiap harinya, sistem kereta api subperkotaan Mumbai mampu mengangkut hingga lebih dari 6.3 juta penumpang. Jumlah ini sebenarnya telah melebihi setengah dari kapasitas angkut harian jalur kereta api. Kereta-kereta menjadi makin ramai pada jam-jam sibuk. Dengan rata-rata terdiri sembilan gerbong, kereta-kereta ini mampu mengangkut sebanyak 1,700 penumpang pada jam biasa dan hingga sekitar 4,500 penumpang pada jam-jam sibuk. Jaringan kereta api Mumbai memiliki rute sejauh 319 kilometer. Sebanyak 191 rangkaian set kereta yang terdiri dari komposisi 9 hingga 12 gerbong memberikan sejumlah 2,226 layanan kereta di kota Mumbai. Dalam rangka meringankan kepadatan pada jaringan yang telah ada, pembangunan monorel Mumbai dan Mumbai metro dimulai pada awal Februari 2014. Bulan Juni 2014 menjadi saat pertama kali Jalur Mumbai metro dibuka. Mumbai adalah markas besar dari dua zona dari Jalur Kereta Api Indiayakni Jalur Kereta Api Tengah yang bermarkas di Terminal Chhatrapati Shivaji atau Terminal Victoria, dan Jalur Kereta Api Barat yang bermarkas di Churchgate. Sebagian besar kota-kota di India juga terhubung dengan Mumbai oleh Jalur Kereta Api India. Terminal Chhatrapati Shivaji, menjadi asal dari kereta-kereta jarak jauh berasal dari Dadar, Terminal Lokmanya Tilak, Mumbai Tengah, Terminal Bandra, Andheri dan Borivali.

Selain kereta, Mumbai juga memiliki transportasi bus yang telah mengangkut hingga lebih dari 2.8 juta sampai 5.5 juta penumpang per harinya. Bus-bus umum dioperasikan oleh BEST dan melayani di hampir seluruh wilayah metropolis, seperti wilayah Navi Mumbai, Mira-Bhayandar dan Thane. Sebanyak 4,608 bus yang dioperasikan oleh BEST sudah dilengkapi dengan kamera-kamera CCTV dan siap mengangkut jutaan penumpang setiap harinya di lebih dari 390 rute. Armadanya terdiri dari kursi tunggal, kursi ganda, ruang depan, lantai bawah, ruang khusus orang-orang berkebutuhan khusus, pendingin udara dan bus-bus bertenaga diesel standar Euro III dengan bahan bakar gas alam terkompresi. Bus-bus ini menyediakan transportasi antar-kota yang menghubungkan Mumbai dengan kota-kota lainnya di Maharashtra dan negara-negara bagian sekitar. Transportasi Munisipal Navi Mumbai dan Transportasi Munisipal Thane juga mengoperasikan bus-bus mereka di Mumbai, menghubungkan berbagai titik Navi Mumbai dan Thane dengan bagian-bagian Mumbai lainnya. Masyarakat pada umumnya lebih menyukai bus-bus karena dapat berjalan lebih cepat untuk jarak menengah, sementara untuk perjalanan jarak jauh, maka kereta menjadi pilihan utama karena lebih ekonomis.

Sektor pariwisata memiliki konsennya sendiri. Layanan bus pariwisata yang mengantar ke sejumlah tempat wisata di Mumbai dikenal dengan Mumbai Darshan. Mumbai telah merencanakan Jalur Sistem Angkutan Cepat Bus di seluruh daerah. Mumbai ternyata masih tetap menghadapi masalah kemacetan lalu lintas, meski 88% perjalanan di kota tersebut telah menggunakan angkutan umum. Kota Mumbai ternyata masih dikategorisasikan sebagai salah satu kota dengan sistem transportasi yang paling macet di dunia. Transportasi air juga tak luput dari perhatian pemerintah kota Mumbai. Angkutan umum air di Mumbai terdiri dari kapal feri, kapal bantalan udara dan kapal layar. Pemerintah serta mitra-mitra swasta turut berperan sebagai penyedia layanan tersebut. Kebudayaan yang ada di Mumbai merupakan sebuah kombinasi dari beragam festival etnik, makanan, musik, dan teater tradisional. Kota ini menawarkan gaya hidup cosmopolitan yang beragam dilengkapi dengan berbagai jenis makanan, hiburan, dan kehidupan malam. Semua unsur ini tersedia dalam bentuk dan kelimpahan yang lebih beraneka ragam jika dibandingkan dengan ibukota dunia lainnya. Sejarah Mumbai sebagai pusat perdagangan utama berujung pada keragaman budaya, agama, dan masakan yang terdapat di kota tersebut. Percampuran budaya unik tersebut dikarenakan migrasi orang-orang dari seluruh belahan India sejak zaman penjajahan Inggris.

Mumbai memiliki jumlah gedung pencakar langit terbesar dan jumlah miliarder tertinggi di India. Mumbai yang kerap dilabeli sebagai kota modern dan industrial nan sibuk ini tidak terlalu mendapat perhatian jika dibandingkan dengan New Delhi, Agra, maupun Jaipur dan sekadar menjadi pilihan ke sekian untuk dikunjungi. Padahal faktanya, kota Mumbai memiliki banyak destinasi-destinasi wisata dan beragam atrakasi menarik yang bisa dinikmati. Mulai dari wisata sejarah dan budaya, arsitektur, alam terbuka dan pantai, hingga lokasi hiburan yang modern. Mumbai merupakan pertemuan budaya atau biasa disebut juga sebagai melting spot. Berbagai etnis masyarakat India menjadi sau di Mumbai, sehingga bukan hal yang mengherankan jika jumlah penduduk di Mumbai sangatlah padat. Kota ini merupakan Los Angeles nya India dengan adanya industri perfilman Bollywood yang produksi filmnya menjadi yang tertinggi di dunia bahkan melebihi Hollywood di Amerika Serikat. Berikut adalah

21 destinasi wisata dan atraksi unik yang ada Mumbai.

1. Gerbang India

a Gateway of India - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Gerbang India atau yang dikenal juga dengan nama Gateway of India menjadi landmark kota Mumbai. Monumen setinggi 26 meter yang dibangun pada tahun 1911 dan terletak di perairan Apollo Bunder ini menjadi tanda peringatan kedatangan RajaGeorge kelima beserta Ratu Mary. Posisinya yang menghadap Laut Arab, membuat monumen Gateway of India ini tampak seperti pintu gerbang menuju India. Gateway of India ini sendiri mengalami beberapa perbaikan dan perluasan tempat antara tahun 1914 hingga 1919 dan resmi dibuka pada tanggal 4 Desemeber 1924Bangunan Gerbang India merupakan perpaduan sempurna antara gaya arsitektur Hindu, Islam India, dan Gotik Eropa yang berpadu dalam warna kecoklatan. Berbentuk persegi empat dengan ruang kosong di bagian tengah bangunan, dimana terdapat jalur untuk masuk dan keluar. Di lokasi ini, wisatawan bebas mengunjungi tempat ini sepanjang hari setiap harinya tanpa dipungut biaya sama sekali. Waktu kunjungan yang perlu disisihkan untuk bisa menikmati detail arsitekturnya adalah sekitar 30 menit. Ratusan pengunjung baik lokal atau dari mancanegara berdatangan untuk sekedar berfoto setiap harinya. Dibeberapa kesempatan, tempat ini sering digunakan untuk acara kenegaraan atau perayaan nasional India.

2. Taman Nasional Sanjay Gandhi

Sanjay Gandhi National Park - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Taman nasional ini menawarkan wisata sejarah, alam seperti flora, fauna dan gua, hingga wisata agama. Taman nasional yang beroperasi setiap hari mulai pukul 7.30 hingga 18.30 dan memiliki beberapa koleksi macan tutul liar ini dikunjungi oleh sekitar 2 juta orang setiap tahunnya. Mencakup area seluas 104 kilometer persegi.Taman Nasional Sanjay Gandhi dianggap sebagai taman terbesar di dunia yang terletak di dalam batas kota. Taman hutan lebat ini memiliki ketinggian tegakan pohon mulai dari 30 meter hingga 480 meter. Kanopi-kanopi hijau yang subur menahan banyak polusi udara di Mumbai.Untuk bisa menikmati kunjungan ke taman nasional ini secara maksimal, pengunjung disarankan untuk menyisihkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam. Taman nasional ini dikunjungi lebih dari dua juta turis setahun sebagai salah satu taman paling banyak dikunjungi di Asia. Di area taman nasional juga terdapat Gua Kanheri kuno yang diukir dari batuan tipis berusia 2.400 tahun. Gua ini diyakini pernah menjadi tempat pemujaan Buddha dan tempat-tempat meditasi dan belajar, yang dihias dengan lukisan-lukisan Sang Buddha. Taman Nasional Sanjay Gandhi semakin menarik untuk dikunjungi, ditambah dengan adanya Karvi, sebuah tanaman endemik yang mekar setiap delapan tahun sekali. Tidak ada tiket masuk ke tempat ini, namun beberapa atraksi di taman nasional ini meminta bayaran tersendiri.

3. Gua Elephanta

Elephanta - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Gua Elephanta atau Elephanta Caves terletak di Pulau Elephanta, atau Gharapuri di Pelabuhan Mumbai, 10 kilometer sebelah timur kota Mumbai dan merupakan salah satu situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987. Patung Trimurthi setinggi 6 meter yang menampilkan tiga wajah Dewa menjadi sorotan utama dari gua ini. Meskipun identitas pembangun aslinya masih menjadi bahan perdebatan, sejak abad ke-5 dan ke-8, arsitektur pahatan batu gua telah ada. Gua Elephanta merupakan salah satu gua dari gua-gua yang dipahat dari batu basal padat dan didedikasikan untuk Dewa Siwa. Bangunan yang diperkirakan berusia lebih dari 12 abad ini menyimpan cerita tentang peradaban kebudayaan agama Hindu yang merupakan salah satu agama tertua di dunia. beberapa arkeolog bahkan ikut berpendapat bahwa candi tersebut dibangun di era sebelum Masehi. Hal tersebut didukung dengan beberapa situs sejarah yang terdapat di Goa Elephanta. Dahulunya, candi tersebut digunakan sebagai sarana kegiatan agama umat Hindu yang sekaligus menjadi agama terbesar di India.
Pada awalnya, semua gua dilukis dengan lukisan-lukisan khas Hindu, namun saat ini hanya tersisa bekasnya saja. Gua utama merupakan tempat peribadatan Hindu hingga kekuasaan Portugis mulai pada 1534, setelah itu gua-gua mengalami kerusakan parah. Patung-patung batunya bahkan digunakan untuk latihan sasaran oleh tentara. Gua ini direnovasi pada 1970-an setelah bertahun-tahun diabaikan untuk melestarikan karya seni ini, gua ini dikelola oleh Badan Survei Arkeologi India.

4. Chhatrapati Shivaji Terminus

Chhatrapati Shivaji Terminus - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Selain Gua Elephanta dan Gateway of India, Chhatrapati Shivaji Terminus merupakan destinasi ikonik yang dapat dikunjungi di Mumbai. Chhatrapati Shivaji Terminus atau sering juga disebut dengan Victoria Terminus merupakan stasiun kereta pertama yang ada di India. Bangunan dengan gaya arsitektur Victorian Gothic yang dipadukan dengan tema arsitektur tradisional India karya arsitek asal Inggris Frederick William Stevens ini dibangun pada tahun 1800-an untuk memperingati Yobel emas Ratu Victoria dan merupakan bangunan yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO di tahun 2004, sekaligus masih berfungsi sebagai stasiun kereta api. Dibangun dengan kubah batu, menara, gerbang, dan layout lantai gedung ini memiliki ciri unik khas arsitektur istana India. Pada masa pembangunannya, stasiun ini memerlukan waktu kurang lebih 10 tahun yang dimulai dari tahun 1878 sampai selaesai sempurna dan bisa difungsikan secara utuh. Stasiun ini mampu mengakomodir hingga sekitar 3 juta penumpang setiap harinya, maka tak heran jika Victoria Terminus menjadi salah satu stasiun tersibuk di dunia.Destinasi wisata yang satu ini buka setiap hari dan bisa dikunjungi tanpa membeli tiket. Wisatawan bisa menggunakan kereta untuk menuju tempat ini. Jika ingin merasakan naik kereta dari stasiun ini, jangan coba-coba di jam-jam sibuk, karena dijamin stasiun ini akan penuh sesak dengan orang-orang dari berbagai kota di India untuk pulang menuju rumah masing-masing dari tempatnya bekerja.

5. Museum Dr Bhau Daji Lad

Dr Bhau Daji Lad - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Seakan melengkapi wisata sejarah yang ada di kota Mumbai, Museum Dr Bhau Daji Lad ha hadir dengan menyajikan beragam koleksi sejarah, artefak, dan program edukasinya. Terletak di Byculla Timur, awalnya didirikan sebagai rumah harta seni dekoratif dan industri, dan kemudian diganti namanya untuk menghormati Dr. Bhau Daji Lad. Museum tertua di Mumbai yang dibangun pada tahun 1872 ini bukanya dari pukul 10.00 hingga 18.00, dan tutup di hari Rabu. Jika berencana mengunjungi Museum Dr Bhau Daji Lad ha ini, sebaiknya sisihkan waktu selama 1,5 jam sampai 2 jam agar dapat menikmati koleksinya secara menyeluruh. Cukup dengan membayar 100 Rupe, wisatawan sudah bisa menyaksikan benda-benda koleksi seperti relief arkeologi kuno, peta Mumbai tua, hingga manuskrip kuno, yang tersimpan dalam museum ini.

6. Taj Mahal Palace

Taj Mahal Palace - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Berbeda dengan Taj Mahal yang ada di New Delhi, bangunan yang satu ini bukan lambang cinta dari seorang raja namun merupakan sebuah hotel bintang lima, dengan kisah bersejarah.Taj Mahal Palace merupakan hotel yang dibangun 21 tahun sebelum Gateway of India dan merupakan tempat favorit para maharaja.
Berlokasi sangat dekat dengan Gerbang India yang sama-sama menghadap Laut Arab, bangunan hotel yang cantik ini memiliki 560 kamar dan 44 kamar suites. Ketika pertama kali dibuka pada tahun 1903, hotel ini menjadi hotel pertama di India yang dialiri listrik, kipas angin dari Amerika, lift dari Jerman, Turkish bath, dan kepala pelayan berkebangsaan Inggris.

7. Horniman Circle

Horniman Circle - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Nama Horniman berasal dari seorang editor dari koran Bombay Cronicle yang telah mendukung kemerdekaan India bernama Benjamin Horniman. Di kawasan ini terdapat bangunan bergaya colonial dan taman teduh dengan bangku yang sangat nyaman untuk beristirahat. Dahulunya, tepatnya pada tahun 1842, kawasan ini hanya menjadi tempat pembuangan batok kelapa dan. Kemudian komisioner Polisi, Charles Forjett berpikir untuk mengubah kawasan ini menjadi lahan hijau di tengah bangunan-bangunan yang ada di sekelilingnya. Ternyata idenya tersebut didukung oleh pemerintah kalai itu, Gubernur Lord Elphinstone dan Sir Bartle Frere. Taman ini kemudian direncanakan pada tahun 1869 dan selesai dibangun pada tahun 1872.

8. Colaba Causeway

Colaba Causeway - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Tak ada wisatawan yang tak suka mengunjungi pasar yang ada di suatu negara yang tengah dikunjunginya. Colaba Causeway adalah salah satu tempat keren di Mumbai untuk berbelanja dan berburu oleh-oleh. Tempat ini juga merupakan surga belanja dengan harga yang terjangkau dan surga bagi pemburu kuliner. Dengan atmosfer yang menyerupai pasar tardisional di kota-kota besar, Colaba Causeway dipenuhi jalan-jalan sempit yang sibuk dan toko-toko serta butik-butik milik desainer. Pakaian, sepatu, tas kulit, dan ikat pinggang ditawarkan dengan harga yang sangat murah disini. Terlebih jika pandai melakukan tawar-menawar dengan pedagang yang ada. Tempat ini juga dipenuhi dengan puluhan gedung bergaya kolonial berada, mula dari Museum Galeri Nasional hingga gedung-gedung pemerintahan yang sangat otentik.

9. Pantai Chowpatty

Pantai Chowpatty - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Pantai Chowpatty adalah pantai publik di sepanjang Queen’s Necklace yang berdampingan dengan Marine Drive di daerah Girgaon di pesisir barat Mumbai dan dapat dicapai dengan berkendara singkat dari Gerbang India. Pantai ini menjadi destinasi wisata favorit dan menjadi sangat ramai ketika malam hari. Pada akhir pekan, banyak warga Mumbai berkumpul di sini dalam jumlah besar untuk mengembara, duduk di pasir, dan berpetualang di bibir pantai yang indah. Pantai di Mumbai biasanya dibuka secara gratis untuk umum setiap harinya, sehingga jika datang pada musim liburan kemungkinannya pantai akan sangat ramai karena orang lokal juga senang berkunjung. Ombak yang tidak terlalu kencang juga membuat para penikmat pantai bisa mandi-mandi di pantai ini.

7. Rajabai Clock Tower

Rajabai Clock TowerS - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Rajabai Clock Towe merupakan menara jam setinggi 83 meter yang berada di University of Mumbai. Menara ini didesain oleh Sir George Gilbert Scott, seorang arsitek Inggris, yang mengikuti model Big Ben di London. Pembangunan Rajabai Clock Tower dimulai pada 1 Maret 1869 dan selesai pada bulan November 1878. Sehingga apabila dihitung, maka menara ini sudah berusia lebih dari 1 abad. Bangunan bersejarah ini dibangun dengan total biaya konstruksi sebesar 200.000 rupee. Sebuah nilai yang sangat mahal pada saat itu dimana seluruh biaya pembangunannya dibayar oleh Premchand Roychand.yang merupakan seorang broker pendiri Bombay Stock Exchange. Karena dia adalah donatur utama, permintaanya adalah agar menara ini dinamai dengan nama ibunya yaitu Rajabai. Sayang, saat ini puncak bangunan bergaya Venesia dan Gothic ini dilarang untuk ditapaki. Namun tentunya hal ini tak menyurtukan animo wisatawan untuk berkunjung dan melihat kemegahan menara yang satu ini.

8. Jehangir Art Gallery

Jehangir Art Gallery - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Galeri Seni Jehangir didirikan oleh Sir Cowasji Jehangir atas desakan K. K. Hebbar dan Homi Bhabha. Dan dikelola oleh Komite Manajemen. Seluruh biaya rumah besar ini disumbangkan oleh Cowasji JehangirBangunan ini bergaya klasik dengan budaya sosialis 1970an ini dibangun pada tahun 1952. Bangunan ini berada di kawasan Kala Golda yang merupakan kawasan bangunan-bangunan bersejarah. Jehangir Art Gallery memiliki empat aula pameran beserta toko souvenir dan sebuah kafe bernama Samovar. Galery ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai kisah sejarah di India.

9. Flora Fountain Mumbai

9. Flora Fountain Mumbai - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Didirikan pada 1864, bangunan ini merupakan sebuah tugu yang memiliki corak khas berupa air mancur di bagian tengah yang berbetuk unik. Dibangunnyatugu ini yang bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada Sir Bartle Frere, seorang tokoh sekaligus gubernur di Kota Mumbai di tahun 1864 dimana ia telah berjasa dalam penataan kembali keindahan di kawasan Fort, Mumbai.

10. Afghan Church

10. Afghan Church - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Gereja ini dibangun oleh pemerintahan kolonial Inggris untuk menghormati kematian para pejuang Inggris di Perang Afghan Pertama. Maka gereja ini sering disebut dengan nama Afghan Church. Gereja dengan nama asli Church of St. John the Evangelist ini terbuka bagi umum. Memiliki menara dengan tinggi mencapai 60 meter, desain bernuasa gothic begitu kental terasa ketika memasuki gereja ini.

11. Babulnath Temple

11. Babulnath Temple - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Babulnath Temple atau candi Babulnath berokasi di wilayah Mumbai Selatan, tepatnya di kawasan Malabar Hill. Candi ini dibangun dengan tujuan untuk memberikan penghormatan kepada Dewa Siwa, salah satu dewa agama Hindu. Pada pertengahan abad ke- 18, atau tepatnya pada 1780, candi ini dibangun. Dimana pada masa itu, kebudayaan agama Hindu mengalami perkembangan yang sangat pesat di India hingga mendominasi hampir seluruh lapisan masyarakat di India.

12. Kala Ghoda

12. Kala Ghoda - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Kala Ghoda merupakan distrik seni warisan kolonialisme Inggris di Mumbai. Dari sekian banyak tempat bersejarah di Mumbai yang dikunjungi, kawasan berbentuk bulan sabit ini menjadi salah satu tempat berseni yang menarik untuk dijelajahi. Memiliki bangunan bergaya Neo-Gothic Victoria, Indo Saracenic, Renaissance Revival, dan Edwardian Neo-Klasik, Kala Ghoda menampung galeri seni, museum, hingga ruang budaya.

13. Bhuleshwar Bazaar

13. Bhuleshwar Bazaar - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Bhuleshwar Bazaar menjadi salah satu surga belanja di kota Mumbai yang penuh warna dan hiruk-pikuk. Tempat ini menawarkan pengalaman baru mulai dari paan (daun sirih) membuat paan daun sirih dengan kacang pinang dan jeruk nipis, hingga tawar menawar dengan wanita lokal yang menjual Sari, kain khas India.

14. Lalbaugh Spice Market

14. Lalbaugh Spice Market - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai


Lalbaugh Spice Market merupakan pasara rempah-rempah yang ramai. Lalbaugh di Mumbai menawarkan pemandangan khas seperti para wanita yang sedang menyortir tumpukan cabai, gerobak anggur, sekarung besar kacang mete, dan para pria yang membuat campuran kacang nan lezat. Ada pula toko yang menjual karangan bunga dan produk rumah tangga seperti sabun buatan lokal.

15. Kunjungi Benteng Sewri

Sewri - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Selesai dibangun oleh pemerintah kolonial Inggris pada tahun 1780, Benteng Sewri menjadi salah satu destinasi wisata sejarah sekaigus alam yang ada di Mumbai. Dari dalam benteng ini tersaji pemandangan garis pantai timur Mumbai. Antara November dan Juni, wisatawan dapat menyaksikan lebih dari 20.000 flamingo kecil berduyun-duyun ke arah flat-flat berlantai bakau di dekatnya untuk bertelur.

16. Pantai Juhu

16. Pantai Juhu - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Pantai Juhu menjadi saah satu destinasi wisata alam yang sangat banyak menarik wisatawan. Pantai Juhu berjarak sekitar 1 jam berkendara ke utara dari Chhatrapati Shivaji Terminus. Cara yang paling mudah ke pantai adalah menggunakan bajaj dan taksi. Wisatawan juga dapat menggunakan kereta ke stasiun Vile Parle, yang berjarak dekat dengan taksi dari pantai. Saat senja tiba, pengunjung akan dibuat terpesona dengan menyaksikan matahari perlahan-lahan menghilang dari langit, ketika cakrawala bersinar melawan hamparan luas Laut Arab yang tampak tak berujung dengan warna oranye, kuning, dan merah tua. Pantai ini juga sering digunakan sebagai lokasi pembuatan film Bollywood. Bermain kriket di pasir menjadi salah satu sajian unik di pantai ini. Para turis begitu bersemangat mempraktikkan keterampilan bermain mereka di lokasi yang bahkan bisa dibilang aneh dan tak lazim untuk bermain kriket. Tepat pukul 6.00 pagi setiap harinya, sudah ada beberapa kelompok penggemar kriket yang mengatur latihan mereka. Keliling itu sama sekali tidak menguntungkan.Berbagai aktivitas olahraga mulai dari jogging, berjalan kaki, meditasi, hingga yoga juga menjadi hal yang biasa dilakukan di sini.Pantai Juhu juga menjadi lokasi perayaan Ganesha Chaturthi. Ganesha Chaturthi adalah sebuah festival untuk menghormati kelahiran Tuhan Ganesha. Ganesha Chaturthi dirayakan di seluruh India terutama di negara bagian Maharashtra. Festival ini menampilkan berbagai acara budaya untuk membangkitkan rasa kebersamaan di masyarakat. Perayaan festival yang setiap tahunnya berlangsung selama 10 hari sekitar akhir bulan Agustus atau awal September ini diakhiri dengan perendaman patung Tuhan Ganesha ke dalam air. Masyarakat beramai-ramai membawa patung ke sungai, danau, atau laut, yang disertai dengan nyanyian dari Ganapati Bappa Morya.

17. Marine Drive

17. Marine Drive 300x200 - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Pemandangan luas kota ini begitu hidup dan kuat dilihat dari keindahan Marine Drive, sebuah bulevar sepanjang tiga kilometer di bagian selatan kota Mumbai. Marine Drive adalah teluk alami selebar 3 km yang yang tampak seperti huruf C, dan merupakan bagian dari Laut Arab, menghubungkan Nariman Point ke Babulnath dan Bukit Malabar. Marine Drive adalah salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi baik oleh wisatawan maupun warga lokal karena lokasinya yang berada di pusat kota. Berjalan – jalan di sini tidak hanya terasa nyaman namun juga menyajikan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler dengan angin semilir yang membuat India yang panas terasa lebih sejuk. Sebagai ruang publik, tempat ini buka sepanjang hari dan gratis serta bisa dikunjungi wisatawan sesuka hati.

18. Menonton Bioskop

CINEM - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Berwisata di Mumbai, tak lengkap rasanya jika tidak singgah di salah satu bioskop di kota ini.Menonton sebuah film di bioskop yang menjadi lokasi utama produksi filmnya tentu menjadi sebuah pengalaman unik dan memiliki kesan tersendiri. Sudah barang tentu jika film-film Bollywood sangat menguasai pasar di sini. Sebuah hal yang cukup unik di bioskop kota Mumbai adalah adanya pembagian harga, dimana harga untuk kursi di bawah berbeda dengan kursi penonton yang ada di atas. Kita bisa mendapatkan harga termurah seharga 100 rupee untuk kursi bawah. Harga pun bervariasi tergantung film yang sedang diputar. Patokannya, semakin populer dan semakin awal film diputar, makan semakin mahal pula harganya.

Selain itu, film Bollywood yang terkenal berdurasi sangat panjang, bahkan sampai empat jam, telah memfasilitasi para penontonnya dengan memberikan jeda atau interval setelah film mencapai setengahnya. Hal ini bisa membuat penonton untuk ke toilet atau membeli camilan tanpa harus khawatir ketinggalan cerita. Tetapi, kita akan disuguhkan film Bollywood tanpa subtitle apa pun. Walaupun begitu, penonton film Bollywood akan tetap terhibur tanpa subtitle pun. Penonton film di Mumbai terkenal dengan kehebohannya saat artis yang digemari keluar. Ini adalah pengalaman yang luar biasa.

19. Bollywood Tour

Bollywood Tour - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai


Sebagai pusat dari industri film Bollywood yang setiap tahunnya meproduksi tak kurang dari 100 film, sebuah perusahaan di kota Mumbai membuat sebuah tur Bollywood dimana pesertanya akan diajak berkeliling melihat berbagai lokasi syuting film sampai rumah para bintang Bollywood. Industri perfilman Bollywood tidak kalah dengan Hollywood.
Tak kalah menarik juga sebuah kota film pun dibangun di bagian barat Mumbai. Sehingga kota Mumbai semakin kaya dengan studio film indoor dan outdoor. Dalam tur Bollywood wisatawan dapat mengunjungi studio-studio ini bahkan jika beruntung, dapat bertemu dengn artis Bollywood kesayangan apabila mereka sedang di lokasi syuting. Tur yang salah satunya diselenggarakan oleh Bollywood Tourism ini memiliki beberapa paket tur, diantaranya adalah Private Tour, Self Drive Studio Tours serta tur 3 hari 2 malam. Tempat yang akan dikunjungi saat tur seperti rumah artis Bollywood, studio film, Bollywood Cafe hingga menyaksikan pertunjukan tari setempat.

20. Keunikan Dabbawala

Dabbawala - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Ada sebuah hal dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Mumbai di area Gateway of India dan hotel Taj Mahal, yakni keberadaan Dabbawala. Dabbawala atau sering juga ditulis dabbawalla dan dabbawallah. Dabbawala adalah gabungan dua kata yaitu “dabba” merujuk pada istilah tempat makan terbuat dari aluminium berupa rantang dan “walla” memiliki definisi orang yang mengurusi tempat makan ini. Sehingga Dabbawala bisa dikatakan sebagai orang yang bertugas mengirimkan rantang makan ini setiap harinya. Seorang walla dapat di ketahui dari seragam baju dan celana katun berwarna putih serta topi khas yang dikenakan adalah topi khas yang dahulu suka di pakai oleh Mahatma Gandhi (Gandhi Cap).
Dabbawala bermula ketika India dan Pakistan masih berada di bawah kolonial Inggris puluhan tahun yang lalu. Banyak orang Inggris yang menjadi pejabat pemerintahan atau penguasa di India saat itu lidahnya kurang cocok dengan makanan lokal yang kaya dengan rempah-rempah. Dari sinilah mulai berkembang budaya makan siang dengan masakan yang asli buatan rumah dan dipersiapkan langsung oleh keluarga orang-orang Inggris tersebut. Masalah yang kemudian muncul adalah bagaimana cara mengirimkan makanan tersebut dari rumah menuju kantor atau tempat orang-orang Inggris tersebut bekerja. Maka muncul sebuah ide untuk menyimpan makanan tersebut dalam wadah yang aman dan kuat serta bisa menjaga kesegaran masakan, yakni aluminium. Dipilihlah rantang yang terbuat dari aluminium untuk menyimpan dan menjaga agar makanan tersebut tetap hangat atau segar.

Pasca Inggris melepaskan kekuasaannya dari India, ternyata kebiasaan makan siang yang dibuat dari rumah ini masih terus berlanjut kepada orang-orang India di Mumbai. Perbedaannya adalah orang yang dituju bukan lagi pegawai pemerintahan saja, tapi budaya Dabbawala ini juga meluas kepada anak-anak sekolah. Lebih jauh lagi isi makanan atau masakan bukan lagi buatan orang di rumah, namun bisa juga dipesan dari rumah makan atau restauran. Jangkauan pengiriman ini bisa mencapai hingga 50-70 km. Hingga saat ini, konsep dabbawala ini menjadi bisnis yang melibatkan lebih dari 5.000 pengirim makanan (walla) setiap harinya, dan makanan yang terkirim bisa mencapai sebesar 175.000 hingga 200.000 rantang makanan.
Melihat kebiasaan yang sudah berlangsung lama ini, dengan banyaknya orang yang terlibat dalam bisnis yang satu ini, maka dibentuk sebuah organisasi yang menaungi pekerjaan mereka. Hal yang cukup mencengangkan yang diperoleh dari laman resmi organisasi ini adalah tingkat keterlambatan dan kesalahan dalam mengirim mencapai nol persen atau tidak ada sama sekali. Bagiaman hal ini bisa terjadi? Adalah sebuah hal unik dimana setiap rantang makanan memiliki kode tertentu yang mengarah kepada pemilik atau orang yang dituju. Kode tersebut ditulis menggunakan spidol dan dituliskan pada setiap rantang. Ada kode area, kode nomor kereta tujuan jika tujuannya jauh, kode gedung hingga kode lantai serta ruang orang yang akan dkirimi rantang makanan.
Pembagian menjadi salah satu kunci keberhasilan konsep ini. Ada yang bertugas mengambil makanan dari rumah ke rumah, Ada pula yang menunggu rantang-rantang tersebut dan kemudian dikumpulkan di suatu area untuk kemudian disebar. Stasiun kereta Churchgate yang terletak di utara Mumbai menjadi tempat strategis tempat untuk mengumpulkan rantang makanan ini, karena kantung pemukiman penduduk banyak berada disini. Menjelang makan siang, biasanya di sini sudah berkumpul ratusan walla lainnya yang bertugas mengantar rantang ke berbagai macam penjuru daerah di Mumbai. Jika jaraknya dekat para walla hanya berjalan kaki, menggunakan sepeda atau bajaj, sementara untuk jarak jauh hingga puluhan kilo, mereka menggunakan kereta Suburb Metro.
Berkat adanya manajemen yang baik dalam penerimaan dan pengiriman rantang makanan, tidak lebih dari 10 menit ratusan walla bergerak cepat menerima ribuan rantang dari petugas yang datang dan masing-masing langsung dibawa pergi menggunakan berbagai moda. Untuk menghormati para pekerja dan tradisi ini setiap tahunnya diadakan festival dabbawala dimana ribuan orang berpawai dengan rangkaian acara memamerkan patung rantang makanan dan walla raksasa.
Mungkin menjadi suatu hal yang biasa saja jika hanya dilihat dari sudut pandang “orang yang mengantar makanan”, tetapi jika melihat sejarah yang ada sebelumnya, orang-orang yang terlibat pada bisnis ini, ketepatan waktu hingga tidak pernah ada kesalahan dalam kirim, serta jumlah rantang makanan yang berputar dalam satu hari, benar-benar menjadi hal yang menkajubkan dan mungkin saja satu-satunya di dunia.

21. Perkampungan kumuh Dharavi

Dharavi - Penuh Kejutan, Inilah 21 Destinasi Wisata dan Atraksi Unik di Mumbai

Berwisata tak selamanya harus mengunjungi tempat yang indah. Berkunjung ke area kumuh dan melihat berbagai kegiatan di dalamnya menjadi wisata alternatif yang mampu menjadi agnet tersendiri. Dharavi, pusat industri yang menghasilkan lebih dari US$650 juta per tahun berlokasi di jantung kota Mumbai dan betul-betul merupakan kota di tengah kota,. Dharavi adalah salah satu daerah kumuh dengan populasi terpadat di dunia dengan jumlah penduduk satu juta orang di daerah seluas kurang dari 3 kilometer persegi. Kota ini mencakup 10.000 pabrik berukuran satu kamar yang memiliki spesialisasi, mulai dari produk kulit buatan tangan sampai plastik hasil daur ulang.
Salah satu tempat di Dhavari yang perlu dikunjungi adalah lokasi daur ulang. Logam dan plastik yang berasal dari seluruh dunia didaur ulang di tempat ini, mulai dari proses penyortiran hingga tahap penyelesaian menjadi barang yang utuh kembali. Jika melihat dari atap-atap pabrik yang ada di kota ini, rumah-rumah kumuh dengan jalan sempit bagai labirin yang tidak tersusun secara rapi. Dhavari memiliki sebuah komunitas yang dibangun oleh jasa tour travel di kawasan tersebut. Komunitas ini memberikan pendidikan, mulai dari bahasa Inggris, komputer, hingga soft skill untuk remaja dan warga Dhavari yang tengah beranjak dewasa namun tak pernah tersentuh pendidikan. Meskipun berada di daerah yang jauh dari kesan kota yang asri, fakta ini menunjukkan bahwa Dhavari merupakan salah satu daerah paling bersemangat di Mumbai.
Makanan khas Dhavari adalah Popaddom. Tak hanya menjadi makanan, tapi juga telah menjadi bagian dari kebudayaan warga Dhavari dan India pada umumnya. Di sini para wisatawan juga dapat menyaksikan proses pembuatan Popaddom yang unik, mulai dari pengeringn di bawah terik sinar matahari di atas keranjang kayu yang diletakkan terbalik, hingga mengangkatnya dan menjadi makanan yang lezat.
Sektor kerajinan ternyata cukup berkembang di kota ini. Kumbharwada Pottery Colony contohnya. Tempat menjadi salah satu lokasi yang paling diminati wisatawan saat berada di Dhavari. Para perajin tembikar menciptakan banyak jenis pot yang diekspor ke seluruh dunia di sini. Kumbharwada Pottery Colony telah menjadi salah satu penggerak ekonomi Dhavari yang memungkinkan mereka masih bisa bertahan hidup.
Ketika menjelajahi kota Mumbai, mencoba salah satu dari ribuan pedagang kaki lima dan restoran yang menghiasi di kota ini menjadi sebuah keharusan. Sandwich jalanan Mumbai adalah sandwich yang mudah ditemukan di mana-mana. Dengan irisan mentimun, kentang, bawang, tomat dan bit pada roti panggang, disajikan dengan beragam chutneys pedas seharga 25 atau 30 rupee, sepertinya tak salah untuk mencobanya. Reputasi Mumbai untuk street food sangatlah layak, dan ramah di kantong.
Dengan perkiraan populasi lebih dari 21 juta penduduk, tak salah jika kota Mumbai yang juga merupakan ibu kota negara bagian Maharashtra, dicap sebagai kota terpadat di dunia. Terlebih lagi, Mumbai yang berada di bagian barat India ini merupakan pusat ekonomi dan keuangan India dan pernah menjadi area pusat saat masa pemerintahan kolonial Inggris. Berwisata di Mumbai tak pernah menjadi hal yang menyeramkan. Mumbai punya ruang untuk pejalan kaki yang luas, banyak bangunan dan pepohonan yang cukup rindang. Ditambah lagi dengan begitu banyaknya pilihan transportasi yang harganya cukup terjangkau untuk sekadar berkeliling hingga membawa wisatawan berkunjung ke berbagai lokasi wisata yang ada

Write A Comment