FokTips

Penuhi Nutrisi dengan 11 Makanan untuk Ibu Hamil yang Sehat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pada orang yang sedang hamil harus selalu berhati-hati dalam memakan apa-pun karena dapat memiliki dampak dan pengaruh kepada bayi yang sedang dikandungnya. Ibu hamil juga sangat diharuskan memakan- makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk si calon buah hati agar terlahir dengan sehat dan kuat. Berikut ini akan dijabarkan 12 makanan untuk ibu hamil yang sehat.

Ubi

Makanan pertama yaitu ubi. Ubi merupakan makanan penuh serat sangat bergizi dan baik di konsumsi untuk ibu yang sedang hamil. Selain itu ubi juga mengandung vitamin C, betakaroten, vitamin B6, potasium serta zat besi yang sangat penting untuk calon buah hati. Karena vitamin dan nutrisi ini dapat diserap dengan calon bayi.

Manfaat yang terkandung dalam ubi ini dipercayai memiliki khasiat yang bagus untuk ibu hamil karena terdapat banyak serat yang terkandung. Pada ubi juga terdapat vitamin B6, potasium, dan juga vitamin c serta zat besi dan beta-karoten yang baik untuk Anda calon ibu yang tengah mengandung. Karena bagus untuk perkembangan mata, tulang dan juga kulit pada bayi yang saat ini dalam kandungan Anda.

Kacang-kacangan

Siapa yang tak suka dengan kacang-kacangan? Makanan yang biasanya dijadikan camilan saat sedang bersantai bersama keluarga ini ternyata baik untuk Anda yang tengah hamil. Jika anda sedang hamil, sangat disarankan untu mengonsumsi kacang-kacangan.

Pada kacang terdalat serat yang baik untuk pencernaan. Jadi sangat baik untuk ibu hamil karena biasanya ketika Anda sedang hamil Anda akan merasa sulit buang Air dan ini bisa dijadikan solusi terbaik.

Gandum atau nasi merah

Untuk Anda yang suka dengan gandum atau suka mengonsumsi nasi merah cocok sekali di konsumsi saat hamil, karena terdapat karbohidrat dan juga vitamin E yang bagus untuk ibu hamil. Selain itu kandungan selenium yang terdapat pada gandum juga dapat membantu pertumbuhan janin di dalam kandungan Anda.

Telur

Makanan yang satu ini pasti disukai oleh semua orang, bagaimana tidak? Makanan ini cukup familiar di kalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga lansia. Telur mengandung protein yang banyak, jika Anda sedang hamil sebaik nya anda mengonsumsi telur saat trimester kedua dan ketiga, karena selain mengandung protein telur juga mengandung zat kolin yang sangat baik untuk membantu mengurangi resiko bayi cacat tabung saraf pada bayi.

Brokoli

Jenis sayuran yang satu ini memang jarang sekali di sukai atau digemari oleh banyak orang. Naun siapa sagka bahwa kandungan dan nurtisi yang baik pada sayuran ini sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Brokoli mengandung zat besi, kalsium, asam folat dan kalsium yang sangat baik untuk kandungan Anda, serta dapat menambah sistem kekebalan pada janin dan mampu menambah asupan nutrisi yang baik pada zanin. Kandungan zat besi yang terdapat pada brokoli sangat bermanfaat, misalnya, mencegah sembelit, menguatkan tulang, dan sebagainya pada Ibu hamil.

Oatmeal

Makanan lezat yang kaya akan serat dan juga sangat nikmat ini ternyata cocok dan baik sekali untuk ibu hamil. Oatmeal kaya akan protein, serat, dan juga vitamin B6, oatmel ini mampu meningkatkan energi ektra untuk sang ibu dan juga baik untuk perkembangan bayi.

Daging tanpa lemak

Tentunya Anda pasti sangat menyukai daging bukan? Tetapi pada saat sedang mengandung Anda tidak bisa sembarangan memilih dan memakan daging karena itu sangat berperngaruh terhadapt bayi Anda. Daging merupakan sumber protein yang baik dengan vitamin B6 yang baik untuk perkembangan jaringan otak bayi. Dilengkapi dengan vitamin b12 yang menjaga kesehatan syaraf dan sel dara merah.

Ikan salmon

Ikan yang memikiki banyak sekali kandungan pada dagingnha ini memang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil karena terdapat lemak omega-3 dan juga protein yang sangat baik. DHA dan juga EPA pada daging ikan ini sangat baik untuk pertumbuhan otak bayi serta mengurangi masalah eurologis calon buah hati di kemudian hari.

Bayam

Sayuran yang kaya akan asam folat satu ini sangat penting untuk perkembangan janin. Selain itu zat besi yang terkandung di dalam bayam sangat baik untuk dikonsumsi serta dapat meningkatkan kualitas asi pada ibu hamil setelah melahirkan.

Alpukat

Selain rasanya yang enak kandungan dalam buah ini juga sangat baik untuk ibu hamil. Asam folat, potasium, vitamin c, vitamin b6 serta serat antioksidan yang di milikinya sangat baik untuk perkembangan janin dan ibu karena mampu membantu pembentukan otak, mata, dan sel syaraf pada bayi.

Tomat

Vitamin c yang terkandung dalam tomat dapat membantu pembentukan tulang, gigi dan gusi yang sehat serta kuat pada bayi serta berperan melindungi tubuh dari kerusakan sel syaraf. Itulah 12 makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil, jadi Anda tidak perlu ragu dalam memakannya karena khasiat sudah terbukti efektif