Beauty

Percantik Wajah dengan 5 Manfaat Masker Kefir yang Fenomenal

Pinterest LinkedIn Tumblr

Belakangan ini masker kefir tengah naik daun di kalangan beauty enthusiast. Masker yang terbuat dari fermentasi susu sapi maupun kambing tersebut laku keras di pasaran. Kata kefir sendiri berasal dari bahasa Turki yang berarti merasa baik. Jika melihat ramainya orang membicarakan dan menggunakan masker ini, tentu ada manfaat yang dirasakan. Adapun beberapa manfaat yang selalu dibicarakan oleh para perempuan, yaitu:

Eksfoliator Alami

Kandungan AHA (asam hidroksi alfa) yang terdapat di dalam kefir dapat berfungsi sebagai eksfoliator alami. AHA sendiri adalah senyawa kimia yang kerap ditemukan dalam produk eksfoliator di pasaran. Rajin mengeksfoliasi kulit wajah dapat membantu membentuk sel kulit baru. Sel kulit inilah yang nantinya terlihat jauh lebih cerah, putih, rata dan bersih.

Peningkatan fungsi kulit wajah dengan mengelupas sel kulit mati pada permukaan kulit mulai booming sejak tren kecantikan dari Korea Selatan. Beberapa produk unggulan dari negeri ginseng tersebut terlihat menambahkan senyawa AHA ke dalamnya. Tujuannya agar produk dapat memberikan hasil yang diinginkan dalam waktu yang singkat. Senyawa ini tidak menimbulkan efek samping, kecuali rasa gatal atau terbakar jika digunakan terlalu sering.

Agen Anti Penuaan Dini

Masih tak khawatir dengan tanda penuaan dini yang muncul di kulit wajah anda? Bila anda malas merawat kulit wajah, jangan salahkan kalau banyak timbul kerutan di beberapa bagian wajah. Belum lagi flek hitam membandel yang mengganggu tampilan anda sehari-hari. Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, cobalah menggunakan masker kefir secara rutin. Pasalnya kandungan probiotik serta AHA di dalamnya dapat memicu pertumbuhan kolagen pada kulit.

Kolagen berfungsi menjaga dan mempertahankan kekencangan kulit. Tak hanya itu, kulit wajah akan terlihat jauh lebih cerah dari sebelumnya. Seperti yang kita ketahui, radiasi sinar UV A yang berasal dari matahari menjadi penyebab utama penuaan dini. Oleh karena itu, sebaiknya hindari paparan sinar matahari secara berlebihan. Jika memang mengharuskan anda berada di luar ruangan, sebaiknya gunakan sunscreen dengan tepat.

Melembabkan Kulit

Kulit kering memicu berbagai masalah kulit lainnya dalam waktu bersamaan. Timbulnya iritasi, jerawat, hingga komedo juga bisa disebabkan oleh kurangnya hidrasi pada kulit. Agar tak mengalami hal serupa, kefir dapat anda aplikasikan sebagai masker kulit wajah sebelum tidur. Probiotik di dalam kefir dapat menarik udara di sekitar untuk menjaga kulit tetap lembab. Penggunaan masker kefir juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kering akibat penyakit tertentu, seperti eksim dan psoriasis.

Menjaga kulit tetap lembab memang suatu hal yang sangat penting. Terlebih bagi anda yang tak ingin memiliki kulit wajah terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Anda juga dapat menggunakan masker ini untuk mencegah munculnya gejala rosacea. Rosacea umumnya ditandai dengan kemerahan pada kulit wajah.

Anti Inflamasi

Masih belum mendapatkan manfaat yang diinginkan pada 3 poin sebelumnya? Mungkin poin ini jadi masalah kulit wajah anda yang sulit sekali diatasi, jerawat. Banyak orang harus berjuang mengatasi jerawat dengan waktu yang tidak sebentar. Biaya yang dikeluarkan tentu juga tidak sedikit. Mulai dari perawatan alami hingga mendatangi berbagai klinik kecantikan bertarif tinggi.

Tenang, anda bisa mencoba menggunakan masker yang satu ini. Terbuat dari bahan alami, tentunya tak ada efek samping yang terlalu mengkhawatirkan. Kefir memang diketahui sebagai anti inflamasi alami yang juga dapat digunakan mengatasi jerawat. Mengaplikasikan masker pada kulit wajah yang bermasalah dengan jerawat dapat mengurangi peradangannya. Biasanya hasil yang didapatkan dapat dirasakan keesokan harinya.

Menyegarkan Kulit Wajah

Lactobacillus di dalam kefir dapat anda manfaatkan untuk menjaga elastisitas dan kesegaran kulit wajah. Kandungan lactobacillus diketahui dapat mengatur kadar asam pada sel kulit wajah tetap seimbang. Umumnya mereka yang memiliki masalah dengan skin barrier, memulihkan masalahnya dengan menggunakan masker yang satu ini. Menggunakan masker kefir juga dapat membersihkan kotoran membandel yang tersisa.

Kotoran yang terperangkap di dalam kulit wajah dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Bila anda tak benar-benar memastikannya bersih sempurna, kotoran serta debu akan memicu munculnya jerawat maupun komedo. Tidak mau bukan kalau kulit anda bermasalah dan malah sulit disembuhkan? Cobalah untuk lebih sadar dan rajin membersihkannya setelah seharian beraktivitas di luar ruangan.

Jadi, masih belum tertarik juga menggunakan masker kefir? Dari 5 manfaat masker kefir di atas, anda tentu mulai tergiur untuk mempertimbangkannya. Apalagi memasukkannya ke dalam deretan masker kulit wajah sehari-hari. Dengan harga yang relatif terjangkau dan manfaat segudang, rasanya masker ini layak masuk dalam skincare regime anda. Gunakan malam sebelum tidur sebelum menggunakan pelembab andalan anda untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat secara benar.