Beauty

Perlu Tahu! Inilah Manfaat Cuka Apel untuk Wajah!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi yang suka bereksperimen dengan berbagai bahan masakan, pastinya tidak asing lagi dengan cuka apel, ‘kan? Seperti yang kita tahu cuka apel adalah hasil fermentasi dari sari apel. Namun, ternyata selain sebagai bahan pelengkap untuk masakan, cuka apel ini juga banyak manfaatnya bagi kesehatan, loh.

Dalam proses pembuatannya, sebenarnya cuka apel adalah sari apel—atau sering kita sebut dengan jus buah—yang diberi ragi. Ini bertujuan untuk mengubah gula yang terkandung pada buah menjadi alkohol. Nah, bakteri yang terdapat di dalamnya itu yang akan mengubah alkohol menjadi asam asetat dan asam malat. Hal tersebut yang membuat cuka apel mempunyai rasa asam dan aroma yang cukup kuat.

Selain itu, asam yang terkandung dalam cuka apel ini juga merupakan bahan aktif yang memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan. Bukan hanya itu, cuka apel juga mengandung vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, serta potasium, kalsium, dan magnesium. Hal ini tentu membuat cuka apel bertambah lagi kegunaannya. Namun, tahukah Anda kalau cuka apel juga baik untuk wajah jika digunakan secara rutin? Belum tahu? Ini dia manfaat cuka apel untuk wajah.

Menghilangkan bintik-bintik penuaan dan noda bekas jerawat

Untuk para wanita yang mulai memasuki umur 30-an, ada saatnya was-was dengan munculnya bintik-bintik hitam di wajah, ‘kan? Inilah yang perlu Anda tahu, bintik-bintik tersebut merupakan sel kulit mati yang tidak mampu meregenasi lagi.

Biasanya, jika terjadi hal tersebut maka kita akan menggunakan make up yang mengandung bahan kimia Alpha Hydroxy Acid, ‘kan? Namun, tahukah Anda jika cuka apel memiliki kandungan senyawa yang fungsinya sama? Itu adalah Apple Cider Vinegar. Hal ini sudah terbukti bahwa senyawa tersebut dapat menghilangkan sel kulit mati dan membentuk sel kulit baru yang sehat.

Dengan manfaat seperti itu, tentu saja mendapatkan kulit wajah yang cerah bukan hal yang mustahil lagi, ‘kan? Itu semua akan terjadi jika Anda menggunakannya secara rutin. Prosesnya tentunya secara perlahan-lahan akan memudarkan bintik penuaan atau bekas jerawat di wajah, lalu menghilang.

Menghilangi jerawat

Jika tadi cuka apel bisa menghilangkan bekas jerawat, apa juga bisa menghilangkan jerawatnya? Tentu saja bisa. Anda bisa mengandalkan asam malat yang terkandung dalam cuka apel ini. Fungsinya adalah sebagai antibakteri dan antijamur yang bertujuan untuk mencegah bercampurnya kotoran, minyak, dan bakteri penyebab jerawat.

Untuk memperoleh hasil maksimal, Anda harus melakukannya secara teratur. Anda bisa mencampurkan cuka apel dengan air dengan perbandingan 1:3. Setelah itu, oleskan pada wajah berjerawat dan diamkan 5-20 detik, lalu bilas dengan air.

Mengencangkan kulit

Pernah merasa kulit Anda mengendur dan tidak elastis padahal masih terbilang muda? Itu karena kandungan pH yang terdapat di wajah Anda tidak seimbang. Selain itu, ketidakseimbangan kandungan pH di wajah juga dapat membuat gangguan kulit wajah lainnya. Mungkin Anda pernah mengalami kulit wajah yang terlalu berminyak atau terlalu kering? Nah, seperti itulah gejalanya.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena kandungan pH pada cuka apel mirip dengan kandungan pH yang terdapat di lapisan asam pada kulit wajah. Hal tersebut tentunya dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum pada wajah. Maka dari itu, cuka apel cocok digunakan untuk perawatan kulit wajah sehari-hari.

Melihat betapa bermanfaatnya cuka apel untuk wajah kita membuat kita ingin segera mengaplikasikannya, bukan? Memang ada baiknya utamakan menggunakan bahan alami untuk melakukan perawatan. Selain murah, juga menghindari efek samping yang diinginkan.

Write A Comment