Perut Lebih Sehat dengan 6 Makanan untuk Penderita Maag

Bagi Anda penderita sakit maag mungkin bingung dalam menentukan makanan yang tepat tanpa memicu kambuhnya sakit maag tersebut. Maag sendiri biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, kurang tidur, mengonsumsi makanan pedas atau masam dan stres atau depresi. Hal ini membuat Anda harus berhati-hati dalam memilih menu makanan. Inilah beberapa makanan yang aman untuk dikonsumsi penderita maag.

Wortel

Sayuran jenis wortel yang memiliki sumber vitamin A dan sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Sayuran wortel ini memiliki kandungan kalsium dan vitamin serta nutrisi lainnya yang bagus untuk penderita maag. Itu karena dalam sayuran jenis wortel ini terdapat antioksidan yang memiliki kadar tinggi sehingga membuatnya aman dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung atau maag karena wortel tidak akan menaikkan kadar asam lambung Anda.

Buah Pisang

Buah yang sangat disukai oleh setiap orang ini memiliki nutrisi kalsium, kalium dan fosfor yang tinggi dan juga sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Anda dapat mengonsumsinya dengan berbagai cara yang Anda inginkan. Pisang memang terkenal memiliki banyak sekali vitamin dalam satu buahnya.

Pisang juga memiliki banyak mineral yang terkandung di dalamnya. Tidak hanya itu buah populer ini memiliki kemampuan yang dapat menyeimbangkan PH atau kadar asam pada lambung Anda sehingga tidak membuatnya kambuh. Para dokter menyarankan para penderita asam lambung atau maag untuk mengonsumsi pisang karena terkenal ampuh dalam menyeimbangkan PH kadar asam lambung.

Makanan yang Dicampur Madu Alami

Ketika Anda merasakan sakit yang tak tertahankan dari maag Anda pasti mencari obat yang dapat meredakannya. Obat di warung memang bagus untuk meredakan sakit pada lambung tetapi tidak ada salahnya jika Anda mencoba cara alami.

Anda bisa memakan roti dengan olesan madu murni, karena madu dipercaya mampu meredakan sakit yang disebabkan oleh asam lambung pada maag. Madu dipercaya para peneliti memiliki khasiat yang mampu melawan bakteri penyebab sakit maag dan menyumbat pertumbuhan bakteri. Bahkan dokter menyarankan untuk minum madu di pagi dan malam hari untuk mengobati maag. Tetapi Anda bisa mencampurkan madu murni ini ke dalam makanan.

Sayuran

Semua sayur memang memiliki khasiat yang bagus dan juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Brokoli, kubis brussel, kembang kol dan juga kangkung adalah makanan yang sangat direkomendasikan untuk penderita maag. Itu karena sayur memiliki kandungan kalsium dan sulforafan yaitu kandungan senyawa yang bisa membunuh bakteri H.pylori.

Banyak sekali pasien yang positif menderita sakit maag dianjurkan untuk mengonsumsi brokoli atau jenis sayuran yang berperan aktif untuk menjaga tubuh dari sakit maag karena brokoli dapat menyembuhkan sakit maag atau asam lambung yang dan sangat kaya dengan vitamin dan serat.

Oatmeal

Camilan sehat yang dapat dikonsumsi siapa pun ini ternyata berguna untuk Anda yang menderita penyakit maag. Pada saat Anda merasakan sakit maag tentu Anda akan kehilangan nafsu makan yang cukup tinggi terkadang Anda juga disarankan untuk memakan bubur. Tapi untuk Anda yang tidak menyukai bubur mungkin bisa untuk mengonsumsi oatmeal sebagai makanan camilan pengganti bubur.

Oatmeal dapat membuat perut Anda menjadi kenyang yang lebih lama. Selain itu kandungan serat yang terdapat pada oatmeal ini dapat membantu meringankan dan meredakan sakit maag karena asam lambung. Oatmeal ini sangat cocok dikonsumsi dengan paduan buah di atasnya dan baik untuk penderita maag.

Kacang Hijau

Jenis kacang hijau ini sudah populer dan menjadi salah satu makanan yang disukai oleh banyak kalangan mulai dari usia anak-anak, dewasa hingga lansia. Selain itu makanan dari kacang hijau ini sangat baik untuk lambung dan dapat mengobati masalah lambung secara efektif.

Tahukah Anda bahwa kandungan yang terdapat pada kacang hijau dapat membentuk lapisan-lapisan di dalam lambung sehingga berfungsi untuk mencegah naiknya asam lambung. Anda dapat membuatnya sebagai bubur kacang hijau atau memakan roti yang terdapat kacang hijau di dalamnya untuk mengurangi sakit maag.

Ketika Anda sedang menghindari makanan yang mampu mengurangi sakit maag dan aman untuk penderita sakit maag maka 8 makanan untuk penderita maag di atas sangat cocok untuk di coba untuk mencegah naiknya asam lambung pada penderita maag. Selain itu bukan hanya dari makanan Anda juga harus bisa menghindari aktivitas yang dapat memicu naiknya asam lambung. Hal ini dilakukan guna mengimbangi aktivitas Anda yang tengah menurunkan asam lambung.

Salah satu aktivitas yang mampu menurunkan kadar asam lambung yaitu olahraga teratur, menjaga pola makan yang sehat, dan juga menghindari makanan dan aktivitas pemicu naiknya kadar asam lambung.