Pesona Kampung Flory Sleman

Yogyakarta tidak pernah terlepas dari istilah wisata, indah,ramah,dan penuh kesejukan.Lokasi wisata yang unik,kreatif dan edukatif semakin berkembang di daerah ini. Apalagi saat ini di berbagai titik wilayah Indonesia berdiri kampung kekinian yang mengusung tema-tema tertentu. Seperti di Malang ada kampung 3D, kampung es krim. Sedangkan di purbalingga ada kampung kurcaci. Seolah tidak mau kalah sebagai ikon kota wisata.

Yogyakarta pada salah satu wilayahnya yang terletak di kabupaten Sleman memberikan jawaban akan hadirnya konsep kampung kekinian. Sebut saja kampung flory yang berlokasi di daerah yang sejuk memberikan nuansa dekat dengan alam. Kampung ini menunjukkan ciri khasnya pada bidang perkebunan dan perikanan. Ketika kita memasuki ke area ini sentuhan alami kental terasa. Dengan menyediakan beragam jenis tanaman hias, sayuran dan buah. Ketiga item ini bisa Anda beli sebagai koleksi pribadi ataupun untuk memulai bisnis.

Selain itu terkadang pengunjung bisa memetik buah sendiri ketika musimnya tiba. Tidak hanya itu saja, jika anda ingin meluangkan waktu untuk sekedar bermain air. Ada kolam khusus berisikan ikan, untuk dijadikan tempat terapi kesehatan menggunakan ikan pada kaki Anda. Jika Anda lapar tidak perlu bingung, karena disini juga tersedia rumah makannya. Konsep rumah makan juga mengusung back to nature. Dengan bangunan gubuk-gubuk klasik dan terbuka khas desain Yogyakarta.

Asal Mula Berdirinya Kampung Flory Sleman

Tempat wisata kampung flory sleman masuk dalam kategori baru. Karena lokasi ini resmi berdiri pada tahun 2016 silam. Tujuan didirikan kampung ini yakni membuka kesempatan kerja untuk masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Karena sebelum kampung wisata ini berdiri, banyak warga berumur potensial untuk bekerja tetapi hanya menganggur. Padahal saat itu sudah berdiri CV. Mitra Tani yang bergerak di bidang pembibitan tanaman hias berkualitas. Pembibitan berkualitas karena diperoleh dari metode kloning. CV tersebut berdiri pada lokasi yang saat ini menjadi kampung flory. CV tersebut didirikan pada tahun 2000 silam. Seiring berjalannya waktu nama diubah menjadi kampung flory. Dengan pertimbangan memanfaatkan potensi alam dan sumber daya manusia di area kampung wisata ini.

Menurut berbagai sumber yang ada, kampung agrowisata ini berdiri di atas lahan luas.Ukuran lahan senilai 4 hektar lebih. Lahan yang seluas itu terbagi menjadi empat area. Area Pertama memiliki nama Taruna Tani. Area ini menyediakan fasilitas wisata berupa tanaman hias dalam berbagai jenis, tanaman buah serta tempat kuliner unik. Area kedua memiliki nama Dwi Flory, dengan beragam homestay yang disewakan. Dan area paling terakhir diberi nama Agro Buah. Lokasi ini menyediakan wisata edukasi sekaligus petik buah.

Resto Tradisional Ala Kampung Flory Sleman

Para pengunjung yang kecapaian ketika berjalan menyusuri kampung flory sleman. Sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena kampung ini menyajikan hidangan yang berupa makanan serta minuman tradisional ala pedesaan. Menu andalan nuansa pedesaan adalah sajian berbagai jenis ikan yang diolah dengan resep sedap dan lezat. Menu ikan yang ditawarkan berasal dari jenis ikan air tawar. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau,untuk makanan mulai dari 10 ribu rupiah sampai dengan 50 ribu rupiah. Sedangkan minumannya mulai dari 2000 rupiah sampai 4000 rupiah. Jika Anda bersantap di resto kampung wisata ini. Anda akan merasakan sensasi makan dan minum di tengah kolam ikan. Karena area resto dikelilingi oleh kolam yang berair jernih dengan warna-warni ikan hias di dalamnya. Bahkan tidak sedikit dari pengunjung yang memasukkan kakinya ke dalam kolam untuk merasakan sensasi terapi ikan.Selain itu pada area yang dekat dengan resto, ada suatu lokasi yang khusus disediakan untuk uji ketangkasan sederhana. Biasanya lokasi tersebut digunakan untuk kebutuhan outbound.

Lokasi Kampung Flory Sleman

Kampung flory terletak di desa Jugang Pangukan, RT. 05/ RW. 11, Tridadi, kecamatan Sleman,kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kampung flory sleman memiliki telepon yang bisa dihubungi yaitu 089623347896. Kampung wisata ini memiliki jam operasional yang wajar. Jam operasionalnya yaitu buka mulai pukul 09.00 WIB dan tutup pada pukul 22.00 WIB. Lokasi wisata ini berjarak kurang lebih 6 km dari monumen jogja kembali. Anda bisa menuju kampung wisata menggunakan roda dua dan roda empat. Arah dari kampung wisata ini menuju ke jalan magelang dan ambil lurus terus ke utara.

Biaya Masuk Kampung Flory Sleman

Pertanyaan selanjutnya adalah berapa harga tiket masuk ke kampung flory sleman? Kampung flory tidak memungut biaya apapun dari pengunjung. Anda bisa datang kapanpun selagi luang, dengan bebas. Anda bisa menikmati suasana alam yang indah, tanaman hias beraneka jenisnya, makanan dan minuman ala pedesaan,buah-buahan segar dan wisata outbound.

Seperti itulah gambaran singkat kampung flory sleman. Semoga dapat memberikan informasi yang jelas. Kampung wisata ini memberikan nuansa alam pedesaan yang sejuk dan indah. Jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke kampung klasik ini.