Pisang Goreng Fenomenal di Kopi Klotok Jogja

2 0
pisang goreng kopi klotok jogja

Yogyakarta, Kota Penuh Rindu

Yogyakarta, kota yang tercipta dari rindu, pulang, serta angkringan. Kalimat ini kerap kita dengar dari beberapa akun di media sosial, seperti akun-akun receh. Kota Yogyakarta memang selalu menyimpan kerinduan bagi siapapun, khususnya mereka yang pernah menetap. Ada sekelumit cerita yang hampir selalu manis di setiap sudut kota Yogyakarta. Keramahan masyarakatnya, keindahan alamnya, hingga makanan yang selalu mengundang air liur untuk menetes.

Kota yang dikenal dengan sebutan kota pelajar ini selalu ramai disesaki oleh wisatawan maupun mahasiswa pendatang. Di akhir pekan, hampir tak ada jalan yang lengang dan bisa dilewati untuk sekedar mencari angin. Meskipun demikian, Yogyakarta masih tak melepaskan rindu magisnya dari bayang-bayang siapapun.

Kopi Klotok Jogja

Tingginya minat wisatawan untuk berlibur ke Yogyakarta tak pernah surut dari waktu ke waktu. Hampir setiap hari kota Yogyakarta dipenuhi oleh para pendatang yang ingin mencicipi suasana kota Yogyakarta, meski untuk sejenak. Ada begitu banyak spot wisata yang kini menjadi primadona untuk dikunjungi. Sebut saja, candi Prambanan, Taman Sari, Puncak Becici, maupun Pantai Parangtritis.

Tak hanya wisata alam, wisata kuliner juga selalu diburu oleh wisatawan. Salah satunya yakni Kopi Klotok Jogja. Spot kuliner ini tak pernah sepi oleh pengunjung dari pagi hingga sore hari. Mengusung konsep tempat makan ala pedesaan dengan menu-menu rumahan, Kopi Klotok sukses menyita perhatian. Bangunannya sendiri mempertahankan konsep rumah joglo ala masyarakat Jawa di pedesaan. Rumah joglo ini menjadi area utama, dimana para pengunjung dapat melakukan pemesanan.

Makanan disini disajikan secara prasmanan, jadi Anda tinggal memilih sendiri menunya. Layaknya menu rumahan, menu favorit disini adalah sayur lodeh dan telur dadarnya. Anda wajib mencoba keduanya saat sarapan maupun bersantap makan siang. Tetapi pastikan Anda tidak datang telat sebelum kehabisan spot menarik sambil bersantap. Jangan lupa pula untuk memesan sepiring pisang goreng fenomenal dari Kopi Klotok Jogja.

Menu Fenomenal di Kopi Klotok

Kopi Klotok menjelma menjadi spot kuliner wajib terpopuler bagi siapapun yang bertandang ke Jogja. Ternyata hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat konsep sederhana yang ditawarkannya. Ciri khas lainnya adalah secangkir kopi yang mengingatkan Anda pada kopi rumahan. Berbeda dari specialty coffee, kopi ini cenderung manis dan tanpa ampas. Persis kopi buatan rumah yang kerap disajikan oleh istri atau ibu Anda.

Uniknya, kopi-kopi tersebut direbus bersama air panas, lalu disaring sebelum disajikan. Sebagai teman minum kopi, ada pisang goreng legendaris disini. Sebenarnya tak ada yang spesial dari pisang goreng disini, tetapi setiap orang hanya diperbolehkan memesan tak lebih dari dua porsi. Hal ini dikarenakan banyaknya pengunjung yang tidak mendapatkan stok pisang goreng. Teksturnya sendiri cenderung renyah dan empuk, serta manis yang pas.

Konon, pisang yang digunakan pada menu ini berasal dari satu kebun. Pemilik kebun tidak boleh menjual pisang kepada orang lain. Inilah mengapa rasa pisang selalu sama dan tetap enak. Harga setiap menu yang ditawarkan disini masih ramah di kantong para pengunjung. Tak lebih dari 30 ribu saja, Anda sudah bisa mendapatkan sepiring nasi lengkap dengan lauk pauk serta minuman yang diinginkan.

Bagi Anda yang berminat datang ke Kopi Klotok, pastikan untuk datang lebih awal. Biasanya warung ini ramai di pagi dan menjelang sore hari serta saat makan siang. Datang terlambat hanya akan membuat Anda sulit menemukan lahan parkir serta tempat menyantap makanan yang nyaman. Belum lagi antri untuk mengambil makanan yang akan membuat perut keroncongan menahan lapar. Pastikan juga Anda datang saat perut tidak terlalu lapar, dikhawatirkan Anda akan emosi duluan melihat antriannya.

Desain Kopi Klotok

Satu hal yang menjadikan Kopi Klotok selalu istimewa adalah pemandangan sawah di sekitar lokasi tersebut. Di bagian belakang warung memang ada hamparan sawah hijau yang siap memanjakan mata. Duduk ditemani segelas kopi dan sepiring goreng pisang sembari melihat hamparan sawah di sore hari tentu sangat mengesankan. Anda akan dibuat ogah pulang buru-buru demi menikmati suasana khas pedesaan yang sangat sejuk.

Kopi Klotok sendiri memiliki 3 spot untuk menyantap makanan yang menyenangkan. Pertama, bangunan joglo yang menjadi bangunan utama, tempat Anda memesan dan mengambil makanan yang dipesan. Kedua, area setengah terbuka yang terdiri dari beberapa meja dan kursi. Meja dan kursinya masih menggunakan perabotan model lama yang terkesan kuno. Tapi inilah yang membuatnya istimewa, lain daripada yang lain.

Terakhir ada area terbuka yang dipenuhi oleh hamparan tikar untuk duduk bersantai. Spot ini sering dipilih untuk mereka yang ingin menikmati angin sepoi-sepoi di luar ruangan. Sembari bercengkrama dengan keluarga, Kopi Klotok wajib masuk dalam daftar liburan di Jogja Anda. Apalagi lokasinya yang terletak di area Pakem, jauh dari keramaian dan kemacetan kota