FokTips

Praktekkan 7 Cara Menghilangkan Ngantuk Dengan Olahraga Ringan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Apakah Anda sering merasa kantuk? rasa seperti itu sangat lazim terjadi pada tubuh kita. Kantuk dapat teratasi jika kita tidur atau membuat secangkir kopi untuk diminum. Akan tetapi lain halnya jika kantuk tersebut terjadi saat jam kuliah dan jam kantor. Sangat tidak mungkin dilakukan dua hal tadi. Olahraga ringan merupakan jawaban yang tepat untuk kantuk pada jam penting, antara lain:

Peregangan Pada Leher

Leher memiliki peran penting untuk koordinasi gerak anggota badan kita. Seperti yang kita pahami, leher selalu melakukan gerakan ke segala arah. Sehingga tidak heran jika leher sering kaku. Gerakan ringan pada leher dapat dilakukan untuk relaksasi otot dan lancarnya peredaran darah di area tersebut. Anda cukup melakukan gerakan menengadahkan kepala ke atas. Lalu dilanjutkan dengan gerakan menundukkan kepala ke bawah. Gerakan terakhir yakni tarik secara perlahan ke kanan dan kiri secara bergantian. Ketiga jenis gerakan sederhana tari, untuk tiap bagian gerakan dilakukan selama lima detik. Anda bisa mengulang gerakan hingga dua kali. Sensasi tarikan seperti mendapat energi pijat. Area leher terasa ringan.

Peregangan Pada Bahu

Ketika kita kuliah maupun bekerja, ada suatu kegiatan utama yang tidak pernah terlewatkan yaitu menulis. Kegiatan ini bisa dilakukan memakai komputer, laptop, dan buku. Ketika melakukan hal itu dalam waktu yang lama akan berakibat kondisi leher, punggung dan bahu terasa pegal. Maka dari itu Anda bisa melakukan gerakan ringan pada bahu untuk mengatasi ketegangan otot. Anda bisa mengatur posisi duduk yang nyaman lalu letakkan lengan kanan di depan badan. Setelah itu lengan yang kiri dibuat untuk menarik siku hingga lengan bagian atas, bahu dan punggung terasa meregang. Anda cukup menghitung sampai hitungan ke-8. Lakukan gerakan ini secara berulang sampai Anda merasakan otot-otot lebih enak dan rileks.

Duduk dengan Posisi Tertelungkup

Anda bisa memposisikan diri dengan duduk secara nyaman. Setelah itu badan membungkuk, lalu kepala Anda ditundukkan ke bawah berada pada dua kaki. Tangan Anda harus diposisikan menggantung bebas tanpa adanya penyangga apapun. Gerakan tersebut Anda lakukan kurang lebih 20 detik. Jika sudah selesai Anda bisa kembali ke posisi awal dengan perlahan.

Memijat Pipi dan Dahi

Ketika kita sibuk di kantor atau kampus, secara tidak langsung mata Anda akan lelah. Lelah karena seharian menghadapi komputer dan laptop selama beberapa jam lamanya. Hal tersebut akan membuat otot sekitar mata,pipi,dan dahi akan menjadi lelah. Pada akhirnya Anda akan merasa kantuk. Masalah ini dapat diatasi dengan memijat perlahan area dahi Anda secara searah untuk gerakannya. Sedangkan untuk pipi, Anda bisa mencobanya dengan perlahan tapi ada tekanannya. Pijatan dan tekanan untuk dua area ini memberikan dampak terbukanya sistem relaksasi mata dan kepala. Kemampuan berpikir menjadi cemerlang kembali.

Putarlah Leher Perlahan

Anda dapat memutar leher secara perlahan ke kanan dan kiri. Gerakan ini dapat Anda lakukan dengan mata terbuka. Jangan lupa untuk memutar leher dengan arah 360°. Gerakan ini tidak asing lagi untuk Anda, karena sering dipakai pemanasan saat olahraga. Gerakan ini akan menambah rangsangan positif dari otot dan saraf pada kepala dan leher. Pandangan mata Anda akan terang seketika. Karena pengaruh rangsangan gerak pada area kepala.

Tersenyum

Anda bisa melakukan cara yang keenam yaitu tersenyum. Anda cukup mengambil cermin pribadi, lakukan di kursi duduk atau di toilet. Langkah pertama,buka mata Anda dengan cara melotot dengan durasi waktu 10 detik, sambil tersenyum sangat lebar. Setelah itu pejamkan mata yang melotot seketika dengan sekuat tenaga. Cara ini ampuh merelaksasi otot mata,pipi, dan bibir. Cara ini membuat otot di area pipi tertarik. Otot pipi yang tertarik akan membuat lentur seketika. Selain wajah Anda bisa awet muda, kantuk otomatis hilang dalam sekejap.

Mengangkat Tangan

Cara sederhana terakhir dengan angkat kedua tangan Anda ke atas. Anda langsung telungkupkan kedua pergelangan tangan yang menghadap ke atas tersebut. Setelah itu tarik ke arah atas seperti posisi awal sampai terasa meregang. Anda bisa melakukan itu dengan durasi 5 sampai 10 detik. Pengulangan dapat dilakukan selama 3 kali bahkan lebih. Cara ini dapat menarik otot tangan, bahu, pinggang dan leher. Satu tarikan untuk lebih manfaat otot tubuh Anda.

Cara-cara yang dijelaskan di atas telah teruji kebenarannya oleh para ahli. Sehingga Anda tidak perlu ragu lagi untuk mempraktekkan. Kantuk memang cara alami tubuh untuk menegur kita karena kelelahan.Sehingga memang harus istirahat dengan cara tidur. Beberapa metode olahraga ringan tersebut membantu Anda ketika tidak ada waktu untuk tidur pada sela-sela kesibukkan Anda.