Beauty

Ragam Sayuran Untuk Diet yang Aman Dikonsumsi dan Menyehatkan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sebagian orang merasa tidak nyaman dengan tubuh yang berisi. Itulah sebabnya ada beberapa dari mereka yang berusaha untuk menurunkan berat badan. Entah dengan pergi ke dokter langsung atau melakukannya sendiri dengan mengganti pola hidup mereka menjadi lebih sehat lagi. Selain olahraga, mengonsumsi makanan dan sayuran sehat juga dapat menjaga agar berat badan kita jadi seimbang. Namun, bukan sembarang sayuran tentu saja. Ada beberapa sayuran untuk diet yang bisa kamu konsumsi dan pastinya akan membuat tubuh kamu menjadi lebih segar dan sehat. Penasaran bukan apa saja ragam sayuran untuk diet tersebut? Inilah ulasannya untuk kamu!

Sayuran yang baik untuk diet cepat

Bayam

Bayam - Ragam Sayuran Untuk Diet yang Aman Dikonsumsi dan Menyehatkan

Sayuran untuk diet yang satu ini memang kerap kita jumpai. Cara pengolahannya pun bervariasi. Ada yang membuatnya sebagai keripik bayam, dimasak bersama pasta, tumisan atau yang paling populer yaitu sayur bening. Kalau kamu sedang diet dan sedang membutuhkan asupan zat besi yang tinggi, mengkonsumsi bayam amat sangat dianjurkan. Sebab, bayam memang sayuran yang mengandung zat besi tinggi.

Tak hanya zat besi saja, bayam pun mengandung banyak vitamin, mineral dan juga serat yang baik untuk pencernaan. Adapun kandungan vitamin A dan K dalam bayam dapat meningkatkan proses metabolisme dengan cara melancarkan peredaran darah yang ada di dalam tubuh.

Selada

Selada - Ragam Sayuran Untuk Diet yang Aman Dikonsumsi dan Menyehatkan

Sayuran untuk diet yang satu ini sangat kaya akan kalium, folat, zat besi, kalsium, serat serta vitamin. Selain itu selada juga rendah kalori dan juga rendah karbohidrat yang sangat cocok apabila digunakan untuk diet. Kalium yang ada pada sayuran ini berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung kamu dari kenaikan tekanan darah. Tak hanya kalium saja, kandungan folat juga sangat berguna untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Selada memiliki berbagai macam jenis, diantaranya ada romaine dan iceberg. Selada dapat dikonsumsi mentah atau sebagai lalapan. Biasanya dapat dijadikan sebagai isian untuk salad. Salad sendiri dapat dijadikan sebagai appetizer atau camilan sehat dan menjadi pengganti makanan berat.

Brokoli

Brokoli - Ragam Sayuran Untuk Diet yang Aman Dikonsumsi dan Menyehatkan

Brokoli menjadi sayuran untuk diet yang sangat tepat. Sebab, mengandung serat yang tinggi dan tentunya akan membuat kamu kenyang lebih lama. Sayuran yang satu ini sering sekali dikonsumsi oleh orang-orang yang diet rendah karbohidrat karena brokoli sendiri mengandung karbohidrat kompleks. Jadi, jika kamu tidak atau sedikit makan nasi tetapi tetap ingin mendapat nutrisi yang diperlukan, maka brokoli cocok untuk dikonsumsi.

Sayuran ini termasuk dalam golongan krusiferus atau cruciferous vegetables yang mana di dalamnya juga ada kubis, kale, serta kembang kol. Sayuran krusiferus sendiri mengandung glukosinolat yang mana beberapa jenis senyawa ini dapat menjadi anti kanker alami. Hingga kemudian brokoli disebut juga sebagai sayuran untuk diet yang dapat menghambat pertumbuhan kanker.

Namun, bagi penderita hipotiroid sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi brokoli. Sebab, ada senyawa glukosinolat lain bernama goitrogen yang dapat mengganggu produksi kelenjar gondok atau tiroid. Meski begitu, memanaskan atau memasak sayuran krusiferus dapat menonaktifkan senyawa goitrogen, sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita tiroid. Akan tetapi dengan catatan mengkonsumsi sayuran untuk diet  tersebut dengan jumlah yang terbatas atau tidak terlalu berlebihan.

Demikianlah beberapa sayuran untuk diet yang dapat kamu konsumsi. Selain untuk diet, mengonsumsi sayuran juga dapat menyehatkan tubuh, jadi mulailah memperbanyak makan sayuran sejak dini dan juga melakukan olahraga setiap hari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu!