FokTic

Salah Kaprah! Nyi Roro Kidul Ternyata Bukan Kanjeng Roro Kidul

Pinterest LinkedIn Tumblr

Selama ini, masyarakat umum menganggap bahwa Nyi Roro Kidul adalah nama lain dari Kanjeng Roro Kidul. Ternyata, hal ini salah kaprah, guys! Kanjeng Roro Kidul adalah sosok atau roh suci yang memiliki sifat mulia dan baik hati, dia berasal dari tingkat langit tertinggi dan pernah turun di berbagai tempat di dunia (bumi) dengan jati diri tokoh-tokoh suci setempat pada zaman yang berbeda-beda pula. Umumnya dia akan menampakkan diri hanya untuk memberi isyarat, pertanda, atau peringatan akan datangnya suatu kejadian penting yang akan terjadi.

Dalam mitologi Jawa, Kanjeng Roro Kidul lebih dikenal dan populer disebut dengan Kanjeng Ratu Kidul. Ia merupakan ciptaan dari Dewa Kaping Telu yang mengisi alam kehidupan sebagai Dewi Padi atau nama lainnya Dewi Sri dan dewi-dewi alam lainnya.

Sedangkan Nyi Roro Kidul awalnya merupakan putri dari sebuah Kerajaan Sunda yang diusir oleh ayahnya karena ulah ibu tirinya. Cerita-cerita yang terkait antara “Kanjeng Roro Kidul” dengan “Nyi Roro Kidul” bisa dikatakan berbeda fase tahapan kehidupan menurut mitologi Jawa.

Kanjeng Roro Kidul memiliki kuasa atas ombak keras Samudera Hindia dari istananya yang konon katanya terletak di jantung samudra. Menurut kepercayaan Jawa juga, ia merupakan pasangan spiritual para sultan dari Mataram dan Yogyakarta, yang dimulai dari Panembahan Senapati. Namun, saat ini ia dipandang sebagai ibu spiritual para sultan Yogyakarta maupun Susuhunan Surakarta, Solo.

Kedudukan Kanjeng Roro Kidul berhubungan erat dengan Merapi-Keraton-Laut Selatan yang berpusat di Kesultanan Yogyakarta dan Solo. Kebanyakan pengamat sejarah beranggapan bahwa keyakinan akan Kanjeng Roro Kidul ini memang dibuat untuk melegitimasi kekuasaan dari dinasti Mataram.

Sedangkan Nyi Roro Kidul merupakan abdi setia dan Kanjeng Roro Kidul. Ini menurut kitab kejawen yang menyebutkan beberapa perbedaan Kanjeng Roro Kidul dan Nyi Roro Kidul. Kedudukannya ini menjadi perbedaan utama. Dari sana, kita akan mengetahui bahwa dilihat dari segi sifat pun akan berbeda pula. Menurut beberapa orang yang memang sudah lebih mengenal dunia mistis, Kanjeng Roro Kidul memiliki sifat yang benar-benar mulia. Sedangkan Nyi Roro Kidul, meiliki sedikit sifat jahil. Seperti menggoda manusia.

Selanjutnya, wujud dari Kanjeng Roro Kidul adalah wanita tua. Sedangkan pada bulan tertentu atau purnama, Kanjeng Roro Kidul bisa mengubah penampilannya menjadi wanita muda cantik. Wujud ini didasarkan pada penggambaran pengalaman perjalanan spiritual Sultan Hamengkubuwono IX bersama Kanjeng Roro Kidul.

Sedangkan wujud Nyi Roro Kidul sering dikaitkan dengan wanita berparas rupawan dengan tubuh bagian bawahnya ular atau ok yang kemudian terkenal dengan nama Nyi Blorong. Ada pula yang menyebutkan jika Nyi Roro Kidul sebenarnya adalah seorang wanita dengan paras rupawan.

Masyarakat Jawa sebagian besar percaya bahwa Nyi Roro Kidul merupakan abdi setia atau yang menempati posisi Patih di kerajaan Kanjeng Roro Kidul. Konon, Nyi Roro Kidul ini dipercaya suka mengambil jiwa siapa pun yang diinginkan. Nyi Roro Kidul juga dipercaya sebagai dewi pelindung untuk para pengumpul sarang walet yang mengudi keselamatan di tebing-tebing curam pantai selatan.

Menurut salah seorang yang pernah berjumpa dengan Kanjeng Roro Kidul dan Nyi Roro Kidul, kulit mereka berdua berbeda. Kanjeng Roro Kidul memiliki kulit kuning langsat sedangkan Nyi Roro Kidul cenderung agak cokelat. Aura yang memancarkan dari tubuh mereka pun berbeda. Konon, Nyi Roro Kidul ditugaskan oleh Kanjeng Roro Kidul untuk mengontrol dan meredam angkara murka dari makhluk-makhluk tak kasat kata jenis jin dan kekuatan serta ilmu gaib yang berada di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa.

Write A Comment