Gaya Busana

Punya Hobi Pakai Baju Warna Gelap​​ Bisa beresiko

Pinterest LinkedIn Tumblr

Baju warna gelap seperti hitam, coklat, biru tua, hijau tua, dan lain – lain, tampaknya punya banyak penggemar. Cowok maupun cewek suka mengenakan warna ini. Entah itu warna baju, dress, celana hingga aksesoris lainnya. Selain dapat memberikan kesan​​ smart yet classy​​ dan cocok di pakai di​​ event​​ ​​ apa pun, baju gelap ini gampang di padukan dengan warna baju yang lain. Tapi tahukah, ada beberapa akibat yang bakal​​ Anda​​ ​​ alami jika keseringan pakai baju gelap lho! Yuk simak beberapa risikonya dibawah ini.

“Mau kuliah atau ngelayat pakai baju hitam?”

Kalau keseringan pakai baju warna gelap, khususnya warna hitam, komentar seperti ini pasti sering di dengar. Memang, warna baju yang kita pakai biasanya memnggambarkan​​ mood​​ yang kita rasakan saat itu. Tapi​​ outfit​​ yang serba hitam itu identik dengan warna pakaian berduka. Dan kesan yang ditampilkan dari pakaian warna gelap ini adalah​​ gloomy​​ dan kusam jika​​ Anda​​ ​​ salah mengkombinasikannya dengan warna gelap yang lain.

Agar tidak terlihat kusam atau sedang berduka, lebih baik​​ outfit​​ warna gelap di kombinasikan dengan warna terang lainnya. Warna hitam itu warna yang​​ safe. Arinya​​ Anda​​ ​​ bisa​​ mix and match​​ dengan warna terang yang lain tanpa khawatir kelihatan terlalu heboh.

Nah, dari segi kesehatan mental, jika terus mendapat ujaran seperti itu tentu memberikan hasil yang tidak baik bagi pikiran. Anda bisa jadi banyak kepikiran dan akhirnya muncul rasa paranoid. Lebih lanjut lagi jika terlalu cuek maka sikap apatis juga muncul sebagai suatu gejala kondisi psikologis yang negatif.​​

Penampilan Akan Terkesan Membosankan​​ 

Baju gelap memang memiliki kesan klassik dan gampang di padukan dengan warna yang lain. Tapi​​ Anda​​ ​​ harus hati – hati kalau memadukan baju warna gelap ini. Pasalnya, ada jika​​ Anda​​ ​​ salah mengkombinasikannya, seperti menggunakan bahan dan detail baju yang sama, dari atasan hingga bawahan, penampilan malah terkesan membosankan. Dan supaya tidak terlihat sedang berduka, coba​​ Anda​​ ​​ padu padankan dengan aksesoris yang punya warna yang kontras.

Baju Hitam Kurang Cocok di Pakai Anda ​​ si Hitam Manis.

Memilih kombinasi warna baju memang bukan hal yang mudah. Namun, jika​​ Anda​​ ​​ sudah tahu betul warna apa yang pas untuk kulit​​ Anda​​ ​​ tentunya bukan menjadi masalah besar lagi.​​

Untuk​​ si hitam manis salah satu warna yang harus dihindari pakaian warna gelap atau warna hitam. Warna hitam terlalu selaras dengan warna kulitmu yang gelap. Bukannya membuat tampilan​​ Anda​​ ​​ tampak cerah, memakai baju warna gelap justru akan membuat penampilan menjadi kusam.

Bagi​​ Anda​​ ​​ yang punya warna kulit gelap, akan lebih baik jika​​ Anda​​ ​​ memakai pakaian yang warnanya kontras dengan warna kulit seperti warna putih, biru muda, hijau muda,​​ pink, abu-abu dan lain – lain.

Pakaian Warna Gelap Terasa Panas di Bawah Sinar Matahari

“Jangan pakai baju hitam siang – siang! Nanti Gerah!”​​ Itulah kata – kata yang mungkin sering kita dengar dari orang tua atau teman – teman ketika kita akan keluar dengan menggunakan​​ outfitit​​ serba hitam.​​ 

Faktanya, Baju berwarna gelap memiliki sifat menyerap panas. Rasa panas ini bersumber dari cahaya matahari atau sinar UV yang merupakan sumber energi. Dan Energi inilah yang menimbulkan rasa panas di baju kita. Warna hitam itu sendiri dapat menyerap panas yang nantinya akan dikeluarkan tubuh dalam bentuk keringat. Hal inilah yang menyebabkan baju warna gelap terasa lebih panas ketimbang dengan baju yang punya elemen warna cerah seperti putih, merah, dan biru.​​

Oleh karena itu, sebagai warga Indonesia yang merupakan negara yang tropis dan punya cuaca yang cenderung panas, outfit serba hitam ini sebaiknya dihindari saat musim panas agar​​ Anda​​ ​​ dapat lebih nyaman dalam beraktivitas.

Keseringan Pakai Baju Gelap, Punya Dampak Negatif Untuk Kulit

Sudah kita ketahui dengan menggunakan pakaian gelap akan mengeluarkan banyak keringat dari kulit apalagi saat cuaca sedang panas – panasnya. Keringat ini akan membuat baju menjadi basah dan membuat kulit menjadi lebih lembab. Kulit yang lembab akan memicu beberapa masalah kulit seperti jamur dan jerawat. Karena kotoran dari keringat tersebut menempel pada pori – pori kulit.

Oleh karena itu, pastikan​​ Anda​​ ​​ bersegera mengganti baju yang berkeringat dan ​​ jangan menunggu sampai air keringat mengering. Jangan​​ mentang – mentang​​ karena baju gelap tidak terlihat mudah kotor,​​ Anda​​  ​​​​ malas mengganti baju ya!

Nah, itulah beberapa risiko yang bakal​​ Anda​​ ​​ hadapi jika menggunakan pakaian yang serba hitam. Tidak bisa dipungkiri,​​ outfit​​ yang kita pakai akan berpengaruh pada aktivititas sehari – hari kita. Oleh karena itu, pemilihan skema warna pakaian merupakan hal penting dalam menunjang penampilan kita. Semoga informasi ini dapat memberi inspirasi buat​​ Anda​​ ​​ dalam berbusana sehari – hari ya!