FokLine

Terapkan Pola Hidup Sehat Sederhana Supaya Hidupmu Makin Berkualitas

Pinterest LinkedIn Tumblr

Terapkan Pola Hidup Sehat Sederhana Supaya Hidupmu Makin Berkualitas

Siapa ya, yang tidak ingin mempunyai badan sehat? Tentu semua orang ingin memiliki tubuh yang sehat dan bebas dari penyakit. Namun, sayangnya juga, banyak orang yang hanya ingin hal tersebut tapi malas menerapkan pola hidup yang sehat. Sebaliknya, hidup justru tidak teratur dan alih-alih sehat, malah muncul penyakit macam-macam.

Kamu pasti juga ingin sehat, kan? Yuk, ubah pola hidup tidak sehatmu sekarang dengan pola hidup sehat sederhana ini. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mencapai tubuh yang sehat, bugar baik jasmani maupun rohaninya. Apa saja itu? Yuk, simak ulasan berikut sampai selesai!

Konsumsilah Buah dan Sayur Setiap Hari

Untuk kamu yang tidak doyan sayur atau malas makan buah karena ribet, segera ubah kebiasaan itu, ya. Untuk mencapai hidup yang sehat, setiap hari kamu harus mengkonsumsi minimal 5 porsi sayur dan buah. Lho, kok banyak? Jangan salah, kandungan aneka vitamin yang ada di sayur dan buah sangat penting untuk kebutuhan mikronutrisimu. Daripada memperbanyak karbohidrat yang justru akan membuatmu ngantuk, alihkan saja makan siangmu dengan sayur dan buah ini. Langkah sehat yang mudah, bukan?

Lakukanlah Aktivitas Fisik Setiap Hari

Nyatanya, olahraga atau beraktivitas fisik tidak cuma untuk menurunkan berat badan saja, lho! Dengan olahraga, tubuh akan senantiasa bugar dan artinya kamu sudah menerapkan pola hidup sehat sederhana. WHO sendiri menganjurkan pada orang yang berusia 18-64 tahun untuk melakukan aktivitas fisik paling tidak 150 menit per minggu. Tidak usah berat-berat, jalan-jalan, berkebun, atau renang sudah cukup mewakili, kok! Menurut Germas yang dicanangkan di Indonesia sendiri, beraktivitas fisiklah paling tidak 30 menit per harinya. Mudah atau mudah?

Vaksinasi Itu Perlu

Selanjutnya, yang tidak kalah penting dilakukan dalam pola hidup yang sehat adalah melakukan vaksinasi. Jika menilik dari kegunaannya, vaksin memang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ini akan berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit yang bisa terjadi.

Stop, Jangan Stres

Stres sering menghampirimu? Itu pertanda kalau kamu mungkin sedang jenuh dengan rutinitas. Cobalah hal yang baru dan sederhana, misal dengan me time, jalan-jalan ringan, atau curhat pada teman dan sahabat. Stres tentu tidak baik untuk kesehatan mentalmu. Kesehatan mental sendiri didefiniskan sebagai keadaan yang sejahtera untuk memungkinkan individu mengenali potensi yang ada dalam diri, mengatasi stres, dan produktif. Pola hidup sehat sederhana yang satu ini memang perlu diterapkan untuk memastikan jiwamu tetap sehat.

Hentikan Merokok Sekarang Juga

Bagi para pecandu rokok, hentikanlah kebiasaan ini sekarang juga. Percaya atau tidak, namun berhenti merokok sebelum usia 30 tahun dapat memperpanjang angka harapan hidup sampai 10 tahun. Sebagai contoh kecilnya, berhenti merokok hanya dalam waktu 5 menit saja, dapat menurunkan frekuensi tekanan darah serta detak jantung. Jika kamu berhenti merokok selama satu tahun, maka dengan hitungan kecil ini bisa disimpulkan bahwa kamu akan terhindar dari penyakit jantung koroner sampai dengan 50 persen.

Nah, itu dia beberapa pola hidup sehat sederhana yang bisa kamu terapkan. Selain itu, mengecek status kesehatan secara rutin juga diperlukan lho! Ini merupakan salah satu upaya antisipasi mencegah penyakit atau sebagai deteksi dini suatu penyakit. Bagaimana, mau mulai kapan menerapkan pola hidup sehat ini? Mulailah sekarang juga! Semoga bermanfaat, ya!

 

Write A Comment