FokTips

Ternyata Mudah! 9 Cara Menghilangkan Kutu

Pinterest LinkedIn Tumblr

Makhluk kecil yang disebut dengan kutu ini memang sangat menjengkelkan apalagi jika sampai menyebabkan rambut Anda menjadi kutuan. Kutuan terjadi akibat adanya serangan kutu di rambut dan lebih parahnya lagi kutu-kutu tersebut justru berkembang biak sehingga jumlah kutu semakin tak terkendali.

Tentunya Anda tidak ingin mengalami kejadian “kutuan” tersebut. Tragedi rambut kutuan kerap kali dialami oleh anak-anak, hal ini dikarenakan mereka terserang kutu karena melakukan kontak langsung dengan si penderita. Kutu dapat dengan mudah terbang dan akhirnya bersarang di kepala.

Namun apabila Anda sedang terserang kutu dan bingung bagaimana cara mengatasinya? Beberapa penjelasan di bawah ini akan memberikan keterangan cara mudah dan alami menghilangkan kutu yang membandel secara mudah dan murah tentunya.

Air Beras

Sudah pasti Anda selalu memasak beras setiap hari demi memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Ketika akan memasak pastinya beras dicuci terlebih dahulu, dan bahan air cucian inilah jangan Anda buang karena dapat Anda gunakan untuk mengatasi kutu.

Caranya rendam air beras selama semalam. Lalu keesokan paginya Anda mencuci rambut dengan shampoo kemudian bilas. Pada bilasan kedua gunakan air beras yang sudah direndam lalu usahakan air beras tersebar merata di kulit. Diamkan selama 5 sampai 10 menit lalu bilas kembali dengan air bersih.

Jeruk Lemon

Jeruk lemon tinggi akan kandungan vitamin C nya dan juga memiliki pH jenis sifat masam. Sifat masam inilah yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kutu di rambut. Caranya peraslah lemon yang sudah dibelah menjadi 2 bagian, lalu tambahkan 4 sendok makan air dan oleskan ke seluruh bagian kulit kepala serta rambut. Diamkan selama setengah jam dan bilas. Dijamin kutu akan mati.

Belimbing Wuluh

Biasanya para ibu memanfaatkan belimbing wuluh sebagai bahan tambahan masakan sehingga memberikan rasa masam dan segar. Tidak hanya bermanfaat untuk kuliner saja, belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk membasmi kutu rambut.

Caranya haluskan 5 buah belimbing wuluh lalu campur dengan minyak kelapa, aduk merata dan oleskan ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut. Diamkan 10 sampai dengan 15 menit lalu bilas sampai bersih.

Asam Cuka Apel dan Minyak Zaitun

Asam cuka apel sebanyak 2 sendok makan dicampur dengan minyak zaitun dengan perbandingan proporsi yang sama. Aduk secara merata kemudian oleskan ke seluruh rambut. Diamkan rambut Anda dengan menggunakan shower cap sebagai penutup rambut selama 20 menit dan terakhir bilas dengan air.

Tujuan penggunaan asam cuka adalah kutu tidak kuat dengan sifat masam dan juga penggunaan zaitun bertujuan untuk mencegah kulit Anda dari iritasi karena sifat masam pada asam cuka tersebut.

Bawang Merah

Rempahan bumbu dapur yang wajib harus selalu ada ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kutu di rambut. Caranya ambillah 5 sampai 6 siung bawang merah, kemudian haluskan dan peras dengan saringan karena yang akan Anda gunakan adalah bagian sarinya saja.

Selanjutnya olesi sari bawang merah ke seluruh bagian rambut lalu diamkan 5 sampai dengan 10 menit. Terakhir bilas sampai bersih dengan menggunakan shampoo. Akan tetapi apabila kulit kepala Anda terdapat luka sebaiknya hindari penggunaan bawang merah agar tidak menjaidi infeksi.

Bawang Putih

Tidak hanya bawang merah, bawang putih juga dapat digunakan untuk membasmi kutu. Caranya adalah haluskan 3 siung bawang putih lalu peras dan ambil sarinya. Campurkan dengan 2 sendok makan jeruk lemon kemudian aduk secara merata dan oleskan ke kulit kepala. Kandungan sulfur pada bawang putih ampuh untuk mematikan kutu-kutu di rambut Anda.

Daun Sirsak

Daun sirsak bisa Anda gunakan untuk membasmi kutu. Caranya adalah sediakan 6 lembar daun sirsak yang sudah tua, kemudian rebus dengan 2 gelas air dan masak sampai benar-benar mendidih dan air tersisa setengahnya. Selanjutnya basahi ke seluruh rambut dan diamkan selama 1 jam. Tutupi dengan showe cap lalu bilas dengan air bersih dan bila perlu juga dengan menggunakan shampoo.

Sisir Serit

Sudah lama masyarakat memanfaatkan sisir serit untuk membuang kutu dan hal ini terbukti efektif. Struktur sisir serit yang sangat rapat dapat memudahkan Anda untuk menyingkirkan kutu-kutu yang menempel di rambut serta telur-telurnya sekaligus. Usahakan agar Anda meminta bantuan keluarga untuk menghilangkan kutu dengan sisir serit ini.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa Anda temukan dengan mudah dan usahakan untuk mendapatkan minyak kelapa murni. Untuk mengatasi kutu, minyak kelapa Anda panaskan sampai mendidih lalu diamkan sejenak sampai minyak kelapa menjadi hangat. Selanjutnya olesi ke kulit kepala sambil memijat lembut kepala Anda selama 15 menit dan selanjutnya tutup dengan shower cap. Terakhir bilas dengan air bersih dan shampoo.

Itulah 9 cara mudah dan murah nan alami untuk mengatasi kutu-kutu terkhusus di area rambut yang membandel. Cara di atas dianggap jitu dan pastinya aman untuk Anda. Lakukan secara rutin dan dengan sabar adalah kunci utama membasmi kutu-kutu secara permanent. Selamat mencoba.