Tips Basmi Rasa Malas Bekerja

1 0
young-791849_1920

Selain menjadi sumber penghasilan, bekerja seharusnya adalah sesuatu yang juga kita nikmati. Terutama bila kita bekerja sesuai passion. Tetapi, rutinitas bertahun-tahun ada kalanya membuat pekerjaan yang paling menarik pun bisa menjadi sesuatu yang membosankan. Akibatnya, semangat bekerja yang dulu Anda miliki luntur sedikit-demi sedikit. Bila hal ini terjadi, Anda harus segera mengatasinya. Jangan sampai perasaan malas bekerja menjadi berkelanjutan dan membahayakan karir Anda.

Temukan penyebabnya

Ini adalah tahapan yang pertama dan paling penting Anda lakukan. Cari tahu penyebab timbulnya rasa malas. Apakah karena jenuh? Beban pekerjaan yang menumpuk? Atau karena Anda tak lagi memiliki waktu luang akibat terlalu sibuk bekerja? Dengan mengidentifikasi penyebabnya, Anda akan jauh lebih mudah pula menentukan tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk mengatasi hal tersebut.

Buat to-do-list

Bisa dibilang, ini adalah poin yang selau ada di hampir semua tips pekerjaan. Mengapa? Karena memang sangat penting untuk membuat daftar tugas apa saja yang harus Anda kerjakan. Dengan menuliskannya, Anda dapat sedikit-sedikit mengurai isi otak Anda dan bisa fokus mengerjakan tugas sesuai dengan daftar, tanpa perlu terganggu dengan hal-hal lainnya.

Mulai dengan yang paling mudah

Ini adalah cara terampuh dalam mengerjakan sesuatu. Mulai dengan tugas yang paling sederhana dan tak perlu pemikiran rumit. Misalnya saja merapikan file atau menelepon klien. Yang terpenting adalah tidak diam, dan tetap lakukan sesuatu., agar pikiran Anda terus terstimulasi.

Cari suasana baru di luar ruangan

Kebosanan bisa jadi timbul dari lokasi kerja Anda yang itu-itu saja. Bila Anda bekerja dengan menggunakan laptop, coba ganti suasana dengan pindah ke ruangan lain atau bekerja di luar ruangan. Bila memungkinkan, cari tempat yang sejuk dan segar seperti teras atau taman. Selain pemandangannya menyenangkan, udara segar juga bisa membantu Anda menjernihkan pikiran.

Bereskan meja kerja

Tahukah Anda bahwa kebersihan meja kerja dapat mempengaruhi semangat kerja seseorang? Bila Anda sudah mulai malas bekerja, coba cek meja yang Anda gunakan. Jangan-jangan sudah penuh dengan tumpukan laporan dari anak buah yang belum sempat Anda periksa. Atau malah banyak sampah kertas berserakan? Wah tak heran kalau Anda jadi malas bekerja. Coba bereskan meja dan tempat sekitar Anda bekerja. Tambahkan juga wewangan ruangan bila perlu. Pasti Anda akan semangat lagi untuk mengerjakan aktivitas.

Iringi dengan musik yang tepat

Jangan pernah remehkan pengaruh musik bagi peningkatan produktivitas kerja. Coba buat playlist lagu sesuai dengan mood bekerja yang Anda butuhkan. Misalnya playlist musik instrumental untuk bekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Atau musik up-beat saat Anda mengerjakan pekerjaan yang bersifat clerical dan tak butuk pemikiran rumit. Yang penting, jadikan musik sebagai penyemangat kerja. Pssst…jangan lupa gunakan headset agar rekan kerja di kubikel sebelah tak terganggu ya!

Beri reward pada diri sendiri

Memanjakan diri sendiri adalah bentuk penghargaan yang wajib kita lakukan. Bila Anda dengan mudahnya memberi penghargaan terhadap prestasi orang lain, mengapa Anda tidak melakukannya juga untuk diri sendiri? Keuntungannya banyak lho. Selain akan menambah semangat bekerja, self-rewarding juga bisa membantu meningkatkan self-esteem dan rasa bahagia Anda.

Nah, semoga poin-poin tadi dapat membantu mambasmi rasa malas dan mengembalikan semangat kerja Anda yang menurun ya ladies. Tetaplah bahagia megerjakan aktivitas Anda!

 

Tinggalkan Balasan